Kenapa Banyak Hosting Melarang Iklan Baris Pakai WordPress ?

Di postingan sebelumnya tentang Install & Setting TDO Mini Forms (tdomf) WordPress Plugin untuk Iklan Baris telah kusebutkan bahwa pemakaian plugin ini untuk dijadikan iklan baris akan terasa berat, sehingga banyak yang menyebabkan load server yang tinggi.

Load server yang tinggi tersebut dikarenakan banyaknya postingan secara otomatis dari berbagai asal yang posting di website tersebut. Belum lagi dengan adanya ping otomatis dan submit sitemap ke webmaster yang secara otomatis juga.

Kalau kita perhatikan pada penyedia hosting yang ada di sini banyak yang mengeluarkan TOS yang melarang penggunaan iklan baris dengan engine wordpress. Hal tersebut memang dapat kita maklumi karena jika pada suatu share hosting ada suatu website yang mengalami load yang tinggi, maka semua website yang ada dalam share hosting tersebut akan down semua.

Sebenarnya kalau kita ambil secara umum tidak hanya iklan baris engine wordpress saja yang mempunyai load tinggi. Semua website yang mempunyai postingan yang banyak, sering publish post, penggunaan plugin-plugin seo untuk ping / submit, crawl yang terlalu sering datang, gambar / image yang terlalu banyak dan besar dalam suatu tampilan, penggunaan animasi, bahkan visitor yang tinggi dalam waktu yang bersamaan juga dapat menyebabkan load yang tinggi juga.

Pemilihan hosting yang tepat

Secara logika, jika ada suatu hosting yang menerapkan TOS melarang pemakaian engine wordpress untuk iklan baris, hal tersebut harus dipertanyakan juga tentang “kekuatan” hosting tersebut untuk loading multiuser. Suatu website dinamis tentu akan update terus menerus. Baik itu website menggunakan engine wordpress atau joomla atau lainnya. Apakah hosting yang mengeluarkan TOS tersebut, hanya untuk website statis saja ?

WordPress memang membutuhkan memory dan kinerja server yang lebih besar dari engine-engine lainnya. Suatu server hosting yang mempunyai memory RAM 4 GB tentu akan berbeda dengan server hosting yang mempunyai memory RAM 8 GB. Jumlah server pada suatu hosting juga mempengaruhi masalah ini. Lokasi server / tracert / jalur data juga mempengaruhi masalah ini. Jadi secara gak langsung kinerja dari suatu hosting juga mempengaruhi “kekuatan” untuk menjalankan website dinamis khususnya iklan baris menggunakan wordpress yang di “katakan” memberatkan ini.

WordPress.org sendiri mereferensikan beberapa main hosts seperti:

  • Bluehost
    domain hosting Bluehost
  • HostMonster
    domain hosting hostmonster
  • Justhost
  • hostpapa
    domain hosting hostpapa
  • webhostingpad
    domain hosting webhostingpad
  • Hostgator
    domain hosting hostgator

Tetapi rata-rata hosting tersebut, hanya mengeluarkan paket-paket yang besar dengan harga yang lumayan mahal. Dan harga tersebut akan menjadi lebih murah jika kita mengambil paket tersebut dalam 3 tahun sekaligus.

Untuk Reseller Host dari hostgator dapat anda lihat DISINI, dan pilih paket di tawarkan.

Setting untuk me-reduce website iklan baris

Selain pemilihan hosting yang tepat, kita juga harus memperhatikan website iklan baris kita, terutama pada plugins yang kita pasang. misal :

  • Tidak menjadikan satu / memisah suatu website iklan baris tidak dalam satu account hosting dengan website iklan baris lainnya atau website yang berat lainnya.
  • Tidak menggunakan image / gambar / animasi dalam hosting tersebut. Jika tetap menggunakan, hosting saja di luar hosting tersebut.
  • Tidak menggunakan web analystic internal, gunakan saja analystic external seperti google analystic, histats, extremetracking atau lainnya.
  • Tidak menggunakan plugin link otomatis seperti smart link. Jika tetap ingin menggunakan, jangan setting link otomatis ke tags
  • Membatasi unregistered post di plugin tdomf seperti membatasi spam, pemakaian captcha pada post, membatasi suatu IP untuk posting berulang-ulang, membatasi suatu unregistered user untuk posting berulang-ulang.
  • Setting SEO plugin secara tepat
  • Penutupan comment, karena hal ini tidak diperlukan dalam suatu iklan baris

Dikarenakan kita sendiri yang tahu tentang “kekuatan” dari hosting kita yang memuat website iklan baris kita, maka settingan di atas tidak mutlak semua dilakukan. Tetapi pengecekan server load dari hosting wajib kita lakukan secara berkala untuk menghindari suspended dari admin hosts.

Comments(29)
  1. raiderhost
  2. Deddy Anwari
  3. ariefew
  4. kank_ripay
  5. ariefew
  6. why.itgo.com
  7. ariefew
  8. why.itgo.com
  9. ariefew
  10. Hari
  11. rajaklik
  12. Badru
  13. ariefew
  14. Tom
  15. ariefew
  16. Ferri
  17. Tri miarso
  18. Klaten Host.com
  19. afit
  20. 3Fortune
  21. Asep Komar
  22. Alexa
  23. Kursi Tamu
  24. Toko Furniture Jepara.com
  25. Indo Iklan Baris
  26. lemari kayu
  27. pasang iklan gratis
  28. Lidya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *