MSI N680GTX Lightning Kartu Grafis Spesifikasi kinerja Tinggi

MSI N680GTX Lightning Kartu Grafis Spesifikasi kinerja Tinggi

Bagi pecinta game atau pengolah gambar atau pembuat animasi, pasti sangat membutuhkan suatu kartu grafis yang mempunyai kinerja tinggi. Dan jika anda membutuhkan kartu grafis dengan spesifikasi tinggi dan kinerja tinggi pula, MSI N680GTX Lightning bisa menjadi pilihan anda.

MSI N680GTX Lightning ini adalah kartu grafis yang memiliki kinerja yang sangat tinggi. Selain kinerjanya yang tinggi, sistem pendinginnya pun sangat baik, menjadikan kartu grafis ini hampir sempurna. Sayang, peletakkan GPU Reactor yang mengganggu, serta harga yang sangat tinggi memberikan poin minus.

MSI N680GTX Lightning Kartu Grafis Spesifikasi kinerja Tinggi

Kartu grafis MSI N680GTX Lightning merupakan salah satu kartu grafis paling atas yang dikeluarkan oleh MSI saat ini. Secara penampilan, kartu grafis GeForce GTX 680 ini terlihat sangat keren dengan fisik yang sangat besar. Panjang dari MSI N680GTX Lightning ini sama dengan ukuran lebar motherboard ATX pada umumnya.

MSI N680GTX Lightning dilengkapi dengan pendingin Twin Frozr, yaitu sebuah sistem pendingin khas yang sering digunakan MSI pada para kartu grafis kelas atasnya. Twin Frozr ini mempunyai keunikan yaitu dua buah kipasnya akan berputar secara terbalik selama sekitar 30 detik ketika baru dinyalakan dengan tujuan untuk membantu melepaskan debu yang menempel pada bilah kipas. Di bawah dua buah kipas itu ada heatsink aluminium yang berukuran cukup tebal serta beberapa heatpipe berbahan tembaga. Deng tampilan yang sangat besar ini, MSI N680GTX Lightning membutuhkan slot tambahan pada saat pemasangannya.

MSI N680GTX Lightning juga dilengkapi dengan GPU Reactor, yang merupakan teknologi dari MSI yang berfungsi untuk menstabilkan arus, meminimalkan ripple, dan bisa menghemat konsumsi daya. Ukuran GPU Reactor yang cukup besar ini berpotensi bertabrakan dengan pendingin chipset pada motherboard. Maka, pastikan dulu motherboard kita miliki mempunyai ruang yang cukup di sekitar area slot PCI-Expressnya.

Spesifikasi MSI N680GTX Lightning

MSI N680GTX Lightning memiliki kecepatan akselerator 1110 MHz yang mana kecepatan tersebut telah ditingkatkan dari kecepatan referensi yaitu 1006MHz. Memori lokal MSI N680GTX Lightning yang sebesar 2GB GDDR5 dengan lebar jalur 256bit, tetap pada kecepatan referensi, yaitu 3000 MHz (efektif 6000 MHz). Pada jalur output, MSI menyediakan empat buah pilihan yaitu dua buah port DVI, satu buah port HDMI, dan satu buah port DisplayPort.

Kinerja Tinggi MSI N680GTX Lightning

Kartu grafis MSI N680GTX Lightning ini bisa dibilang termasuk yang tertinggi saat ini. Bermodalkan akselerator Nvidia GeForce GTX 680 yang telah di-overclock, ia mampu memberikan kinerja yang sangat baik dengan frame rate yang sangat tinggi pula.

Twin Frozr yang digunakan pada MSI N680GTX Lightning bekerja dengan sangat baik. Pendingin ini mampu menjaga suhu kartu grafis tetap stabil walaupun dalam penggunaan berat. Selama beroperasi, kipasnya juga tetap hening, walaupun suaranya cukup terdengar pada saat kipasnya berputar terbalik. Secara umum, sangat memuaskan.

Harga MSI N680GTX Lightning

Dengan kinerja tinggi tersebut, tentunya ditebus juga dengan harga yang cukup tinggi juga. MSI N680GTX Lightning saat ini dibandrol dengan harga Rp. 6.500.000,-. Sangat mahal jika dibanding dengan kartu grafis merek lain dengan chipset yang sama kecuali produk keluaran Gigbyte dan tentunya juga lebih murah jika dibanding dengan kartu grafis yang menggunakan chipset GTX 690 yang berharga di atas 10 juta.

Jika anda butuh kartu Grafis dengan spesifikasi dan kinerja Tinggi dan budgetnya mencukupi, maka bisa memilih MSI N680GTX Lightning

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *