Virus Obad, Trojan Bandel Baru yang Bisa Lumpuhkan Android

Virus Obad, Trojan Bandel Baru yang Bisa Lumpuhkan Android

Virus-virus mobile dari hari ke hari sangat mengkhawatirkan perkembangannya. Semakin hari semakin banyak bermunculan virus mobile. Bahkan, Android juga tak lepas dari beredarnya virus-virus ini.

Baru-baru ini Kaspersky, sebuah perusahaan pembuat antivirus asal Rusia, memberi peringatan bahwa mereka berhasil deteksi keberadaan satu trojan baru yang diciptakan khusus untuk perangkat berbasis Android. Menurut penelitian, virus baru untuk Android kali ini sangat susah untuk dibasmi.

Virus Obad, Trojan Bandel Baru yang Bisa Lumpuhkan Android

Trojan jahat yang bernama BackDoor.AndroidOS.Obad.a ini sangat lihai untuk bersembunyi. Obad memanfaatkan berbagai lubang yang ada di Android dan membuat anti virus manapun kesusahan untuk melacaknya. Maka dari itu, sekali saja trojan ini menyerang, bisa dipastikan bahwa perangkat yang terinfeksi tak akan bisa disembuhkan.

BackDoor.AndroidOS.Obad.a ini mempunyai perilaku seperti halnya malware atau virus mobile pada umumnya seperti mengirimkan SMS ke nomor premium, mengunduh aplikasi secara otomatis serta menginstal malware lain ke perangkat yang telah terinfeksi.

Walaupun memiliki kesamaan cara operasi dengan kebanyakan virus mobile lain, namun menurut Kaspersky, BackDoor.AndroidOS.Obad.a sangat sulit untuk dihapus bahkan oleh antivirus untuk mobile yang telah terupdate sekalipun. Akan tetapi bukan berarti tidak dapat dihapus, hanya prosesnya saja yang sulit dan memakan waktu lama.

Sesaat setelah BackDoor.AndroidOS.Obad.a menginfeksi suatu perangkat Android, maka trojan satu ini akan langsung menyelinap masuk ke direktori dan celah-celah rumit di dalam Android.

Ketika sebuah antivirus mencoba ‘mengejarnya,’ trojan ini akan dengan cepat melarikan diri dengan berpindah dari tempat satu ke tempat lain. Dan lagi, menurut Romah Unucheck dari Kaspersky menjelaskan bahwa trojan satu ini memiliki kemampuan untuk mengeksekusi administrator dan mengendalikannya secara penuh.

Setelah berhasil kuasai administrator Android, maka segala hal dapat dikendalikan sesuka hati. Pihak Kaspersky sudah mengirimkan data laporan mengenai BackDoor.AndroidOS.Obad.a kepada Google selaku pengembang dan pemilik Android agar dapat memperbaiki celah yang memungkinkan untuk dapat digunakan sebagai jalan terobosan trojan ini.

Sayangnya, pihak Google sampai sekarang belum memberikan tanggapan atau juga melakukan satu tindakan penyelamatan.

Trojan Bandel Baru yang Bisa Lumpuhkan Android, Virus Obad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *