Cara Melawan Penggertak Di Internet

Cara Melawan Penggertak di Internet

Apakah anak harus lebih dilindungi di jejaring sosial?
Izzy dix, rehtaeh parsons, hannah smith adalah sebagian kecil dari banyaknya anak yang pada taun 2013 lalu melakukan aksi bunuh diri karena menjadi korban bully di internet.

Dan semakin hari masalah seperti ini semakin bertambah parah, laporan yang didapat dari badan amal Inggris, nspcc menyebutkan bahwa satu dari lima orang anak menjadi korban para pengganggu di internet. Para pelaku melakukan aksinya dengan cara mengirimkan pesan-pesan pelecehan kepada siapapun yang tidak mereka sukai karena masalah pribadi, dan para pelaku kriminal dunia maya ini semakin hari semakin bertambah banyak.

Menurut coordinator nasional untuk aliansi  anti pengganggu Inggris, Luke Robert mengungkapkan bahwa mengganggu orang di internet memiliki dampak yang lebih buruk jika dibandingkan dengan kesehatan mental dan bentuk gangguna lainnya.

Menurut para ahli menyebarkan berita bohong, mengirimkan ataupun meneruskan pesan dengan nada mengejek melalui jejaring sosial, mempublikasikan foto tanpa izin dan menipu orang lain adalah merupakan definisi dari gangguan di internet.

Karthik dinakar adalah salah satu korban bullying yang merupakan seorang kutu buku dan berbeda dari teman-teman lainnya. Ia mengaku sangat sulit dan menyakitkan untuk melewati masa-masa sekolah menengahnya dulu.

Dan tak lama setelah dirinya bergabung dengan universitas mit sebegai peniliti di software agent group ada seorang remaja yang melompat dari jembatan di New Jersey karena adanya komentar-komentar yang menjatuhkan dirinya di media sosial. Dengan adanya insiden tersebut, dinakar memiliki tekad yang besar untuk membantu para korban bullying.

Di bawah ini adalah Cara Melawan Penggertak Di Internet yaitu poin-poin yang bisa anda jadikan acuan untuk remaja dan anak-anak yang menjadi korban gangguan di media sosial :

Cara Melawan Penggertak Di Internet

  1. Lebih mengenali diri dan jangan terlalu dipikirkan
  2. Jangan mudah memberikan informasi pribadi tentang anda taupun teman anda
  3. Selalu hati-hati menulis apapun juga di media sosial
  4. Mengetahui cara melaporkan dan memblokir orang
  5. Hindari berkomentar/mmebagi foto yang kurang baik
  6. Jika ada yang mengganggu,bicara dengan ornag yang dipercaya saja
  7. Simpan bukti-bukti gangguan online yang anda alami
  8. Hubungi polisi jika anda merasa bingung

Dan pada situs mikroblog twitter juga menyarankan untuk siapa saja yang merasa terganggu dengan perlakuakn tidak menyenangkan dan pelecehan di twitter untuk menggunakan tombol “laporkan kicauan.

Pihak twitter menyatakan bahwa mereka tidak bisa menghentikan orang-orang yang selalu menyakiti ornag lain di internet dan twitter. Namun mereka akan melakukan tindakan saat konten yang dilaporkan melanggar ataupun illegal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *