7 Cara Mudah Mengobati Kecanduan Jejaring Sosial

7 Cara Mudah Mengobati Kecanduan Jejaring Sosial

Di era digital seperti saat ini layanan jejaring sosial sudah menjamur. Para pengguna-nya pun bukan hanya para monopoli biasa, namun juga digunakan oleh organisasi dan bisnis.

Sosial media memberikan banyak pengaruh pada perilaku manusia, baik positif maupun negatif. Salah satu contoh efek negatif bagi penggunanya adalah munculnya rasa kecanduan dengan jejaring sosial terutama pada facebook dan twitter.

Sosial media membawa banyak pengaruh pada perilaku manusia, baik ataupun buruk. Salah satu efek buruknya adalah pengguna mulai kecanduan dengan jejaring sosial terutama twitter dan facebook.

Dampak negatif tersebut bisa kita lihat dari terjadi penurunan produktifitas dan kualitas pekerjaan yang terlihat karena adanya efek dari kecanduan jejaring sosial atau yang kita sering jumpai orang-orang yang berkumpul pada satu meja namun mereka sibuk dengan gadget mereka masing-masing. Oleh karena itu kami tertarik untuk memberikan beberapa 7 Cara Mudah Mengobati Kecanduan Jejaring Sosial  :

7 Cara Mudah Mengobati Kecanduan Jejaring Sosial

1.Atur waktu online Anda

Berikan waktu untuk mengakses twitter atau facebook, yaitu dengan cara menggunakan alarm atau stopwatch untuk mengontrol penggunaan internet.

2.Melakukan Sosialisasi offline

Keluar, dan jangan hanya memiliki banyak follower di twitter tapi tidak memiliki pergaulan di dunia nyata. Usahakan agar Anda bisa mengikuti acara-acara komunitas atau desa supaya Anda bisa berbaur dan mulai pergaulan.

3.Gunakan Teknologi yang Primitif

Jika mendapatkan pesan di inbox facebook, balas dnegan menelponnya, memang terkesan aneh, lucu, dan primitif, namun dengan menelepon kita busa benar-benar berineraksi dengan manusia.

4.Pahami Proritas Anda

Akseslah dan bermain-mainlah dengan jejaring sosial saat waktu kosong atau saat istirahat. Jangan sia-siakan waktu Anda hanya untuk mengganti gambar profil atau membalas BBM yang mungkin tidak begitu penting. Jika Anda sedang berada dalam Kantor, prioritaskan pekerjaan Anda.

5.Membatasi Penggunaan Jejaring Sosial

Mungkin Anda salah satu orang yang memiliki semua layanan jejaring sosial seperti Twitter, Facebbok, My Space atu yang lainnya, sebaiknya Anda mulai membatasi menggunakan beberap layanan tersebut, jangan aktif pada banyak layanan yang memiliki funsi yang sama pilih salah satu dari layanan tersebut.

6.Uninstall aplikasi di handphone Anda

Hapus aplikasi Facebook atau twitter di handphone Anda, karena sebenarnya andak tidak terlalu membutuhkan keduanya. Kecuali jika Anda memang bekerja dengan salah satu satu atau keduanya.

7. Menghabiskan Waktu dengan Keluarga,Sahabat maupun Orang Terdekat Anda

Akan lebih baik jika Anda menghabiskan waktu luang Anda dengan orang-orang tercinta, seperti keluarga atau sahabat daripada Anda harus mencari kenalan di twitter atau update status di facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.