Gajah Mada MNCTV Menyimpang dari Sejarah

Gajah Mada MNCTV Menyimpang dari Sejarah

Sebenarnya kita semua bangga dan senang dengan semakin banyaknya sinetron yang berlatar belakang sejarah yang tampil di televisi saat ini. Tapi jika sinetron tersebut sudah menyimpang dari sejarah, kita sebagai orang tua merasa sedih juga. Anak-anak kita, penerus bangsa sudah di jejali kisah sejarah yang tidak benar oleh mereka yang tidak bertanggung jawab dan hanya mementingkan keuntungan materi saja.

Gajah Mada MNCTV Menyimpang dari Sejarah

Salah satu sinetron yang membuatku sedih adalah drama seri Gajah Mada yang ditayangkan oleh MNCTV tiap hari jam 19:00. Sinetron yang diproduksi oleh MD Entertainment ini mempunyai jadwal tayang yang mana merupakan saat anak kecil banyak yang melihat televisi. Apalagi tokoh yang dimunculkan dalan sinetron Gajah Mada MNCTV ini adalah sosok anak kecil yang “super hero” yaitu si Gajah Mada muda, pastilah banyak anak kecil yang melihatnya.

Di Sinetron Gajah Mada MNCTV dikisahkan kalau Gajah Mada adalah anak dari Jawangkati yang merupakan seorang pendekar sakti pimpinan Prajurit majapahit gugur di medan perang saat melawan pasukan Kerajaan Tar-tar dari negeri China. Karena peristiwa itu, Lailan Mangrani ibunda Gajah Mada tidak menghendaki anaknya menjadi ksatria dan melarang Gajah Mada belajar kanuragan. Lailan tidak ingin kehilangan lagi orang yang dicintainya. Namun, Gajah Mada diam-diam berguru kanuragan kepada Eyang Wungkuk Hanuraga, hingga Gajah Mada mahir ilmu kanuragan dan beladiri.

Sedangkan dalam sejarah nyata dan asal usul Gajah Mada sendiri, sampai saat ini masih menjadi misteri. Banyak perkiraan-perkiraan yang muncul dengan asal usul Gajah Mada. Ada yang menyatakan kalau Gajah Mada itu berasal dari Lamongan yang mana ini berdasar dari cerita rakyat atau folklore penduduk setempat. Dan ada pula yang menyatakan kalau Gajah Mada ini berasal dari Pandaan yang mana ini berasal dari berbagai naskah kuno yang sering menyebut kata Pandakan.

Kalau kita membandingkan antara sinetron Gajah Mada MNCTV dan kisah sejarah dan asal usul Gajah Mada sesungguhnya, jelas terlihat keganjilan-keganjilan. Di MNCTV sosok Gajah Mada muda digambarkan sebagai anak yang super hero, sakti mandraguna dan kebal senjata. Ini bertentangan dengan asal usul Gajah Mada yang saat ini masih misteri.

Nama Gajah Mada mulai terkenal saat pemerintahan Prabu Jayanegara yang mana saat itu terjadi pemberontakan Ra Kuti. Gajah Mada yang saat itu menjadi pimpinan (begel) pasukan Bhayangkara (pengawal raja) menyelamatan Jayanegara ke desa Badender yang diperkirakan saat ini adalah Badender kabuh, Jombang. Dan mulai saat itulah nama Gajah Mada terkenal sampai terjadinya Sumpah Palapa disaat Gajah Mada menjabat Maha Patih.

Para Seniman Gugat Sinetron Gajah Mada MNCTV

Memang tidak heran rasanya kalau para seniman di seperti Renny Masmada, yang merupakan seniman besar yang selama 30 tahun telah melakukan riset sosok Gajah Mada, melakukan gugatan ke sinetron Gajah Mada MNCTV.

Rennny Masmada juga melontarkan kekecewaannya dengan tayangan sinetron Gajah Mada melalui website pribadinya yaitu rennymasmada.com. “Sinetron ini sama sekali tak mencerminkan keseriusan penggarapan, bahkan terkesan (dan terbukti) sangat dibuat asal-asalan, dan tidak punya tanggungjawab kesejarahan.

Di awal scene memang tertulis ini hanya fiksi (walau cuma beberapa detik), tetapi betapa naifnya ketika isi cerita melibatkan langsung tokoh-tokoh sejarah. Ini preseden buruk bagi rakyat Indonesia. Ini pembodohan sejarah. Tidak menghargai sejarah dan budaya bangsa sebagai kekayaan yang harus dijaga dan dilestarikan.

Seharusnya, penggarapan sinetron ini dilakukan terlebih dahulu melalui riset dan penelitian pada nara sumber yang dapat dipertanggungjawabkan, seperti ilmuwan, para tokoh sejarah, budayawan, Polri/TNI, para tokoh masyarakat, dan nara sumber lainnya.

Gajah Mada adalah tokoh sejarah yang sangat penting bagi perjalanan sejarah bangsa ini.  Banyak produk-produk dan kebijakan politik, kebudayaan, keagamaan, militer, ekonomi, dan lainnya terus up to date dipergunakan sampai hari ini, kesalahan melakukan analisis/hipotesa pasti akan menciptakan penyimpangan yang sangat merugikan bangsa dan Negara di dalam maupun luar negeri.

Produser, penulis skenario, sutradara dan staf artistic/property tampak seperti orang yang bodoh sejarah, garapannya sangat memalukan! MNC sebagai salah satu televisi nasional seperti tidak memiliki staf yang faham sejarah bangsa, sehingga dengan  gampang meluluskan penayangan sinetron  ini. Lebih heran lagi pada Lembaga Sensor yang meluluskan penayangan sinetron ini, apakah Lembaga Sensor tak mampu memaknai kekayaan sejarah bangsa? Atau, apakah mereka semua bukan orang Indonesia, yang seharusnya sangat bangga pada kekayaan budaya sendiri? Atau.., apa memang uang telah membuat semua orang jadi buta?

Untuk itu, saya dengan sungguh-sungguh menghimbau kepada seluruh rakyat Indonesia dan berbagai pihak yang berkepentingan, untuk meminta dan memohon MNC menghentikan penayangan sinetron tersebut di atas, agar cerita ini tidak terlanjur mempengaruhi image masyarakat secara luas”.

Seniman lainnya yaitu Ray Sahetapy dan Pong Harjatmo pun sama-sama geram dengan tayangan tersebut dan mendukung keresahan Renny Masmada. “Manusia yang tidak bisa menghargai bangsa dan negaranya adalah sebuah kejahatan, yang ngurusin negara saat ini tidak perduli dengan rakyat yang sedang menderita. Semua pemimpin di negeri ini mikirin perutnya sendiri saja,” kata Pong Harjatmo.

Walaupun merasa geram dengan kenyataan sinetron Gajah Mada MNCTV ini Renny Masmada tidak ingin menggugat secara hukum pihak MD Entertainment sebagai rumah produksi atau siapapun yang terlibat dengan sinteron Gajah Mada ini. Renny Masmada merasa Gajah Mada bukan miliknya sendiri tetapi milik bangsa Indonesia.

Saya pribadi setuju dengan apa yang dikatakan oleh para seniman ini. Mereka bersusah payah ingin memberikan generasi muda sejarah yang benar. Sejarah gajah mada yang merupakan tokoh besar bangsa Indonesia. Sejarah yang juga menjadi nama kesatuan kepolisian yaitu Bhayangkara.

Penyimpang Sejarah di Gajah Mada MNCTV

Comments(11)
  1. mubarika
  2. ariefew
  3. Renny Masmada
  4. Galih Setiawan
  5. musiyono
  6. rakyat biasa
  7. resa
  8. bambang irawan
  9. suci r. mar ih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 − 6 =