Google Luncurkan Sistem Operasi Chrome

Setelah sukses pada Android, Google kini membidik sistem operasi untuk komputer. Melalui Chrome, Google menyiapkan pesaing untuk Microsoft dan Linux.

OS Chrome akan diluncurkan sebagai trial programme, sehingga pengguna dapat mendaftar secara online, Selanjutnya Google akan menawarkan OS tersebut secara pre-installed yang bisa di pasang pada komputer pabrikan besar seperti Acer dan Samsung.

Meski rencana awalnya diperuntukkan sebagai trial programme yang hanya akan tersedia pada skala kecil, pada saatnya nanti sistem operasi baru Google itu akan ditawarkan sebagai pilihan standar ketika konsumen membeli laptop atau komputer.

Linus Upson dan Sundar Pichai yang menulis pada Google Blog menuliskan bahwa notebook untuk pengujian mereka berwarna hitam, tak bermerek, tak berlogo, tak berstiker, dan tak ada apa-apa. Notebook itu hanya memiliki layar berukuran 12.1 inci, keyboard penuh dan panel sentuh, dan memiliki jaringan 3G terintegrasi dari Verizon, delapan jam daya tahan baterai dan delapan hari pada posisi stand by. Notebook Chrome dirancang untuk menjangkau internet secara instan,”

Para teknisi Google menambahkan bahwa “hanya dengan melakukan log in, semua aplikasi anda, bookmarks dan pengaturan browser lainnya sudah tersedia. pengaturan sebuah mesin baru memakan waktu kurang dari satu menit. Pada tahap awal ini, kami rasakan tak ada sistem operasi pelanggan atau bisnis yang lebih aman.”

BBC melaporkan bahwa Google telah menunda kehadiran laptop merek sendiri, tetapi sumber di perusahaan itu mengatakan nantinya Google akan meluncurkan sebuah model dengan merek Google. [republika]

Chrome OS adalah langkah besar menuju cloud computing

Chrome OS adalah langkah besar menuju cloud computing atau komputasi awan, yang diperkirakan bakal menjadi tren di masa mendatang. Dalam mengakses aplikasinya pun cukup mudah berkat digunakannya Hyper Text Markup Language 5, atau HTML5.

Google mengakui bahwa laptop Chrome OS masih jauh dari sempurna. Misalnya, tidak semua Chrome browser extensions bisa berjalan di Chrome OS, meski untuk booting relatif sangat cepat.

Pada akhirnya ini hanyalah sebuah Netbook. Mungkin lebih G1 dari Nexus One. Yang membuat Netbook ini layak ditunggu adalah sistem operasinya yang menjanjikan untuk mencoba melangkah ke komputasi awan. [tempointeraktif]

Kelebihan Google Sistem Operasi (OS) Chrome

Rencana kelebihan dari OS Chrome dari Google :

  • Sistem Operasi terbaik dan definitif  baik untuk Personal Computer dan  Server
  • OS Chrome 100% gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial
  • Dua kalilebih cepat dari Windows XP dan Mac OSX dan tiga kali lebih cepat dari Vista/ Win7
  • Hampir semua Windows XP dan Mac OSX Emulation software built-in
  • OS Google chrome bisa menjalankan hampir 99% perangkat lunak ( Software) asli dan  dari semua Windows XP, Vista, Win7 dan Mac OSX software
  • System Requirement minimal kebutuhan hardware: 600 MHz processor, 256MB Ram, 1.5GB hard disk space
  • Bisa digunakan pada  Tablet PC,  PC dan versi Mobile  (tersedia)
  • Bisa Otomatis paralel dengan  kecepatan tinggi  pada pengolahan dengan Dual dan Quad Core prosesor (Mendukung  multicore)
  • Kemudahan yang sangan fantastis dalam  instalasi, hanya menyalin Google OS pada HDD yang diformat kemudian secara otomatis dia bisa menginstalnya sendiri
  • Support dengan format hard disk FAT32, NTFS, Linux
  • Google  OS memproteksi  kernel, HDD sistem file dan file sistem Google OS STOP dari  semua hampir jenis Virus dan Spyware!
  • Ratusan software gratis dengan men-download termasuk Google OS (Microsoft Office 100% kompatibel!) GoOffice Suite!
  • Sempurna menjalankan Google Chrome, GMail dan seluruh Google Docs, aplikasi dan layanan!
  • Tidak ada online dan offline periklanan, NO virus, spyware NO, NO registrasi software bagi pengguna  (semua gratis)
  • Di Google OS Chrome tidak terlalu  tampak banyak task bar yang membingungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *