Tips Berhemat Untuk Ibu Rumah Tangga

Peran ibu rumah tangga dalam keluarga sangat penting dan tidak dapat dipandang sebelah mata. Ibu rumah tangga bertugas untuk mengatur keuangan keluarga, khususnya dalam hal pengeluaran sehari-hari. Salah dalam mengatur pengeluaran akan berdampak buruk bagi kondisi keuangan keluarga. Namun sebaliknya jika ibu rumah tangga mampu mengelola keuangan keluarga dengan baik, maka kebutuhan bulanan akan dapat terpenuhi dengan baik.

Beberapa tips berhemat berikut mungkin bisa dilakukan oleh para wanita yang baru menjadi ibu rumah tangga, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari:

  • Mulai memanfaatkan lahan kosong di halaman rumah. Kenaikan harga BBM membuat harga makanan dan bahan masakan melambung tinggi. Dengan menanam berbagai aneka bumbu dapur di rumah, setidaknya anda dapat menghemat sebagian pengeluaran bulanan.
  • Melakukan perbandingan harga antara beberapa penjual. Ibu rumah tangga pada umumnya sangat teliti dalam melakukan hal ini untuk mendapatkan harga terbaik. Dengan metode belanja seperti ini, anda dapat menghemat pengeluaran bulanan.
  • Bawa uang secukupnya. Ketika anda pergi ke supermarket ataupun pasar, biasanya ada banyak sekali barang bagus yang dapat mengalihkan perhatian anda. Dengan membawa uang secukupnya, anda akan tetap fokus untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan saja, dan akan mengabaikan barang-barang lain yang tidak perlu.

Nah itulah beberapa tips berhemat untuk para ibu rumah tangga. Pembelanjaan yang cerdas dan tepat sasaran dapat menghemat pengeluaran bulanan keluarga anda.

Comments(2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *