Tips Mengetahui Kecepatan Bandwith Internet

Tips Mengetahui Kecepatan Bandwith Internet

Sekitar Sepuluh (10) tahun yang lalu internet masih menjadi suatu barang yang mahal dimana ketika itu masih menggunakan modem dengan kecepatan hanya berkisar 16-32 kbps, tapi bayangkan saat ini kecepatan di rumah saja bias berkisar antara 384 kbps sampai dengan 2 Mbps, belum termasuk paket data internet yang diberikan oleh operator lain yang dapat mencapai sekitar 7.2 Mbps.

Tapi kenyataannya sampai saat ini masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara untuk dapat meningkatkan kecepatan bandwith internet yang dipakai sebenarnya. Oleh karena itu kami akan membagikan Tips Mengetahui Kecepatan Bandwith Internet. Awalnya dijanjikan 1 Mbps tapi kenyataannya pada waktu dites ternyata hanya 200 kbps. Agar kita tidak gaptek ataupun tidak mudah untuk dijerumuskan setidaknya harus faham dan mengetahui software atau website apa saja yang menyediakan sarana untuk mengetahui kecepatan internet yang kita pakai.

Untuk melakukan test terhadap kecepatan bandwith internet, Anda dapat memanfaatkan atau menggunakan jasa-jasa website berikut ini yang memang hadir untuk satu tujuan “Internet Speed Test”. Berikut 3 Web Online Mengukur Kecepatan Internet yaitu antara lain:

Tips Mengetahui Kecepatan Bandwith Internet

SpeedTest.NET Internet Speed Test

Inilah salah satu internet speed test terbaik yang ada di muka bumi ini dan tidak diragukan lagi kapabilitasnya untuk testing cepat tidaknya internet. Dengan berbagai pilihan lokasi yang tersedia, anda dapat leluasa melakukan test kecepatan internet anda. Ditambah dengan dukungan layanan speed test ini gratis. Bahkan, di Speedtest.net juga disediakan menu log untuk mencatat test-test yang pernah anda lakukan, bila hal itu belum dirasa cukup, anda dapat mengirimkan hasil test internet anda ke teman atau sahabat anda sehingga mereka bisa tahu berapa kecepatan internet anda. Untuk menggunakan atau memanfaatkan layanan ini anda tinggal konek internet lalu ketik alamatnya di speedtest.net selanjutnya akan muncul tulisan Begin Test. Bila tidak dapat muncul, berarti anda harus terlebih dahulu menginstal terlebih dulu Flash Player plugin. Setelah anda berhasil menginstal Flash Player plugin, pencet tombolnya dan tunggu beberapa saat karena server mereka akan memilihkan tempat yang paling baik untuk melakukan pengujian dan hasilnya seperti gambar berikut ini:

Telkom Speedy

Web lokal dari telkomspeedy juga dapat dipakai untuk tes kecepatan internet. Untuk dapat menggunakan layanan ini anda tinggal login (masuk) ke situs telkomspeedy.com/speedtest dan pilihlah kota (daerah) terdekat dimana anda tinggal. Selanjutnya akan keluar tombol Begin Test, klik dan silakan tunggu beberapa saat hasilnya.

SpeedTest IndosatM2

Tool online ini sebenarnya dikeluarkan oleh Indosat dan dapat juga digunakan untuk menguji kecepatan internet dari provide manapun, tidak hanya khusus dalam ruang lingkup indosat saja akan tetapi juga untuk masyarakat luas. Untuk membuktikan bahwa kecepatan internet memang stabil dan bukan karena diuji oleh tool milik provider itu sendiri, dimana kami menguji dengan internet speedy milik telkom dan dapat dilihat hasilnya pada gambar berikut:

Cukup 3 (tiga) web online tersebut yang dipakai untuk mengetahui kecepatan internet kita. Sebenarnya masih banyak web online yang lain yang juga dapat digunakan untuk mengetahui kecepatan bandwith internet kita, akan tetapi yang paling penting adalah hasil yang di peroleh. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *