Tracking Visitor di Konten Tertentu dengan Google Analytics

Tracking Visitor di Konten Tertentu dengan Google Analytics.

Semua pasti tahu apa itu Google Analytics yaitu sebuat tools yang diberikan oleh google untuk melacak pengunjung atau tracking visitor di suatu web atau blog. Banyak cara yang dapat digunakan untuk memasang Google Analytics ini, mulai dari pemasangan script secara manual ataupun dengan bantuan plugin dari cms yang pakai. Bahkan ada beberapa themes atau template yang sudah tersedia fasilitas khusus untuk memasukkan Google Analytic ini.

Dengan Google Analytics ini, semua trafik pengunjung yang masuk ke web atau blog kita akan tercatat secara realtime. Ada 4 kategori yang akan dicatat oleh Google Analytics ini yaitu visitor yang berasal dari search engine, pengunjung dari Laman langsung, pengunjung dari situs perujuk. Selain itu kunjungan, tayangan laman, Rasio pentalan, waktu rata-rata di situs, kunjungan baru tercatat juga.

Dari fitur dan fasilitas yang disuguhkan oleh Google Analytics ini, ada satu fitur yang kadang kala kita perlukan, yaitu mencari visitor di konten tertentu. Pada informasi konten teratas dari web atau blog kita, informasi ini dapat dengan mudah kita dapatkan. Tapi pada konten tertentu yang mempunyai jumlah visitor yang tidak terlalu banyak atau tidak teratas, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan. Salah satu cara untuk mengetahui jumlah visitor dari konten tertentu tersebut yaitu dengan cara kita cari informasi ini melalui konten menurut judul atau penelusuran konten. Fasilitas Google Analytics untuk konten menurut judul dan penelusuran konten ini tidak memerlukan persiapan khusus. Jadi kita dapat sewaktu-waktu melihat dan mendapatkan informasi trafik dan jumlah visitor dari semua kontent tertentu.

Tracking Visitor untuk Konten Menurut Judul pada Google Analytics

Tracking Visitor untuk Konten Menurut Judul ini dapat kita dapatkan secara langsung melalui fasilitas konten pada Google Analytics. Caranya pun sangat mudah. Kita tinggal memasukkan judul dari artikel yang akan kita ambil informasi jumlah visitornya saja. Masukkan judul artikel yang spesifik di Filter Judul Laman, jika kita ingin mengetahui jumlah visitor di artikel itu sendiri tanpa tercampur dengan artikel lain.

Jika kita memasukkan judul artikel yang tidak spesifik di Filter Judul Laman, maka semua artikel yang mempunyai kata yg kita isikan tadi akan ikut muncul dan ditampilkan.

Tracking Visitor untuk Penelusuran Konten pada Google Analytics

Tracking Visitor untuk Penelusuran Judul ini, caranya hampir sama dengan Tracking Visitor untuk Konten Menurut Judul. Tapi di sini yang kita isi adalah nama URL artikel. URL artikel yang kita isi tersebut tidak perlu menggunakan nama URL utama. Misal kita mempunyai URL artikel http://nama_domain.com/category/nama_artikel.html,  maka kita hanya cukup memasukkan /category/nama_artikel.html atau /nama_artikel.html di Filter Laman.

Semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bersama. Untuk tracking visitor yang lebih spesifik lagi kita dapat menggunakan fitur sasaran yang ada di Google Analytic. Tapi fitur ini memerlukan persiapan lebih dulu. Tidak seperti fitur konten ini yang langsung dapat dipakai setiap saat dengan berganti-ganti judul dan url artikel.

Selain itu, pemakaian tools Google Analytics kadang hasilnya berbeda dengan tools Analytics lainnya. Hal ini kemungkinan banyak hal-hal yang terlupakan oleh kita seperti yang kuulas pada artikel Kelemahan Tracking Visitor Google Analytics yang Terlupakan.

Comments(21)
  1. Amir Al-Maruzy
  2. ariefew
  3. mas-tony
  4. Islam Akidahku dan Sains Teknologi
  5. Mubarika
  6. mas chuz
  7. Gaptek
  8. CaraTerbaru.com
  9. Fatma
  10. Tongkonanku
  11. spot misteri
  12. Watchmoviesepisodesonlinefree
  13. Azhie
  14. Driver
  15. bdangkal
  16. anny
  17. anny
  18. Vina
  19. rizky
  20. miztia-respect.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *