Pendaftaran Baru Google Apps Gratis di Tutup

Pendaftaran Baru Google Apps Gratis di Tutup

Google Apps memang merupakan layanan yang sangat kubutuhkan terutama untuk custom email domain milik sendiri. Dengan Google Apps ini kita tidak membutuhkan space di hosting kita untuk membuat email domain. Apalagi layanan Google Apps ini disediakan gratis oleh Google.

Tapi beberapa hari lalu, ada kiriman email dari Google yang memberitahukan bahwa Google Apps tidak membuka pendaftaran baru lagi pada versi gratisnya. Semua pendaftaran baru dianjurkan untuk menggunakan Google Apps for Business yang berbayar.

Pendaftaran Baru Google Apps Gratis di Tutup

Google tidak semena-mena menutup layanan Google Apps Standar yang gratis ini. Bagi pengguna lama yang sudah terdaftar akan mendapat layanan Google Apps Standar sebagaimana sebelumnya, yaitu dengan fitur yang sama dan gratis.

Google Apps for business

Jika saat ini kita melalukan pendaftaran baru Google Apps Standar yang gratis, Google secara otomatis akan mengarahkan ke Google Apps for Business yang berbayar. Dengan Google Apps for Business kita diharuskan membayar US$ 50 per pengguna setiap tahunnya. Untuk nilai tersebut, kita akan mendapatkan inbox Gmail 25GB, dukungan telepon 24/7, dan jaminan uptime 99,9%. Dan tentunya fitur Google Apps lain seperti Drive, Calendar, Docs, Sheet, dan Slides, Sites dan Vault.

Google Apps for Government dan Google Apps for Education

Versi Google Apps lain seperti Google Apps for Government tetap dikenakan biaya US$ 50 per pengguna per tahun. Sedangkan pada Google Apps for Education, layanan ini tetap gratis bagi sekolah dan universitas.

Bagi anda yang ingin menggunakan Google Apps for Education, anda harus menggunakan domain edu yang merupakan domain sekolah dan universitas untuk pendaftarannya. Tapi kelihatannya domain org bisa juga digunakan untuk mendaftar Google Apps for Education ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *