Customer Care Smart Telecom Tidak Tahu Tentang BREW – MobileShop

Call Center
Silakan hubungi Call Center kami untuk mendapatkan informasi lebih jauh tentang Smart Telecom
881 (bebas pulsa dari kartu Smart)
882 untuk langsung bicara dengan Customer Care Smart (Rp 100/telepon, khusus pelanggan Prabayar)
088 11 22 33 44 (berlaku tariff normal)
Fax : 021-319-00303
E-mail : [email protected]

Bagi pengguna layanan Smart Pasti sudah hafal tulisan di atas itu, terutama call care 882 yang menyediakan percakapan langsung dengan operator secara langsung.

Seperti yang ku bahas di Uji Coba Fitur BREW HP Haier C700 dan ZTE C261, ku ulas tentang fitur BREW yang ditanamkan pada HP Haier C700 dan ZTE C261. Di ulasan tersebut di menu BREW terdapat MobileShop – Catalog, yang terdapat isi apapun disana. Tapi mulai tadi pagi di dalam menu tersebut terdapat sub menu baru lagi.

Menu baru dari BREW – MobiletShop – Catalog :

  • BAM Test Apps
    • Test Demo Elapsed Time (free -1 min of use)
    • Test Purchase Numuses ($1 – 10 uses)
    • Test Purchase Expdate ($5 – expires on 6 jun 12)
    • Test Ourchase Unlimited (free – unlimited)
  • Get Fun & Games
    • cmshop_app1
    • cmshop_app2
    • cmshop_app3
  • Get Going
    • Autodisableota  ($5 expires on 23 nov 09)
    • Prevappdeldisable ($5 expires on 23 nov 09)
    • A100K (free expires on 24 okt 09)
    • PAT0011 ($5 – 3 uses)
  • Get Pix & Fix
    • V Cast Music Player ($5 expires on 23 nop 09 – 4,8 mb)

Karena ingin mengetahui fitur baru BREW yang disediakan smart telecom dan juga keinginan lebih jauh untuk mempelajari Brew Distribution System (BDS) dari smart telecom kucoba  satu persatu terutama yang free. Jika menu tersebut kita klik, kita akan langsung terhubung dengan server mereka dan langsung terinstall otomatis.

Dari beberapa kali mencoba aplikasi free, ternyata aplikasi free yang terdapat di MobileShop – Catalog tersebut percobaan yang hanya memberikan tulisan (demo teks) dan tidak ada efek lainnya.

Berhubung di salah satu sub menu MobileShop – Catalog terdapat aplikasi lain yang berbayar seperti V Cast Music Player dengan info $5 expires on 23 nop 09 – 4,8 mb, aku merasa ragu apakah aplikasi tersebut benar-benar launching atau cuma demo teks saja seperti aplikasi yang free. Dan bagaimana tentang proses pemotongan untuk pembelian aplikasi tersebut dan apa benar harganya $5 ?

Karena ingin mengetahui lebih lanjut informasi tersebut, langsung saja kuhubungi 882…

Telpon ke-1 : Si ‘Mbak’ customer care merasa ‘terkejut’ mendengar pertanyaan tentang BREW. Beberapa kali penyebukan kata BREW salah. Karena merasa tidak tahu, aku disuruh menunggu sebentar… kutunggu sampai 15 menit akhirnya telpon tut..tut…tut… putus !! ( putus atau diputus ya ?)

Telpon ke-2 : Si ‘Mbak’ customer care yang ketus, menyuruhku untuk melihat buku panduan… kujawab di panduan tidak ada yang menerangkan itu dan kujelaskan sedikit tentang BREW bla..bla…. Dia jawab bahwa “Kami tidak meneyediakan fasilitas itu…. terima kasih telah menhubungi kami…..” tut…tut…tut…. di putus !!! Wah.. pelayanan yang sangat bangsat bagus tuh…..

Telpon ke-3 : Si ‘Mas’ customer care yang sedikit tahu atau pura-pura tahu, menerangkan bahwa aplikasi BREW tersebut seolah-olah seperti aplikasi J2ME. Semua aplikasi tergantung dari memory kita, kita harus download dulu lewat browser (dalam hal ini opera mini)…bla….bala…. salah kaprah deh…..

Tiga kali telponku ke 882 mendapat jawaban yang tidak memuaskan… dengan sedikit jengkel ku posting saja permasalahan ini di website dan sekaligus kulayangkan email ke [email protected] yang isinya hampir sama dengan ini….

Kita nantikan saja apa nantinya jawaban dari [email protected]….

update :
===========================================
Jawaban email dari [email protected]
===========================================

From: Customer Care
Subject: RE: Customer Care Smart Telecom Tidak Tahu Tentang BREW – MarketShop
To: “Arief EW”
Date: Thursday, September 24, 2009, 4:30 PM

Bapak Arief Yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan E-mail SMART Telecom

Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah Bapak alami sehubungan dengan pelayanan staff Call Center kami. Sehubungan dengan keluhan Bapak Arief tersebut kami akan melakukan klarifikasi mohon kiranya Bapak dapat menginformasikan beberapa data yang kami perlukan seperti :

– nomor yang digunakan pada saat menghubungi ke 882
– waktu ketika menghubungi ke 882
– nama – nama staff call center yang menerima telepon pada saat Bapak menghubungi ke 882
– nomor alternatif yang dapat kami hubungi

Sekali lagi, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan kami juga berterima kasih atas kritik yang Bapak sampaikan yang tentunya akan kami pergunakan sebagai bahan masukan agar kami dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan kami kepada para pelanggan. Dapat kami informasikan juga untuk aplikasi BREW ini merupakan aplikasi bawaan dari handset Haier C700 dan ZTE C261. Namun untuk Smart sendiri belum mendukung untuk penggunaan aplikasi tersebut.

Apabila Bapak Arief membutuhkan bantuan, informasi lain, atau mempunyai keluhan mengenai produk SMART Telecom, dapat menghubungi kami kembali melalui nomor-nomor di bawah ini

Nomor Smart : 881 ( Untuk informasi produk & layanan umum SMART )
Nomor Smart : 882 ( Untuk berbicara dengan Customer Care Representative )
Nomor lainnya : 08811223344
Fax : 021-31900303
Website : www.smart-telecom.co.id

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Venty Kristin Novita
Customer Care – SMART Telecom

================================================

Dari jawaban yang berhuruf tebal di atas, dapat disimpulkan bahwa Smart belum mendukung aplikasi BREW.

Reply email :

Terima kasih atas jawabannya….. memang hanya itu yang ingin saya ketahui. Ternyata fitur tambahan tersebut akan muncul dan berubah-ubah isinya jika kita set HP kita ke English Language, kalau kita set ke Indonesia, fitur yang ada di BREW – MobileShop – Catalog tidak ada isinya. Ini mungkin bawaan dari chipset Qualcomm yang tertanam di HP tersebut.

Saya sendiri memahami ‘ketidak tahuan’ dari call center anda , karena ini bersifat IT dan teknis. (asal tidak seperti Si Mbak pada telpon no.2 yang menjawab ketus dan memotong pembicaraan pada saat konsumen belum selesai bertanya)

Untuk call center, lebih baiknya sedikit diberi pengetahuan tentang BREW yang bekerja pada level firmware (di chipset handset CDMA buatan Qualcomm ini) dan berbeda dengan J2ME (midlet) yang bekerja dalam virtual machine (KVM).

Hal tersebut perlu dilakukan sebab Smart sendiri sudah mengeluarkan produk HP BREW, dan pengguna akan bertanya “aplikasi / game apa saja yang bisa ditanam di HP ini ?”, “Dimana men download alikasi / game tersebut ?”. Mungkin pengguna tersebut mengira HP BREW tersebut seperti HP J2ME pada umumnya. Atau juga pengguna tersebut membandingkan bundling operator selular lain juga mengeluarkan HP BREW, seperti Bakrie Telecom pada esia hidayah, esia slank, bali phone. Telkom pada bundling Flexi type ZTE C335 dan C339. Bahkan Mobile-8 yang banyak memberikan layanan games lewat b-live pada ponsel bundling kartu Fren dan Hepi seperti ZTE C300, ZTE C330, Haier C2000 dan Motorola W362. Atau juga pengguna tersebut membandingkan dengan HP Motorola yang support BREW dan support J2ME sehingga tidak mengalami masalah pada install aplikasi Java / J2ME pada HP tersebut….

Comments(35)
  1. Ken
  2. ariefew
  3. reez
  4. yanto
  5. apriel
  6. ariefew
  7. aditya moeslim
  8. ariefew
  9. mohammed farid
  10. ariefew
  11. dieto33
  12. ara
  13. ariefew
  14. filbert
  15. ariefew
  16. dimaz
  17. dimaz
  18. Dede Pardiana
  19. hadi
  20. hadi
  21. agus p
  22. ariefew
  23. lufy
  24. iwan
  25. gino
  26. IR
  27. irfa
  28. daniel
  29. denny
  30. mulyono
  31. mulyono
  32. bekti
  33. chusnul
  34. nadi
  35. ahmad sulaiman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + = 12