Amankah Toko Online di Indonesia ?

Amankah bertransaksi online di Indonesia ?
Amankah bertransaksi di Toko Online Indonesia ?
Amankah Toko Online di Indonesia ?

Pertanyaan-pertanyaan itu selalu menjadi pemikiran kita jika kita ingin melakukan transaksi via Internet. Itu merupakan pertanyaan yang wajar-wajar saja. Apalagi kita di Indonesia ini belum begitu terbiasa dengan transaksi internet secara penuh.

Transaksi Internet ke / dari Indonesia di luar negeri, belum sepenuhnya dipercayai oleh mereka. Banyak toko online luar negeri yang tidak mau melakukan transaksi dengan kita di Indonesia. Kita lihat aja di Amazon…. kategori barang apa saja yang mau kirim ke Indonesia ? sedikit kan…..

Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa transaksi online di Indonesia dinilai oleh orang-orang luar negeri tidak aman. Mereka belum sepenuhnya percaya dengan Indonesia.

Tapi bukan masalah transaksi di toko online luar negeri oleh warga Indonesia yang kubahas kali ini, tapi Toko Online Indonesia oleh warga Indonesia.

Toko Online Indonesia

Saat ini banyak bermunculan toko-toko online di Indonesia. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, obat-obatan, kosmetik, perhiasan, pakaian sampai buku, komputer, elektronika dan program.

Seperti halnya dengan perdagangan nyata, pangsa pasar toko online ini masih di kuasai oleh kaum wanita tertama ibu-ibu muda. Kita lihat saja toko busana online, toko busana muslim online, toko ibu dan anak online, toko perhiasan online, toko parfum online, toko mainan online, butik online, belanja online dan lain-lain.

Selain itu, toko-toko online seperti toko elektronika online, toko komputer online, toko pc online, rakitan pc online, toko laptop online, toko netbook online, toko buku online, juga banyak bertebaran di Indonesia.

Dari sekian banyak toko online yang kusebutkan di atas, toko online tersebut menjual barang-barang nyata. Konsumen melakukan pemesanan lewat website toko online, pembayaran, selanjutnya barang terkirim lewat jasa pengiriman barang.

Jika kita perhatikan, ada beberapa proses yang terjadi jika kita melakukan pembelian barang di toko online tersebut, yaitu :

  • Website toko online, tempat melihat data barang dan pemesanan barang
  • System pembayaran toko online
  • Jasa pengiriman barang

Sekarang mari kita uraikan ketiga proses yang terjadi di toko online tersebut dari sudut pandang keamanannya.

Website Toko Online

Website di toko online merupakan syarat utama dari adanya toko online ini. Website, tempat memajang barang yang diperdagangkan. Website, merupakan estalase barang maya. Di website tersebut pemilik toko online dapat memajang semua barang untuk di jual tanpa harus memiliki lebih dulu barang tersebut. Website juga memuat informasi-informasi lain yang berhubungan dengan pemilik toko online, alamat toko online, keadaan dan data barang yang di jual, cara pemesanan, cara pembayaran sampai system pengiriman.

Kepercayaan pembeli / calon pembeli sangat diperlukan dalam website toko online ini. Calon pembeli pasti akan mencari website toko online yang jelas keberadaannya.

Di sisi lain, pemilik atau penjual toko online juga harus menjaga keamanan data pembeli. Pemilihan e-shopping script yang handal sangat diperlukan. Domain dan hosting juga harus diperhatikan. Domain harus jelas informasi pemiliknya dan hosting harus jelas up-time nya. Pemberian review dan testimoni di website toko online juga akan membantu calon pembeli untuk lebih percaya. Contact form dan chatting box juga akan membantu calon pembeli untuk bertanya jika menemui kesulitan.

Web & Mail Phising & Fake Login

Selalu waspada jika kita menjadi calon pembeli toko online, merupaka solusi terbaik yang mesti diterapkan pada transaksi internet. Teliti dulu email-email yang berisi pemberitahuan untuk verifikasi ulang dan login ke situs lain.  Email tersebut biasanya mengatas namakan website toko online terkenal tapi link-nya mengarah ke website lain.

Demikian juga halnya dengan web phising atau fake login. Web tersebut mempunyai tampilan yang sama, bahkan nama domain yang sama, tapi website tersebut merupakan website palsu yang berfungsi hanya mengambil  data pribadi, seperti username atau password. Keterangan dan teknik web phising dan fake login dapat anda baca di SINI.

System pembayaran toko online

Kalau kita bicara system pembayaran yang diterapkan di toko online Indonesia termasuk mudah. Banyak toko online Indonesia yang tidak menggunakan e-commerce langsung seperti penggunaan paypal dan kartu kredit. Toko Online Indonesia lebih suka menggunakan transfer bank sebagai sarana pembayaran. BCA, Bank Mandiri, BNI, menjadi bank yang sering dipergunakan untuk transfer pembayaran. Jadi di sini tidak diperlukan system security yang ketat pada pembayaran, karena tidak adanya transaksi pembayaran yang online seperti kartu kredit atau paypal.

Calon pembeli toko online Indonesia juga merasa lebih aman jika menggunakan transfer bank dibanding transfer online seperti kartu kredit dan paypal.

Jasa pengiriman barang

Banyak jasa pengiriman barang yang ada di Indonesia. Rata-rata jasa pengiriman barang tersebut mempunyai keunggulan masing-masing. Semakin banyak jasa pengiriman yang ditawarkan oleh sebuah toko online akan lebih baik bagi pembeli untuk memilih sendiri jasa pengiriman yang nantinya dipakai.

Tapi pemilik toko online kembali menemui suatu masalah lagi pada data dan biaya pengiriman. Banyak jasa pengiriman yang mencantumkan biaya pengiriman ke berbagai daerah Indonesia. Hal itu menyebabkan toko online di Indonesia masih banyak yang tidak bisa langsung mengeluarkan biaya pembelian barang beserta ongkos kirimnya. Kembali lagi cara manual melalu sms atau chatting untuk konfirmasi biaya total suatu pembelian di toko online.

Dari ulasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa transaksi di toko online Indonesia adalah aman, asalkan calon pembeli harus waspada dan teliti sebelum melakukan transaksi.

Baca juga :

Keamanan Transaksi Toko Online di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *