Belanja Hemat Adalah Cara Mengelola Keuangan Keluarga Bagi Para Ibu Rumah Tangga

Para ibu rumah tangga bisa dibilang adalah bendahara rumah tangga yang tugasnya mengatur uang di keluarga. Jika Anda, para ibu, tidak dapat mengaturnya dengan baik, maka tentu saja keuangan akan menjadi kedodoran dan masalah akan muncul. Salah satu cara mengelola keuangan keluarga dengan baik adalah dengan mengatur jatah uang belanja bulanan yang diterima.

Bagaimana tips mengelola keuangan keluarga melalui belanja bulanan bisa dilakukan? Anda bisa memulai dengan menghemat belanja setiap bulannya, dengan cara:

1. Menyiapkan daftar belanja

Catat hal-hal penting apa saja yang Anda butuhkan saat berbelanja sehingga Anda tidak tergoda untuk membeli yang tidak perlu, sementara kebutuhan pokok malah terlupakan.

2. Bawa uang tunai secukupnya

Membawa uang tunai akan membantu Anda untuk tidak membeli lebih dari yang dibutuhkan, sehingga Anda tidak menghabiskan uang yang percuma.

3. Catat pengeluaran

Setelah selesai belanja, segera catat pengeluaran dan nota yang diterima, dan masukkan di dalam buku khusus, sehingga keuangan bisa dipantau.

4. Asal Gesek? Jangan!

Sebisa mungkin hindari membayar menggunakan kartu kredit dengan bunga yang tinggi. Lebih baik gunakan uang tunai saja.

Dengan melakukan kebiasaan belanja bulanan yang baik, maka para ibu sudah selangkah lebih dekat dalam melakukan cara mengelola keuangan keluarga dengan baik. Anda tidak membuat pengeluaran yang tidak perlu, tetap mendapatkan hal yang dibutuhkan, dan tentu saja, recehan yang diterima bisa digunakan untuk menabung. Meski jumlahnya tidak seberapa, hal itu bisa sangat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 6 = 8