Fitur Baru di Sistem Operasi Terbaru Apple iOS 7

Fitur Baru di Sistem Operasi Terbaru Apple iOS 7

Apple baru saja secara resmi di acara Wide Developer Conference (WWDC) 2013, memperkenalkan versi terbaru dari sistem operasi mobile besutannya yakni iOS 7.

Walaupun banyak yang mengatakan “terlambat” tapi ini merupakan langkah tepat yang dilakukan oleh Apple menghadapi gempuran ponsel dengan OS lain seperti BlackBerry OS 10, Windows Phone 8 dan Android.

Fitur Baru di Sistem Operasi Terbaru Apple iOS 7

Pada artikel “iOS7, iPhone baru, Apple TV, iWatch Terobosan Baru Apple” sudah kusinggung bahwa terobosan baru untuk membendung gempuran smartphone OS lainnya, pihak Apple mempersiapkan berbagai konsep teknologi baru yang salah satunya sistem operasi terbaru iOS 7. Apple iOS 7 ini menawarkan banyak fitur-fitur baru. Fitur baru yang ada di sistem operasi IOS 7 ini antara lain :

Tampilan baru di iOS 7

iOS 7

Yang paling terlihat jelas pada iOS 7 terbaru ini adalah tampilan user interface yang baru berbeda dengan versi sebelumnya. Tampilan iOS 7 ini terlihat lebih berwarna dan lebih ceria. Apple telah mendesain ulang semua logo bawaan iOS dengan desain ikon yang baru. Selain ikon baru, iOS 7 juga hadir dengan dukungan animated wallpaper dan Apple menjanjikan akan menghadirkan efek 3D pada wallpaper.

Pada iOS 7 ini tampilan lock screen juga berubah, kini untuk membuka tampilan lockscreen anda bisa men-swipe dari bawah ke atas.

SIRI iOS 7 lebih pintar

iOS 7 Siri

Siri merupakan salah satu aplikasi andalan yang ada pada iOS, dan pastinya pada iOS 7 ini Apple menjadikan Siri lebih pintar.

Seperti halnya tampilan interface yang diperbaharui, Apple juga merombak habis tampilan Siri. Selain tampilan yang baru, Siri juga kini lebih pintar. Pada Siri di iOS 7 ini anda sekarang anda bisa mendapatkan jawaban dari sumber seperti Twitter, Wikipedia, dan Bing. Siri baru ini sekarang juga bisa mengontrol perangkat Apple anda, seperti mematikan Bluetooth, mengatur tingkat kecerahan layar, membaca voice mail, dan lainnya.

Dan yang paling menarik adalah Siri terbaru ini hadir dengan dua pilihan suara: suara pria atau suara wanita. Tersedia untuk bahasa Inggris, Perancis, dan Jerman.

Fitur kamera dan galeri baru di IOS 7

iOS 7 Camera

Aplikasi kamera pada iOS 7 ini juga dirombak habis, dan ditambahkan berbagai fitur baru. Kamera iOS 7 kini memiliki empat mode: photo, video, square (untuk mengambil photo dengan efek Hi atau Instagram), dan Panorama.

Aplikasi galeri juga diperbaharui, sekarang anda bisa mengurutkan photo berdasarkan tempat mengambil photo tersebut dan kapan waktu mengambilnya.

Safari dan App store di iOS 7

iOS Safari

Apple juga merombak aplikasi web browser pada iOS. Pada iOS 7 terbaru ini, aplikasi Safari kini memiliki efek 3D ketika anda pindah ke tab lain, dan juga Safari terbaru ini tidak lagi hanya bisa membuka 8 tab. Safari pada iOS 7 ini ditambahkan fitur smart search, dimana ketikan anda mengetik di kolom URL akan muncul sugestion berdasarkan situs favorit dan keyword dari Google.

Safari pada iOS 7 telah terintegrasi dengan iCloud Keychain, dimana anda bisa mensinkronisasi data seperti password dan kartu kredit dengan perangkat Mac yang anda punya. Anda juga bisa mensinkronisasi daftar bacaan dan juga berbagi link yang anda suka.

App Store juga mendapatkan fitur baru, kini update untuk aplikasi dan game yang telah anda install bisa dilakukan secara otomatis (seperti Google Play Store). Dan menyarankan aplikasi berdasarkan lokasi dimana anda berada (seperti App Store di Windows Phone).

AirDrop iOS 7

iOS 7 AirDrop

Kini pengguna iPhone 5, iPad 4, dan iPad Mini akan berbahagia karena layanan aplikasi AirDrop akan tersedia untuk perangkat ini. Dengan AirDrop anda bisa berbagi photo dengan pengguna iOS 7 lainnya, cukup menekan tombol share, dan photo akan terkirim melalui Bluetooth atau Wi-Fi.

iTunes Radio iOS 7

iOS 7 iTunes Radio
Dan sekarang aplikasi pemutar musik pada iOS lebih keren. Sekarang anda bisa menikmati layanan streaming musik secara gratis dan bebas iklan dengan iTunes Radio. Saat ini layanan ini baru tersedi di Amerika Serikat. iTunes Radio juga akan tersedia di perangkat Mac, PC, dan Apple TV.

Control Center dan Notifications di IOS 7

iOS 7

Salah satu fitur terbaru pada iOS 7 adalah Control Center. Kini di iOS 7 anda bisa mengakses secara cepat tab control center dari tampilan layar apa saja. Cukup dengan men-swipe layar dari bawah maka akan muncul tampilan tool untuk menyalakan AirPlane Mode, menyalakan/mematikan Wi-Fi – Bluetooth, mengatur tingkat kecerahan layar, kontrol pemutar musik, dan masih banyak lagi.

Dan jika anda menswipe dari atas layar akan muncul menu notifikasi dengan tampilan baru. Pada iOS 7 ini layar notifikasi dapat menampilkan informasi seputar apa yang terjadi hari ini (seperti ulang tahun, cuaca, even kedepan berdasarkan yang ada di kalender, saham, dan masih banyak lagi). Dan juga akan menampilkan pesan SMS, panggilan tidak terjawab, dan email.

FaceTime audio IOS 7

Sekarang aplikasi FaceTime dapat melakukan panggilan suara melalui jaringan Wi-Fi (sebelumnya FaceTime hanya bisa melakukan panggilan video). Apple juga menawarkan panggilan berkualitas tinggi pada FaceTime terbaru ini melalui jaringan Wi-Fi.

Beberapa fitur baru lainnya di iOS 7

  • Unlock the phone, and icons drift down
  • Revamped weather app shows dynamic weather animations onscreen; pinch for all-city overview
  • iCloud photo-sharing
  • iCloud keychain remembers sensitive data
  • Long MMS support
  • Swipe from day to day in Calendar
  • Phone, FaceTime, and Message blocking
  • View PDF annotations
  • Activation lock to protect against theft
  • Support for 60fps video capture
  • Airdrop from activity sheet
  • Background asset downloads
  •   Inclinometer support

Ketersedian perangkat Apple ios 7

Apple akan merilis iOS 7 untuk public pada musim gugur 2013, sayangnya Apple tidak mengumumkan tanggal pastinya. Sepertinya Apple akan merilisnya bersamaan dengan iPhone generasi terbaru.

Bagi pengembang aplikasi yang sudah terdaftar di Apple, bisa mencoba iOS 7 beta untuk perangkat iPhone, dan akan menyusul untuk perangkat iPad.

Fitur Baru di Sistem Operasi Terbaru Apple iOS 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *