Kloxo-MR Control Panel Webserver Hosting Apache Nginx Gratis

Kloxo-MR Control Panel Webserver Hosting Apache Nginx Gratis

Kloxo-MR adalah versi fork dari Kloxo (LxCenter). Yaitu hasil modifikasi kloxo official dari Bapak Mustofa Ramadhan, developer Indonesia yang dibantu oleh developer lain dari manca negara.

 

Seperti halnya Kloxo official, Kloxo-MR ini merupakan control panel webserver hosting full open source terlengkap yang mirip dengan control panel berbayar (cpanel,  Plesk Panel, DirectAdmin). Satu kali proses install Kloxo-MR sudah komplit mencakup semua paket software dasar yang dibutuhkan untuk hosting.

Kloxo-MR Control Panel Webserver Hosting Apache Nginx Gratis

Kloxo Official dari dulu terkenal sebagai webserver hosting Open Source alias gratis dari LxCenter yang mempunya fitur lengkap dan mudah dalam pengoperasiannya, baik secara Management Reseller ataupun Management Client.

Dalam sekali install, software dasar yang dibutuhkan untuk sebuah hosting seperti apache dan lighttpd, bind dan djbdns, bogofilter dan spamassassin sudah tersedia dan tinggal mengaktifkan atau memilih mana yang kita pakai saja. Selain itu Kloxo juga menyediakan webserver config seperti php branch dan php type yang mudah pemilihan dan konfigurasinya.

Beda Kloxo Official dan Kloxo-MR

Dengan munculnya Kloxo-MR ini, banyak inovasi fitur yang dilakukan pada Kloxo Official. Bahkan jika dibandingkan dengan semua control panel hosting lain, Kloxo-MR lebih lengkap dan lebih mudah konfigurasinya.

Kloxo-MR di fitur webserver tersedia pilihan apache, nginx, lighttpd, nginx-proxy dan lighttpd-proxy. Di fitur php branch tersedia pilihan php53, php53u hingga php54. Sedangkan di php type terdapat pilihan mod_php, suphp, php-fpm, fcgid dan berbagai turunannya, serta terdapat opsi dual-php. Dengan adanya berbagai fitur tersebut memungkinkan user Kloxo-MR bisa melakukan konfigurasi yang jauh labih efisien dan lebih canggih.

Kloxo-MR sudah bisa berjalan pada semua seri CENTOS yaitu Centos 5 32bit / 64bit dan Centos 6 32bit / 64bit. Sedangkan mengenai kebutuhan memory, untuk Kloxo sendiri hanya sekitar 15mb RAM.

Beda Kloxo-MR dan Control Panel berbayar

Perbedaan utama antara Kloxo-MR dibanding dengan Control Panel webserver hosting berbayar, tertunya harga. Kloxo-MR ini tersedia secara gratis alias tidak berbayar.

Dan perbedaan secara umum dari kloxo-MR dibandingkan dengan control panel hosting berbayar adalah pendekatan package general banyak sumber/repo yang digunakannya. Ini dimaksudkan agar proses instalasi terkait semua software dapat terinstall secara komplit layaknya enterprise platform. Dengan pendekatan ini user Kloxo-MR lebih memungkinkan untuk mengganti atau menambah software baru.

Package general pada Kloxo-MR adalah mengambil php rpms dari centos.repo dan kloxo-mr.repo yang merupakan gabungan link ke centalt.repo, repo khusus Kloxo-MR yang disimpan di github, ius.repo dan epel. Dan tentu saja ini masih dimungkinkan bila user hendak menambah repo lain.

Berbeda dengan panel hosting berbayar macam Cpanel dan DirectAdmin yang menyediakan sendiri packages secara khusus. Dan tentu panel hosting berbayar tersebut menjadi tidak fleksibel dan penambahan package dari repo lain bisa berakibat fatal, bisa macet total. Intinya panel hosting berbayar itu kurang memberi ruang untuk ‘berkreasi’.

Untuk pengembangan ke depan Kloxo-MR akan makin ditingkatkan kompatibilitas-nya dalam hal penggantian atau penambahan software baru.

Baca juga artikel :

Demikian sedikit pengenalan Kloxo-MR yang merupakan Control Panel Webserver Hosting Apache Nginx Gratis

 

Comments (1)
  1. eko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *