3 Tips Membeli Memory Card Khusus Untuk Smartphone

3 Tips Membeli Memory Card Khusus Untuk Smartphone

Memory Card merupakan suatu kartu memory yang berguna untuk menyimpan data entah itu video, foto, musik dan sebagainya. Dibalik keistimewaan dari Memory Card, sebenarnya Memory Card dapat mempengaruhi kinerja dari smartphone jika memang memory card tersebut memiliki kualitas yang kurang bagus.

Ketika Anda sedang membeli SD Card, ada 3 tips membeli memory card khusus untuk smartphone hal yang harus anda perhatikan yaitu sebagai berikut :

3 Tips Membeli Memory Card Khusus Untuk Smartphone

Ukuran Fisik

Dalam memory card terdapat 3 jenis ukuran, yang pertama SD Card, dimulai dari yang berukuran 32 x 24mm yang biasa digunakan pada perekam video (handycam), perekam suara, kamera digital, dan segala produk yang sejenisnya. Yang kedua, SD yang berukuran 21,5 x 20mm yang biasa dipergunakan pada smartphone dan terakhir Micro SD yang berukuran 11 x 15mm. Jika anda menginginkan ukuran fisik yang lebih besar, maka anda harus menggunakan adaptor SD Card yang dapat anda peroleh pada saat anda membeli mini / micro SD di kounter terdekat.

Kapasitas Penyimpanan Data

Jika anda memperhatikan penyimpanan datanya, maka terdapat 3 jenis kartu diantaranya dalah SD, SDHC (High Capacity) dan SDXC (Extended Capacity). Pada tahun 1999 SD Card dapat menyimpan suatu data hingga mencapai 2 GB dengan memakai format FAT-12 atau FAT-16 kemudian untuk tahun 2006 ketika pada saat itu konsumen sangat membutuhkan kapasitas yang lebih besar lagi, maka akhirnya diperkenalkannya lah kartu SDHC dengan berkapasitas tinggi yang mampu untuk menyimpan data hingga mencapai 32GB dengan format FAT-32. Setelah itu seiting berjalannya waktu, tepatnya pada tahun 2009 muncul kartu SDXC yang mampu menyimpan data hingga mencapai 2TB (terabyte) dengan menggunakan format dari Microsoft yaitu ExFAT (Extended File Allocation Table). Seiring perkembangan teknologi, akhirnya Apple mampu mendukung ExFAT dengan Mac OS X 10.6.5 (Snow Leopadard) sehingga Exfat dapat menjadi pilihan yang terbaik yang berfungsi untuk berbagi penyimpanan atau mentransfer data yang berukuruan besar.

Kecepatan Memory Card

Jika dilihat lebih mendalam, sebearnya SD Card memiliki kelas yang berbeda-beda. Untuk kecepatan SD Card kelas 2 berkecepatan sebesar 2MBps, kelas 4 sebesar 4MBps, kelas 6 sebesar 6Mbps dan kelas 10 sebesar 10MBps atau lebih. Dalam hal ini kecepatan kartu dilihat dari segi kecepatan mentransfer data, seperti 45MB / s atau 90MB/s. Untuk lebih jelasnya lihat tabel di bawah ini :

Jika anda perhatikan dengan seksama, rating pada tabel diatas, menunjukkan bahwa kecepatan minimumnya, cara untuk mengetahui kinerja kartu memory tersebut adalah dengan cara menjalankan tes benchmark.

Comments (1)
  1. EDDY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *