Tips Merawat Hard Disk

Tips Merawat Hard Disk

Hardisk pada Laptop atau PC yang sudah di sering dipergunakan atau sudah berusia lama tidak menutup kemungkinan akan mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi pada Hardisk tidak hanya disebabkan oleh kualitas pabrik akan tetapi juga bisa dari sisi pengguna atau si pemakai hard disk tersebut. Seperti pada salah satu contoh kasus berikut ini: pada saat memakai atau menggunakan hardisk, kita tidak melakukan procedure parkir sebelum mematikan PC, sehingga posisi head berada pada posisi yang tidak sesuai dengan tempatnya. Jika head berhenti dan menyentuh permukaan disk tempat data atau system disimpan, maka dapat dipastikan lapisan magnet penyimpan data tersebut akan mengalami kerusakan.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tips untuk merawat haard disk, sebaiknya terlebih dahulu anda memahami bagaimana penyebab dan tanda-tanda kerusakan pada hard disk agar anda semakin lebih hati-hati dan akan memudahkan anda dalam merawat hard disk.

Berikut Penyebab Kerusakan pada Hardisk Drive :

1. Suhu yang terlalu panas.

Hard disk dengan suhu yang terlalu tinggi akan mengalami kesulitan untuk melakukan proses pembacaan data. Suhu yang terlalu tinggi tersebut dapat disebabkan oleh sirkulasi udara dalam CPU yang tidak lancar, penggunaan PC yang terlalu lama, atau kipas power supply yang tidak bekerja.

2. Guncangan pada computer.

Guncangan yang keras pada komputer dapat menyebabkan kerusakan secara fisik pada harddisk. Saat digunakan atau pun pada saat sedang bekerja, head hard disk mengambang diatas permukaan piringan (platter). Jika terjadi guncangan tersebut, maka head hard disk tersebut akan menyentuh pada bagian lain dari hard disk, sebaliknya disk tersebut tengah berputar dengan begitu cepat. Maka kemungkinan besar akan terjadi kerusakan pada hard disk.

3. Mematikan / shutdown yang tidak sesuai denagan prosedur.

Pada saat hard disk sedang bekerja atau masih bekerja, kemudian dengan mendadak tombol power langsung dicabut ataupun terjadi pemadaman listrik, maka posisi head akan berada pada segala posisi. Hal inipun dapat menjadikan usia hard disk lebih pendek. Bahkan hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada bagian PCB hard disk tersebut.

4. Power supply yang tidak memadai.

Tegangan dari power suply yang tidak bisa mencukupi untuk menyuplai hard disk, maka dapat terjadi kerusakan pada kontroller hard disk dan motor.

Tanda-tanda Kerusakan Pada Hardisk Drive antara lain :

1. Sulit untuk membaca data.

Dalam hal ini kemungkinan besar dapat terjadi pada kondisi hard disk yang mengalami bad sector.

2. Bisa diformat, tetapi tetap tidak dapat dibaca.

Dalam hal ini hard disk dapat diformat, akan tetapi pada saat digunakan untuk membaca data, head kesulitan melakukan tugas ini.

3. Tidak ada respon atau hang.

4. Terjadi bad sector.

Bad sector merupakan kawasan pada hard disk yang sudah tidak dapat di pergunakan lagi untuk menyimpan data.

5. Tidak adanya suara mendenging.

Dalam hal ini motor penggerak yang terdapat pada hard disk tidak dapat bekerja dengan baik sehingga mengakibatkan tidak adanya suara yang mendenging.

Tips Merawat Hardisk Agar Tetap Awet


1. Berikan sirkulasi udara yang baik pada cpu.

Jangan pernah menutup lubang pada chasing, kalau perlu berilah kipas tambahan yang berhembus keluar CPU. Periksalah kipas power supply agar tetap berputar.

2. Letakkan Laptop atau PC pada tempat yang terdapat sirkulasi udara yang lancar.

3. Matikanlah PC atau Laptop anda sesuai dengan prosedur, jangan tergesa-gesa untuk mencabut kabel power supply sementara PC atau Laptop anda masih bekerja.

4. Jangan menggerakkan hard disk ketika PC anda sedang hidup.

5. Partisi hard disk.

6. Jangan dekatkan hard disk pada magnet.

Demikian semoga artikel tentang tips merawat hard disk ini dapat memberikan manfaat untuk anda semua dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada siapa saja yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *