Aplikasi Berbahaya di Twitter & URL Shortening

Twitter merupakan situs microblogging yang memiliki keterbatasan dalam melakukan sharing website dengan URL panjang. Hal tersebut karena sharing status di website ini diijinkan hanya sebanyak 140 karakter. Satu-satunya cara untuk memperpendek link adalah dengan menggunakan utilities pemendek URL (URL-shortening).

Salah satu contoh utilities pemendek URL (URL-shortening) adalah bit.ly. Dengan tools tersebut pengguna dapat memasukkan sebuah link dalam batas 140-karakter, yang akan mengarahkan siapapun yang mengklik URL tersebut ke URL yang lebih panjang dan website yang dituju.

Disinilah ada suatu kelemahan keamanan. Seseorang kerap tidak mengetahui ke mana sebuah link mengarah sampai dia mengklik link tersebut. Mengklik link dengan cara seperti ini benar-benar merupakan sebuah kenekatan dalam hal keamanan.

Para pembuat malware telah memanfaatkan kelemahan ini. Para peneliti di Symantec Security ResponseĀ  telah mengamati bahwa para penjahat dunia maya menggunakan URL yang diperpendek ini untuk mendistribusikan aplikasi-aplikasi menyesatkan. Dengan menggunakan tweet yang menggoda dan term pencarian Twitter yang umum digunakan, mereka bertujuan mendorong pengguna lain untuk mengklik link-link yang diperpendek sehingga mereka menjadi korban dari sebuah program jahat.

Baik Twitter maupun layanan pemendekan URL tidak dapat disalahkan untuk masalah ini. Hal ini hanyalah satu kasus lain di mana penyerang jahat menggunakan sebuah teknologi netral sebagai alat untuk tujuan penipuan. Karena kedua layanan tersebut merupakan teknologi nyaman yang berkembang pesat, bagaimana Anda melindungi diri Anda sendiri?

Berita baiknya adalah Firefox maupun Internet Explorer menawarkan browser plug-in yang dapat mengecek URL yang diperpendek tersebut dan menunjukkan URL terakhir sebelum pengguna mengklik URL tersebut. Meskipun tidak bisa mengkonfirmasi apakah link tersebut jahat, paling tidak dengan browser plug-in ini pengguna akan lebih hati-hati sebelum mengklik.

Meskipun aplikasi-aplikasi menyesatkan yang saat ini ditawarkan dengan cara seperti itu sangat serupa, kita akan melihat lebih banyak variasinya di masa yang akan datang.

Saran :

  • Hati-hati apa yang Anda klik. Hindari mengklik URL yang diposting oleh pengguna Twitter yang tidak dikenal
  • Gunakan kebiasaan online yang aman. Jangan menerima atau membuka error dialog dari dalam Web browser dan jaga agar tambalan software dan keamanan tetap up to date.
  • Beli software dari sumber terpercaya. Waspadalah dengan iklan yang mempromosikan tools keamanan atau kinerja sistem yang mirip sekali dengan alerts Microsoft Windows standar.
  • Terapkan perlindungan. Lengkapi diri Anda dengan software keamanan yang kuat dan terupdate untuk menangkap dan pencegah download malware.

Source info : Symantec

Shorten URL 0.3.0.1 – Firefox Add-ons

Shorten long URL from Firefox context menu or toolbar button with your selected URL shortener and display the result in location bar. Supports more than 100 URL shorteners.

Compatibility

  • Mozilla Firefox 3.0 – 3.5.*
  • Flock 2.0 – 2.*

Install

Features

  • Shorten URL of web page, link, frame/iframe, tab, image, mp3
  • Drag and drop support on toolbarbutton
  • Automatically copy to clipboard
  • Post to Twitter or Laconi.ca
  • Supports more than 100 URL shorteners. You can request for more service.

Screnshots


Comments(6)
  1. agung
  2. LouCypher
  3. ariefew
  4. abbie
  5. ariefew
  6. Hot Trend

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.