15 mobile BTS XL Axiata Sambut Bulan Ramadhan dan Lebaran

15 mobile BTS XL Axiata Sambut Bulan Ramadhan dan Lebaran.

Pada bulan Ramadhan dan lembaran, penggunaan SMS, voice dan data biasanya mengalami peningkatan yang tidak sedikit, sehingga menyebabkan lonjakan yang tinggi pada semua operator selular.

Salah satu operator selular Indonesia, XL Axiata menyatakan siap menyambut peningkatan trafik sepanjang bulan Ramadhan sampai Lebaran tahun ini dengan memasang mobile BTS yang bisanya berbentuk mobil.

Mobile BTS XL Axiata Sambut Bulan Ramadhan dan Lebaran

Agus P Simorangkir, Vice President Project Management Office XL mengklaim, kapasitas jaringan operator XL mencukupi untuk menampung lonjakan trafik.

“Kami sudah siap untuk melayani mudik dan Lebaran. Kapasitas kami sudah besar untuk itu,” ujar pria yang akrab disapa Simo ini, di XXI Lounge, Plaza Senayan, Jakarta.

Ia menuturkan, okupansi jaringan BTS Node B pada hari biasa sekitar 30-40 persen dari total kapasitas jaringan, sementara untuk Lebaran diperkirakan penggunaan jaringan meningkat jadi 60-70 persen.

“Masa Lebaran, pertumbuhan trafik SMS dan voice rata-rata meningkat 10-15 persen, dan data 30-50 persen,” imbuh Simo.

Persiapan lain, XL sudah menyiapkan 15 mobile BTS—biasanya berbentuk mobil—untuk menjangkau wilayah dengan trafik tinggi yang tak terjangkau menara BTS.

“Mobile BTS akan ditempatkan di beberapa titik ramai jalur mudik, terutama Jawa Tengah-Jogjakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Pelabuhan Merak, Banten. Di Jakarta, akan ditempatkan di Ancol,” ujar Agus Simorangkir pada VIVAnews.

Ditambahkan Simo, untuk melayani trafik pada musim mudik ini, XL belum menggunakan kanal ketiga 3G. Ia beralasan, kanal baru itu masih proses migrasi. Diperkirakan akan digunakan setelah Lebaran untuk 22 kota Hot Rod 3G XL.

“Termasuk Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, dan kota-kota lain dengan kerapatan BTS yang sudah tinggi,” ujarnya.

Saat ini, trafik SMS XL mencapai 750 juta pesan per hari. Sedangkan, untuk layanan suara mencapai 600 juta menit per hari.

15 mobile BTS XL Axiata Sambut Bulan Ramadhan dan Lebaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *