Facebook Menjadi Sasaran Penyebaran Virus

Kalau kita bicara virus, pasti hal tersebut tidak ada habisnya. Setiap aplikasi, software, sistem operasi yang terkenal pasti akan ada virusnya. Penyebaran virus dengan cepat merupakan tujuan utama dalam pemanfaatan aplikasi, software, sistem operasi yang terkenal tersebut. Misal virus computer, akan banyak menyerang sistem operasi yang menggunakan windows. Virus handphone, akan banyak menyerang handphone dengan sistem operasi symbian. Dan kini, Facebook menjadi incaran virus-virus tersebut.

Facebook yang merupakan jejaring sosial yang paling terkenal, ini tidak luput dengan aplikasi jahat yang bernama virus. Banyak bermunculan virus facebook yang mempunyai tujuan berbeda-beda, mulai dari yang sekedar iseng tapi ada juga yang merusak.

Kita ambil contoh virus Bebloh, Bredolab, Pendex, Obfuscated, Oficla, yang memberikan pesan peringatan untuk mereset password untuk alasan keamanan

Because of the measures taken to provide safety to our clients, your password has been changed.
You can find your new password in attached document.

Thanks,

The Facebook Team

Virus tersebut selain memberikan pesan, juga memberikan sebuah attachment yang mengandung virus (scareware).

Scareware / antivirus palsu ini menyamarkan dirinya menjadi antispyware dengan nama Security Tools atau XP AntiMalware 2010 yang akan terinstall secara otomatis kedalam system computer yang telah terinfeksi. Antispyware palsu ini akan menampilkan peringatan palsu juga seolah-olah system kita sudah terinfeksi virus dengan menampilkan nama-nama virus / trojan yang berhasil dideteksi, tetapi file/virus tersebut sebenarnya tidak ada.

Kalau kita lihat, virus-virus diatas (Bebloh, Bredolab, Pendex, Obfuscated, Oficla) sesungguhnya bukan virus facebook, tetapi virus yang penyebaranya mendompleng facebook. Tapi bukan berarti di facebook bukannya tidak ada virus.

Kita ambil contoh virus Candid Camera Prank ! [HQ] yang merupakan sebuah Application (Apps) Facebook.

this is without doubt the sexiest video ever :p :p :p”

Candid Camera Prank ! [HQ]

Candid Camera - Facebook scam

Aplikasi ini (virus FB) perlu diwaspadai karena kemampuannya mengeksploitasi sistem pengamanan Apps Facebook, dimana tidak seperti Apps Facebook lainnya yang “hanya” terinstal jika pemilik account FB memberikan persetujuan [Allow], sebaliknya aplikasi ini akan memaksakan dirinya terinstal pada account FB kita sekalipun kita tidak pernah memberikan persetujuan instal aplikasi dan cukup dengan melakukan klik pada link yang diberikan, maka account FB anda sudah diambil alih oleh aplikasi ini dan ia akan mulai melakukan posting link ke kontak-kontak FB kita yang lain.

Aplikasi ini menggunakan nama aplikasi Winamp sehingga kita tidak akan mencurigai Winamp on facebook tersebut adalah aplikasi jahat.

Sebagai akhir dari semua ini adalah kita harus ingat pepatah “ada gula ada semut” dan “tak ada gading yang tak retak”…..

Update antivirus yang kita miliki secara rutin adalah salah satu proteksi yang terbaik yang dapat kita lakukan.

sumber : beberapa artikel di vaksin.com

Comments(6)
  1. sweetspearls
  2. ariefew
  3. GM ccd
  4. aink
  5. seppty
  6. hasim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


1 + 5 =