Tips Menyelamatkan Handphone Yang Terendam Air

Tips Menyelamatkan Handphone Yang Terendam Air

Terkadang suatu ketika mungkin kita mengalami handphone kita terjatuh dan terendam di dalam air, bila hal tersebut terjadi maka ada beberapa tips menyelamatkan handphone yang terendam air agar tak rusak. Berikut ini ada beberapa langkah – langkah yang harus dilakukan agar handphone tak mengalami kerusakan yang cukup parah.

Tips Menyelamatkan Handphone Yang Terendam Air

Segera ambil hanphone dari dalam air

Langkah ini merupakan langkah pertama yang harus dilakukan agar handphone tidak terjadi konsleting pada komponen – komponennya. Sesegera mungkin ambil handphone yang terendam itu serta hindari untuk menyalakannya, biarkan handphone dalam keadaan mati.

Lepas cover handphone dan baterai

Langkah kedua yaitu melepas semua bagian cover handphone untuk mengeringkan bagian dalam dan kemudian melepaskan baterai yang tersambung pada handphone walaupun handphone dalam keadaan mati. Hal itu disebabkan meski handphone mati tapi aliran listrik dari baterai tetap tersambung sehingga hal tersebut untuk menghindari konsleting.

Lepas kartu SIM serta memori card

Kartu SIM maupun memori terkadang menyimpan data dan informasi yang sangat penting dari handphone itu sendiri, untuk menghindari hilangnya data  yang tak diinginkan maka lepaskan kedua kartu itu dari handphone.
Lap dan keringkan handphone menggunakan kain lembut

Keringkan handphone yang terendam air dengan kain lembut  di bagian luar dan dalam handphone secara menyeluruh. Pastikan untuk tak menggerak-gerakan handphone agar air tak semakin menyebar.

Sedot air yang tersisa menggunakan vacum cleaner

Vacuum cleaner dapat membantu mengeringkan handphone dengan cepat tapi jangan mengarahkan corong vacuum cleaner terlalu dekat dengan handphone sebab dapat merusak handphone. Dan jangan memakai pengering rambut sebab itu akan membuat lembab handphone yang bisa berpotensi membuat parah kerusakan handphone.

Gunakan bahan penyerap air misalnya silika gel

Silica gel dapat membantu menyerap kandungan air yang tersisa dalam handphone. Biarkan handphone yang telah di bersihkan tadi dalam silika gel selama semalam agar membantu menyerap air yang tersisa. Setelah semua langkah diatas dilakukan maka handphone dapat dicoba dihidupkan kembali.

Demikian beberapa tips dapat anda lakukan bila tiba-tiba handphone tak sengaja terendam dalam airh, semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *