Trik Ampuh Menghapus Virus Shortcut

Trik Ampuh Menghapus Virus Shortcut

Shortcut-shortcut yang sering muncul kembali walaupun sudah dihapus sangat berbahaya dan dapat merusak sistem kerja komputer bila terus menerus dibiarkan. Dengan menghapus virus shortcut dapat menghindari bahaya dari instal ulang PC yang dapat menghapus semua data yang anda miliki. Selain itu, dapat meningkatkan kinerja komputer anda. Kali ini saya akan membahas mengenai cara menghapus virus shortcut yang terdapat pada komputer anda. Dalam melakukan penghapusan virus shortcut, kita harus mengetahui dulu, bagaimana virus shortcut ini bisa menginfeksi komputer kita. Berikut ini pengetahuan yang perlu anda ketahui sebelum menghapus virus shortcut:

Trik Ampuh Menghapus Virus Shortcut

Pertama yang dilakukan virus ini ketika menginfeksi yaitu membuat base pada My Document. File basenya akan bernama database.mdb.

Virus tersebut lalu akan membuat file autorun.inf pada setiap partisi juga termasuk flashdisk yang tertancap.
Kemudian virus tersebut akan membuat file thumb.db

Setelah itu virus tersebut akan membuat file Microsoft.ink, bila di eksekusi akan langsung mengaktifkan virus.

Bila komputer anda sudah terkena virus ini, maka pada task manager akan ada proses wscript.exe sedang berjalan. Seharusnya, proses tersebut tak ada dalam keadaan komputer normal. Memang sangat mudah mengidentifikasinya. Setelah mengetahui virus tersebut menginfeksi komputer kita, sekarang saatnya mengetahui cara untuk menghapus virus shortcut:

Pertama-tama yaitu dengan mematikan System Restore pada komputer anda.

Lalu matikan proses dari virus tersebut yaitu wscript.exe menggunakan Process Explorer
Kemudian hapus file database.mdb pada My Document.
Berikutnya hapus semua file yang sudah diduplikat virus.

Langkah terakhir yaitu dengan menghapus semua file autorun.inf yang sudah dipasang virus tersebut pada setiap partisi. Anda dapat menggunakan software HijackThis.

Cara diatas juga bisa digunakan untuk menghapus virus shortcut pada flashdisk sebab pada dasarnya flashdisk terkena virus karena akibat terkoneksi dengan komputer yang bervirus. Cara menghapus virus shortcut untuk flashdisk tidak berbeda dengan langkah yang digunakan untukmenghilangkan virus shortcut di komputer. Oleh sebab itu, selain mempelajari tentang cara menghapus virus shortcut, anda juga dapat memproteksi komputer dengan memakai program antivirus yang terpercaya. Dengan begitu, komputer anda akan tahan dalam menghadapi serangan virus dan worm.

Comments(12)
  1. eddypras
  2. Fjr
  3. Gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *