Cara Mengatasi Memori Internal yang Penuh Dengan Link2DS

Cara Mengatasi Memori Internal yang Penuh Dengan Link2DS
Link2SD adalah sebuah aplikasi untuk smartphone Android yang memiliki kapasitas memori internal yang kecil. Aplikasi pada sistem operasi Android sangat banyak sekali jumlahnya, selain itu ukuran file dari aplikasi tersebut juga akan membuat memori internal pada pernagkat akan mudah sekali penuh karena hampir semua data dari setiap aplikasi disimpan pada memori internal.

Dan pada artikel kali ini kita akan mengulas Cara Mengatasi Memori Internal yang Penuh Dengan Link2DS

Cara Mengatasi Memori Internal yang Penuh Dengan Link2DS

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk memindahkan data aplikasi ke eksternal memori. Yang membedakan aplikasi ini dnegan aplikasi lainnya adalah pada Link2DS ini anda membutuhkan sebuah partisi khusus pada SD card untuk dijadikan sebuah tempat menyimpan data aplikasi yang seharusnya disimpan pada memori internal.

Seolah-olah aplikasi ini bisa menambah internal memori pada Android dan menjadikan memori internal lebih luas. Berikut adalah cara mengatasi memori internal yang penuh dengan Link2DS :

Ada harus menyediakan pernagkat Android yang sudah di root, Micro SD yang telah di partisi.
Kemudian unduh dan intall Link2SD dan berikut langkah-langkah untuk memindahkan data aplikasi ke SD Card denganaplikasi ini :

Jalankan aplikasi Link2SD, jika anda menemukan permintaan akses root atau superuser pilih Allow. Ketika pertama menggunakannya akan muncul pilihan file system pada partisi kedua dari microsdyang anda gunakan (ext2,ext3,ext4,FAT16/32).

Setelah itu, anda akan diminta untuk merestart perangkat anda. Setelah anda melakukan restart jalankan kembali aplikasi ini. Jika ada error mount script pada langkah ini and abisa mengulangi proses partisi dengan menggunakan file sistem yang berebeda.

Saat langkah kedua berjalan dengan lancar, anda bisa langsung memilih aplikasi mana saja yang akan anda pindahlan ke SD card. Sentuh softkey ataupun tombol pilihan kemudian pilih multi select. Anda bisa memilih semua aplikasi dengan menyentuh select all dan centang beberapa aplikasi yang ingin anda pindah. Dan and aharus tahu bahwa sistem ini tidak dapat dipindahkan.

Setelah selesai memilih apps yang akan anda pindahkan, kemudian sentuh softkey dan pilih create link.


Anda harus mencentang ketiga menu yang sudah muncul,kemudian pilih OK.

Tunggu sampai proses selesai dan anda akan melihat perbedaannya. Memori internal akan lebih lega karena data aplikasi yang sudah anda centang telah dipindahkan ke SD card partisi kedua. Anda bisa cek penggunaan memori dengan cara sentuh softkey dan pilih storage info.

Aplikasi yang telah dipindah ke Link2SD sudha tidak perlu dipindahkan kembali ke SD card dengan metode manual. Karena aplikasi tersebut sudah dipindahkan ke SD card 2nd Part seperti gambar di atas.

Aplikasi ini juga bisa anda gunakan untuk menghapus aplikasi sistem agar memori internal menjadi lebih lega.
Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Memori Internal yang Penuh Dengan Link2DS . Semoga bermanfaat

Comments (1)
  1. Nyoman Sihnarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *