Windows Phone Ungguli BlackBerry Secara Global di Q1 2013

Windows Phone Ungguli BlackBerry Secara Global di Q1 2013

Imbas dari penurunan kualitas layanan BlackBerry Messenger akhir-akhir ini, serta rumor tentang BBM tersedia untuk Android dan iOS, sepertinya berdampak pada jumlah penjualan BlackBerry di awal tahun 2013 ini. Bahkan saat ini, jumlah penjualan BlackBerry sudah diungguli oleh Windows Phone terutama Nokia dengan seri Lumia.

Munculnya BBM Channels dan rencana BBM untuk Android dan IOS, tidak membuat pihak BlackBerry memperbaiki kualisat BBM ityu sendiri. Bahkan saat ini BlackBerry lagi gencar-gencarnya berpromosi BlackBerry Z10, BlackBerry Q10 dan BlackBerry Q5 yang akan segera diluncurkan.

Windows Phone Ungguli BlackBerry Secara Global di Q1 2013

Berdasarkan riset International Data Corporation (IDC) Worldwide Quaterly Mobile Phone Tracker, total pengapalan smartphone di kuartal I 2013 naik 41,6% menjadi 216,2 juta unit dari 152,7 juta unit di kuartal I 2012.

IDC juga menyebutkan pengapalan Windows Phone secara global pada kuartal I pada tahun 2013 mulai merangkak naik 133,3% menjadi 7 juta unit dari 3 juta unit di kuartal I 2012. Pangsa pasar Windows Phone juga naik menjadi 3,2%, sehingga Windows Phone berada di posisi tiga besar pengapalan smartphone dunia di kuartal I tahun 2013.

Dari angka-angka di atas jelas terlihat kalau Windows Phone di dunia pada kuartal I 2013 berada dibawah Android dan iOS serta telah mengungguli BlackBerry.

Kenaikan pangsa pasar Windows Phone juga tak lepas dari imbas meningkatnya permintaan OS alternatif selain Android, iOS dan BlackBerry. Dan banyak pihak yang memprediksi bahwa naiknya jumlah penualan smartphone berbasis Windows Phone adalah efek dari berpalingnya pemakai BlackBerry yang mulai kecewa dengan layanan perangkat tersebut.

Secara Global di Q1 2013, Windows Phone Ungguli BlackBerry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *