Tips Membersihkan Keyboard Laptop Dengan Benar

Tips Membersihkan Keyboard Laptop Dengan Benar

Laptop memang terdiri dari berbagai komponen yang paling utama. Dan beberapa komponen tersebut mempunyai berbagai fungsi yang berbeda beda. Jadi bila laptop tersebut tak dapat berfungsi maka ada beberapa hal kemungkinan yang bisa menyebabkannya. Sehingga agar komponen laptop itu bisa terjaga serta terawat dengan baik, maka anda harus melakukan berbagai cara perawatan yang rutin untuk mendukung serta memperpanjang umur dari laptop tersebut. Seperti halnya dalam membersihkan keyboard pada laptop. Berikut ini merupakan beberapa Tips Membersihkan Keyboard Laptop Dengan Benar.

Tips Membersihkan Keyboard Laptop Dengan Benar

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mematikan terlebih dahulu power yang ada pada laptop serta mencabut charger dan seluruh kabel USB yang terpasang pada laptop sebelum anda melakukan proses pembersihan keyboard laptop tersebut. Lalu langkah sederhana yang bisa anda lakukan yaitu dengan memiringkan laptop tersebut kemudian tiup dengan perlahan-lahan agar debu yang masih tersisa pada sela-sela keyboard akan hilang dengan sendiri.

Kemudian langkah yang kedua yaitu dengan membersihkan tepi atau batasan pada keyboard dengan memakai ujung sendok yang sebelumnya telah dilapisi dengan sedikit kain lembut yang sidikit basah. Hal tersebut bermanfaat untuk meminimalisir  terjadinya air yang dapat masuk kedalam laptop. Setelah itu langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan yaitu anda dapat memakai penyedot debu mini untuk membersihkan seluruh partikel kotoran tersisa yang masih berada di dalam serta diatas keyboard. Untuk solusi lainnya yang dapat anda lakukan adalah dengan memakai mesin pengering rambut yang bermanfaat untuk meniup kotoran yang masih tersisa berada di sela-sela keyboard agar bisa keluar.

Langkah berikutnya bila keyboard telah selesai dibersihkan, anda bisa menggunakan keyboard protector yang berfungsi untuk mencegah debu yang telah keluar akan masuk kembali lagi ke dalam keyboard saat anda memakai laptop. Terkadang keyboard protector terbuat dari bahan karet yang bisa menmpel pada tepi keyboard. Sehingga secara tak langsung kotoran maupun debu yang biasanya berada pada sela-sela keyboard tak akan kembali lagi ke dalam keyboard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *