Dengan Situs BCA, Kini Makin Mudah Cari Informasi Perbankan

Dengan Situs BCA, Kini Makin Mudah Cari Informasi Perbankan

Jika saat ini mengunjungi halaman utama dari situr resmi Bank Central Asia BCA, anda akan menjumpai perbedaan tampilan dengan sebelumnya. Kini tampilan situs resmi BCA ini terasa lebih simple dan sederhana. Tapi dibalik tampilan yang simple dan sederhana tersebut tersimpan fitur Enterprise Search Engine dari Google yang bernama Google Search Appliance atau biasa disingkat dengan GSA. Apa saja sih yang menjadi keunggulan dari fitur GSA di tampilan baru situs resmi BCA ini? Yuk kita bahas satu persatu….

Dengan Situs BCA, Kini Makin Mudah Cari Informasi Perbankan

Pernahkah anda merasa kesulitan untuk mencari data lama yang tersimpan di komputer anda ? Pasti melelahkan bercampur dengan sebel dan frustasi deh. Apalagi data tersebut sangat anda perlukan dan saat ini juga harus ada. Andaikan anda ingat nama file, pasti pecarian akan lebih mudah dengan menggunakan fasilitas search yang tersedia di komputer anda. Tapi kalau kita lupa nama file dan hanya ingat tema atau kalimat yang ada di dalam file tersebut, maka pencarian menggunakan fasilitas search yang tersedia di komputer sangat mustahil diketemukan.

Sekarang marilah kita mengambil contoh tentang permasalahan yang lebih besar lagi yaitu data perusahaan. Data perusahaan itu tersimpan pada server intranet terpusat, yang mana semua karyawan perusahaan memasukkan berbagai data sesuai dengan bagiannya. Dan sudah barang tentu data-data yang ada akan bercampur aduk dengan penamaan file yang sesuai dengan selera penulisnya. Sekarang, jika seorang karyawan perusahaan ingin mengumpulkan semua informasi dari data di server tersebut guna menangani permasalahan di suatu proyek yang sedang berjalan, apa yang akan terjadi ? Informasi yang dibutuhkan sangat sulit terkumpul semua, walau dengan menggunakan bantuan fasilitas search yang ada di komputer.

Kini bagaimana dengan situs atau portal yang ada di Internet ?

Pada dasarnya situs atau portal yang ada di internet sama saja dengan server yang ada di intranet yaitu memuat semua data dan informasi yang ada. Situs atau portal di internet mempunyai jangkauan yang lebih besar dibanding data di intranet dan biasanya menggunakan tampilan antarmuka yang dibangun dari CMS (Content Management System). Dan sebenarnya, setiap antarmuka yang dibangun dari CMS telah dilengkapi dengan fitur search juga. Hanya saja, search tersebut hanya diperuntukkan untuk mencari data di dalam CMS itu sendiri. Sehingga jika kita menggunakan fitur search bawaan CMS tersebut, tidak akan memberikan informasi yang memadai dan tidak akurat.

Dari ulasan di atas, maka sudah barang tentu sangat diperlukan suatu situs atau portal yang informatif menerapkan sistem Enterprise Search Engine atau ESE. Sistem ESE ini digunakan mesin pencarian terkenal seperti Google, Yahoo, atau Bing. Salah satu produk ESE yang terkenal adalah GSA atau Google Search Appliance. Diharapkan dengan menerapkan fitur GSA ini hasil indexing bisa lebih maksimal sehingga hasil pencarian informasi lebih memadai dan akurat.

Tampilan Baru Situs BCA kini dengan Fitur GSA (Google Search Appliance)

www.bca.co.id, yang memuat berbagai informasi perbankan dengan mudah dan cepat serta solusi setiap permasalahan transaksi perbankan baik itu individual, commercial, maupun corporate sudah barang tentu harus mempunyai sistem pencarian yang handal juga. Maka dari itu pada hari Rabu, 29 Oktober 2014 merubah tampilannya sekaligus memasukkan fitur GSA di dalamnya.

Kini tampilan situs resmi BCA ini terasa lebih simple dan sederhana. Tapi dibalik tampilan yang simple dan sederhana tersebut tersimpan sistem pencarian yang handal dari Google yaitu GSA.

Google Search Appliance GSA ini merupakan produk Google yang mempunyai teknologi pencarian data dalam database secara keseluruhan dengan cepat dan akurat.

Selain itu, teknologi GSA di situr resmi BCA mempunyai fitur penyortiran data berdasar relevansi dan tanggal.

Keunggulan GSA (Google Search Appliance) di Situs Resmi BCA

Beberapa kemampuan yang dimiliki oleh GSA di situs resmi BCA, yaitu :

  • Fast, relevant search
    GSA di situs resmi BCA mempunyai kemampuan dalam mencari informasi yang akurat berdasarkan nearly index dari berbagai sumber sistem internal. Dengan Dynamic Navigation, user dapat melakukan filter berdasarkan metadata attributes (relevansi dan tanggal).
  • Univeral search
    GSA di situs resmi BCA dapat melakukan searching ke berbagai sumber seperti intranet, portal, file shares, databases, CMS, dan business apps yang tersimpan di server. Sehingga sekarang berbagai macam file seperti file doc, xls, pdf dapat diketemukan dengan mudah dan cepat.

Sebagai penutup dapat disimpulkan bahwa perubahan tampilan situr resmi BCA yang dilengkapi dengan fitur GSA ini mempermudah dan mempercepat pelanggan dalam mencari informasi penting perbankan serta informasi produk-produk BCA. Bagi pelanggan yang sudah biasa menggunakan Google search pasti tidak akan mengalami kesulitan dengan tampilan baru ini. Bahkan kini semua pencarian informasi di situs resmi BCA lebih dapat tertangani dengan baik.

Selamat menikmati kemudahan pencarian informasi perbankan dengan BCA

Comments(2)
  1. Heri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


6 + = 13