Phrases Aplikasi Facebook Terpopuler, kalahkan Farmville

Phrases Aplikasi Facebook Terpopuler, kalahkan Farmville.

Phrases adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna Facebook memasang quote (kutipan), gambar dan kuis di news feed mereka. Aplikasi Phrases menggeser posisi FarmVille yang telah selama lima belas bulan menjadi aplikasi Facebook paling populer.

AppData menemukan, sampai bulan lalu jumlah pengguna Phrases sebanyak 54.4 juta. Jumlah pengguna FarmVille sebanyak 53.9 juta.

Jumlah pengguna FarmVille menurun dari yang terbanyak sepanjang masa 83.8 penguna pada bulan Maret. Pada bulan itu Facebook berhenti mengirim notifikasi aplikasi dan pembaruan kepada teman-teman pengguna.

Zynga, pembuat FarmVille, telah melihat penurunan jumlah pengguna aplikasi FarmVille sejak saat itu, tetapi sejauh ini masih menjadi pengembang game Facebook terbesar.
Zynga juga membuat Texas HoldEm Poker, FrontierVille dan Mafia Wars, yang berada di peringkat ketiga, keempat, dan kelima dalam daftar AppData aplikasi Facebook terpopuler.

Menurut CNN, Phrases mampu mengambil alih kepemimpinan FarmVille tanpa publik Amerika Serikat (AS). Pengembang Phrases, Impression Monkey, menghentikan aplikasi itu di AS dua minggu lalu.

Mereka mengatakan itu keputusan sulit karena dukungan para penggemar di AS, dan itu tidak memberikan kronologi untuk memulihkan akses Amerika.

Jumlah pengguna Phrases setiap hari turun drastis menjadi hanya 5.5 juta setelah menghentikan aplikasi di AS. Sebelum menutup operasi mereka di AS, Phrases memiliki 8.1 pengguna.

FarmVille masih bertahan di puncak untuk pengguna harian dengan 16.6 juta pengguna yang mengunjungi aplikasi setiap hari. WIndows Live Messenger berada di posisi kedua aplikasi Facebook harian dengan 9.8 juta pengunjung setiap hari.

“Benar, Phrases memiliki jumlah pengguna aktif bulanan terbesar, tetapi penting untuk mencata bahwa cara pengguna terlibat dengan aplikasi tertentu bisa cukup tinggi variasinya,” kata Justin Smith, pendiri Inside Network, perusahaan induk AppData, seperti dikutip CNN.

“Permainan seperti FarmVille cenderung melibatkan para pengguna untuk jangka waktu lama dan memiliki model pendapatan melalui barang-barang virtual.”

Phrases terus menangkap minat para pengguna Facebook dengan menambah 2.3 juta pengguna selama minggu lalu. FarmVille kehilangan 395.000 pengguna pada jangka waktu yang sama.

CNN mengabarkan, Facebook, Zynga dan Impression Monkey tidak bisa dimintai keterangan untuk saat ini.

[REPUBLIKA.CO.ID]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *