4 Trik Mencegah Pencurian ID dan Password

4 Trik Mencegah Pencurian ID dan Password

Pada tahun 2014 ini dan tahun-tahun sebelumnya yang menjadi masalah dan salah satu ancaman serius yaitu ulah usil hacker dan cybercriminal yang melakukan pembobolan pada ID dan password  seseorang untuk mencuri dan mendapatkan dokumen atau data pentingnya.

Untuk membuat kata kunci atau password dalam sebuah acount atau sejenisnya bisa dibilang gampang-gampang susah. Maka dari itu dibutuhkan cara tersendiri agar tidak mudah untuk dibobol oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Berikut ini beberapa trik menarik dan 4 trik mencegah pencurian ID dan Password tidak mudah untuk di bobol:

4 Trik Mencegah Pencurian ID dan Password

1. Buatlah password se-unik dan se-rumit mungkin

Saat kan membuat password, usahakan password yang anda buat menggunakan kata kunci yang sama sekali belum diketahui atau diterka oleh keluarga, teman terlebih lagi para cybercriminal atau hacker. Hindari membuat password dengan menggunakan nomor rumah, tanggal lahir ataupun nama peliharaan dan sejenisnya.

Sebaiknya ciptakan password dengan berbagai macam campuran huruf dan angka atau simbol-simbol, yang sekiranya bukan merupakan kata-kata yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Usahakan ganti atau buat ID atau username baru setiap satu bulan sekali serta dengan kata kunci yang baru juga.

2. Hindari Penggunaan password yang sama

Di era globalisai teknologi dan internet seperti saat ini. Anda dituntut agar memiliki banyak account diantaranya email, password jejaring sosial, cloud, dan yang lainnya. Meski terbilang sulit, namun sebaiknya tidak menggunakan satu password untuk multiple account. Buatlah password yang unik untuk setiap account yang Anda miliki.

3. Bersihkan cache dan history pada browser atau web

Ada saatnya, Anda terpaksa menggunakan komputer umun seperti di warnet atau meminjam perangkat teman Anda, saat Anda tidak membawa perankat sendiri untuk melakukan akses internet. Oleh sebab itu, setelah selesai menggunakannya, sebaiknya Anda menghapus cache atau history di browser yang terdapat pada bar di atas atau dalam menu options demi menjaga keamanan account Anda.

4. Tidak menulis password

Meski Anda memiliki sifat pelupa, sebaiknya Anda tidak menuliskan password Anda dalam lembaran kertas atau menulisnya kemudian Anda simpan di perangkat mobile.

Agar Anda tidak harus menyalin dan menulisnya. Usahakan Anda menggunakan password yang gampang diingat tapi sulit untuk dihafalkan oleh orang lain dan Anda bisa tetap mengingatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *