Membuat Toko Online dengan Zen Cart, ZenCart e-Commerce

Zen Cart merupakan salah satu software / websoft gratis yang dikembangkan oleh perkumpulan para shop owners, programmers, designers dan consultants software website toko online, e-commerce atau Shopping Cart. Boleh dibilang Zen Cart ini merupakan software khusus toko online gratis terbaik selain osCommerce, prestashop dan Magento.

Jika hosting kita mempunyai fantastico De Luxe atau terkoneksi langsung dengan simple script, cara instalasi dari Zen Cart ini sangatlah mudah. Kita tinggal klik-klik sampai selesai.

Tapi bagaimana jika hosting yang kita pakai tidak mempunyai fasilitas auto install zencart ini ?

Di sini akan kami simulasikan cara membuat toko online menggunakan ZenCart dengan cara manual. Contoh yang kami pakai ini menggunakan hosting localhost dengan menggunakan XAMPP.

Cara Install ZenCart :

  • Download Zencart v.1.3.9d installer di sini
  • Buat addon domain atau subdomain dari cpanel hosting. Akan terbuat folder baru yang sesuai dengan addon domain atau subdomain anda tersebut.
  • Upload hasil download ZenCart tersebut ke hosting menggunakan ftp atau file manager. Jika yang anda upload tersebut masih berupa file zip, maka extract dulu file tersebut ke folder hasil pembuatan addon domain atau subdomain.
  • Buat database baru. Contoh kalau memakai XAMPP :
  • Akses domain untuk ZenCart menggunakan browser untuk memulai instalasi. Install ZenCart akan melalui beberapa tahap yaitu : Welcome, License, Prerequisites, Database Setup, System Setup, phpBB Setup, Store Setup, Admin Setup, Finished. Baca saja keterangan-keterangan yant terdapat di tahap-tahap tersebut.
  • Pada tahap ZenCart Setup –  Database Setup, kita diharuskan mengisi Database Host, Database Username, Database Password, Database Name. Contoh pada penerapan di XAMPP :
  • Pada tahap ZenCart Setup – Store Setup, kita diharuskan mengisi Store Name, Store Owner, email, country, zone dll.
  • Ikuti saja tahap demi tahap penginstalan Zen Cart tersebut sampai selesai.

Toko online menggunakan Zen Cart sudah selesai. Selanjutnya remove folder /zc_intall di ZenCart folder untuk keamanan.

Untuk menjadikan website toko online yang sesungguhnya masih ada beberapa setting admin yang perlu dilakukan. Misal pengaturan template bahasa, negara, pembayaran, dan yang paling penting yaitu produk yang nantinya kita jual.

Bersambung ke Setting Awal Toko Online Zen Cart e-Commerce

Comments(11)
  1. esti
  2. phshop.biz
  3. abu farannisa
  4. MasEko
  5. mahkota dewa
  6. Mengenal Tentang Busana Batik
  7. travel
  8. toko crocs
  9. Toko Online Murah
  10. Crocs Murah
  11. JakDev

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 + = 9