Pindah Domain, propagasi domain & Resolve DNS dengan cepat

Pindah Domain, propagasi domain & Resolve DNS dengan cepat

Pindah Domain kadang menjadi momok bagi beberapa teman. Hal itu dikarenakan ada propagasi domain atau resolve DNS. Propagasi domain adalah jeda waktu yang dibutuhkan untuk nama domain agar dapat terarahkan kepada server / hosting. Lamanya masa propagasi bervariasi tergantung dari banyak faktor, yaitu antara lain umur domain, respon dari registar, respon dari Internet Provider. Pada saat propagasi inilah mengakibatkan web/blog tersebut tidak dapat diakses, atau kadang bisa diakses kadang tidak.

Pada domain baru yang belum pernah di pakai, proses propagasi ini akan berlangsung cepat. Hal ini dikarenakan registar domain,  baru pertama kali mengarahkan domain tersebut ke server/hosting kita. Sedangkan, untuk domain yang telah berumur cukup lama, maka proses propagasi akan lama juga.

Pindah Domain, propagasi domain & Resolve DNS

DNS yang berfungsi sebagai perubah dan penterjemah IP Address menjadi Domain Name sehingga kita tidak perlu direpotkan lagi untuk mengakses suatu web/blog, mempunyai cache yang berfungsi untuk mempercepat akses. Setiap internet provider mempunyai DNS ini. Settingan refresh DNS dari tiap-tiap provider berbeda-beda dan mempunyai jangka waktu yang berbeda-beda pula.

Cara mempercepat Refresh DNS

Refresh DNS di Microsoft Windows
ipconfig /flushdns

Refresh DNS di Mac OS
lookupd -flushcache

Refresh DNS di Mac OS Leopard
dscacheutil –flushcache

Refresh DNS di Linux
/etc/rc.d/init.d/nscd restart

Penggunaan DNS alternatif seperti google dns, pada beberapa kasus merupakan solusi masalah ini. DNS alternarif tersebut kadang mempunyai refresh dan flush DNS lebih sering dibanding dengan DNS dari internet provider kita.

Pindah Domain, propagasi domain & Resolve DNS dengan Cepat

Sekarang mari kita kembali ke permasalahan pindah domain yang menjadi momok bagi sebagian orang karena ada proses propagasi yang menyebabkan web/blog tidak bisa di akses.

Kalau boleh aku bertanya pada anda, apa sebab pindah domain ini ? Ada apa dengan hosting yang lama ? Dan yang paling penting, apakah hosting yang lama masih hidup ?

Jika hosting yang lama masih hidup inilah kesempatan kita untuk berpindahan domain dengan cepat tanpa menunggu propagasi domain dan Resolve DNS !

Teorinya, kita nantinya akan tetap mengganti NS domain lewat domain manager, tapi kita juga melakukan redirect domain melalui control panel hosting yang lama. Jika pindahan hosting dengan mengganti NS domain melalui domain manager akan memerlukan waktu sekitar 3 hari untuk benar-benar sinkron, maka jika menggunakan redirect domain dari control panel ini cuma membutuhkan waktu sinkron dalam hitungan menit saja.

Cara Pindah Domain, propagasi domain & Resolve DNS dengan Cepat

Untuk melakukan redirect domain yang seperti kutulis di atas, kita menggunakan fasilitas “Advanced DNS Zone editor” di control panel hosting.

Pada tenggang waktu terjadinya propagasi domain dan  Resolve DNS tersebut, para visitor blog/web yang datang ada kemungkinan sudah terjadi sinkron NS baru dan ada yang belum sinkron NS baru. Bagi visitor yang belum sinkron ke NS baru dan masuk ke NS lama, akan di redirect ke NS baru oleh control panel NS lama.

Di gambar di atas ditunjukkan bahwa pada settingan “Advanced DNS Zone Record” telah di arahkan ke IP Address NS baru dengan menggunakan Zone Record.

Dan sebelumnya, jangan lupa juga siapkan dan pindah file dan database dari domain kita yang ada di server/ hosting lama ke server/ hosting baru kita. Cara pemindahan file dan database tersebut seperti cara biasannya.

Cara sederhana ini semoga dapat membantu bagi mereka yang takut untuk pindah domain. Selamat Pindah Domain, propagasi domain & Resolve DNS dengan cepat

 

Comments(16)
  1. Amri
  2. Registery
  3. Bisida
  4. sodasusudotcom
  5. askep
  6. Hipni Rohman
  7. uBe
  8. ipan ripai
  9. ariefew
  10. ariefew
  11. ariefew
  12. ariefew
  13. Hendy
  14. sayyid
  15. emisnaini76
  16. ariefew

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + = 9