Telkom Flexi EVDO : Surabaya – Sidoarjo Speed Test

Telkom Flexi EVDO : Surabaya – Sidoarjo Speed Test.

Telkom Flexi EVDO : Surabaya - Sidoarjo Speed TestMunculnya Flexi EVDO atau Flexi Mobile Broadband EVDO benar-benar membuatku penasaran. Apalagi dengan adanya tester FlexiRoid yang merupakan handphone android dengan teknologi EVDO yang mempunyai tampilan elegan, semakin membuatku ingin segera menyoba layanan flexi yang masih dalam masa uji coba ini.

Di wilayah Surabaya dan sekitarnya ada 15 BTS untuk uji coba Flexi EVDO,  meng-coverage area Rajawali Colo Jembatan Merah, Sidorame Sidotopo, DTC Wonokromo,  Untag – Semolowaru,  Graha Pena, Plasa Marina – Margorejo, Kertajaya – klampis, Gramedia Expo – Tunjungan – arjuna – pasar kembang, Sun City Sidoarjo,  Babatan Wiyung, Gunung Sari, Ngagel – krukah. Dan untuk mengembangkan Flexi EVDO ini pihak flexi mentargetkan akhir tahun ini akan membangun dan meng-upgrade sebanyak 1.300 BTS EVDO di seluruh Indonesia.

Promo Flexi EVDO

Flexi EVDO, mempunyai kartu perdana sendiri. Kita saat ini bisa mendapatkan perdana flexi EVDO di stan pameran flexi, atau kita mendapatkannya di plasa telkom terdekat. Pihak flexi menyediakan juga paket bundling modem EVDO Sansaine San890 seharga 300.000. Selain itu, kita juga dapat menukarkan RUIM flexi yang lama dengan RUIM Flexi yang bertanda Flexi Broadband di Plasa Telkom terdekat.

Saat ini, kita bisa mendapatkan Flexi EVDO dengan paket promo hanya 50.000/bulan dengan cara mengetik PROMO<spasi>BULANAN yang dikirim ke 2255. Dan sekali lagi yang perlu diperhatikan yaitu harus menggunakan kartu perdana Flexi Mobile Broadband.

Hasil Speed Test Telkom Flexi EVDO

Lagi-lagi secara kebetulan, aku dapat melakukan speed test di dua tempat yang berbeda. Tempat tersebut adalah BTS paling selatan untuk wilayah Surabaya yang terletak di Suncity Sidoarjo, serta BTS paling utara untuk wilayah Surabaya yaitu yang terletak di Rajawali Surabaya. Memang kedua lokasi tersebutlah tempatku bekerja dan rumahku.

Lokasi speed test ini bejarak sekitar 4 km dari masing-masing lokasi BTS tersebut. Sinyal yang kudapat adalah 2-3 bar pada EVDO. Sedangkan modem yang kugunakan yaitu modem Haier CE210 tanpa tambahan penguat sinyal atau tambahan software apapun. Speed Test ini kulakukan pada jam 12 siang.

Hasil Speed Test Telkom Flexi EVDO Server IIX

Speed Test Server Surabaya

 

Speed Test Server Jakarta

Hasil Speed Test Telkom Flexi EVDO Server USA

Speed Test Server Dallas

Speed Test Server Los Angeles

Melihat hasil speed test di atas dapat disimpulkan bahwa kedua BTS tersebut tidak “sekuat” dengan BTS yang berada di Marina plasa dan BTS lainnya yang terletak di tengah kota. Hal ini yang juga harus diperhatikan oleh pihak Flexi. Pengguna Flexi wilayah Surabaya, tidak semuanya bertempat tinggal di Surabaya. Mereka banyak yang bertempat tinggal di sekitar Surabaya seperti Sidoarjo, Sepanjang, Krian, Gresik.

Sedangkan dari segi harga, berhubung ini masih dalam masa promo, jadi aku sendiri tidak bisa membandingkan dengan kedua operator yang telah lebih dulu menggunakan teknologi EVDO.

Comments(17)
  1. Willy Merdiansyah
  2. ariefew
  3. Jaka
  4. Setyo Budianto
  5. ariefew
  6. ariefew
  7. erik
  8. Eko
  9. qomari
  10. david
  11. Klimin
  12. Harry
  13. R Verry Kurniawan
  14. sinsin
  15. Pedro E bhe
  16. Nouval
  17. telkom mania...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *