Tips Keamanan BlackBerry 10, BlackBerry Z10 & BlackBerry Q10

Tips Keamanan BlackBerry 10, BlackBerry Z10 & BlackBerry Q10

BlackBerry baru saja merilis BlackBerry Z10 di Indonesia, dimana smartphone ini hadir dengan menggunakan sistem operasi BlackBerry 10 baru. Selain BlackBerry Z10, BlackBerry juga akan segera menghadirkan smartphone BlackBerry 10 lainnya yang bernama BlackBerry Q10.

Tips Keamanan BlackBerry 10, BlackBerry Z10 & BlackBerry Q10

Dan untuk keamanan dari BalckBerry Z10 dan BlackBerry Q10 ini, ada 5 tips keamanan yang bisa membantu anda, yaitu :

Device Password

Jika anda mempunyai data-data pribadi yang bersifat penting dan rahasia pada perangkat BlackBerry 10 anda, ada baiknya anda melindungi perangkan BlackBerry 10 anda dengan password.

Cara mengaktifkan perlindungan password:

  • Pada tampilan home screen, swipe ke bawah dari atas layar
  • Pilih Setting -> Security and Privacy -> Device Password
  • Set Device Password ke On dan masukan password yang anda inginkan

Tampilkan Pesan di Layar Lock Screen

Anda bisa menampilkan pesan pada tampilan lock screen, pesan ini bisa berguna jika anda kehilangan perangkat BlackBerry 10 anda. Sebagai contoh, anda bisa menuliskan nama anda dan juga nomor telepon yang bisa dihubungi, dan jika perangkat BlackBerry 10 anda tertinggal atau hilang orang yang menemukannya bisa langsung menghubungi anda.

Untuk membuat pesan pada tampilan lock screen:

  • Pada tampilan home screen, swipe ke bawah dari atas layar
  • Pilih Setting -> Display
  • Anda bisa merubah pesan melalui pilihan “Message displayed on locked screen”
  • Tap Back untuk menyimpan pesan anda.

BlackBerry Protect

Dengan fitur BlackBerry Protect anda bisa mengunci perangkat, menghapus semua data, membunyikan alarm secara remote, dan bisa juga mengetahui keberadaan perangkat BlackBerry 10 anda yang hilang. Fitur ini sangat penting, jadi anda harus mengaktifkan BlackBerry Protect ini di perangkat ini.

Cara mengaktifkan BlackBerry Protect:

  • Pada tampilan home screen, swipe ke bawah dari atas layar
  • Pilih Setting -> BlackBerry Protect
  • Set BlackBerry Protect ke On
  • Tap Back untuk menyimpan perubahan yang anda lakukan

Update Password

Seperti yang telah disebutkan di atas jika anda mempunyai data-data penting dan rahasia di perangkat BlackBerry 10 anda, maka anda harus melindungi perangkat BlackBerry 10 anda dengan password. Dan yang lebih bagus lagi jika anda secara berkala mengganti password BlackBerry 10 anda, bisa sebulan sekali, dua bulan sekali, tiga bulan sekali, atau terserah anda. Anda bisa menggunakan calender untuk mengingatkan anda mengganti password.

Selain mengganti password perangkat BlackBerry 10 anda, ada baiknya anda juga secara berkala mengganti password akun email, akun Facebook, akun Twitter, aplikasi, layanan, dan lainnya yang anda anggap penting. Dan jangan lupa untuk mengingat setiap penggantian password.

Media Card Encryption

Fitur Media Card Encryption bisa anda gunakan jika anda menyimpan data-data yang penting dan rahasia pada media card (kartu microSD). Dengan Media Card Encryption ini, media card hanya bisa digunakan pada perangkat BlackBerry 10 anda saja, jika anda menggunakannya di smartphone lain konten yang ada pada media card ini tidak akan bisa terbaca.

Note: Media card yang telah terenkripsi menggunakan Media Card Encryption tidak akan bisa terbaca lagi jika anda memformat ulang perangkat BlackBerry 10 anda. Jadi sebelum memformat ulang BlackBerry 10, anda harus menonaktifkan Media Card Encryption terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkan/menonaktifkan Media Card Encryption:

  • Pada tampilan home screen, swipe ke bawah dari atas layar
  • Pilih Setting -> Security and Privacy -> Encryption
  • Anda bisa mengatur Media Card Encryption On atau Off.

Tips Keamanan BlackBerry 10, BlackBerry Z10 & BlackBerry Q10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *