Samsung Kalahkan Nokia di Penjualan

Samsung Kalahkan Nokia di Penjualan

Telah hadir statistik terbaru untuk smartphone pada kuartal 4 di tahun 2012 dari salah satu lembaga Survery Gartner dimana pada statistik ini bahwa perangkat android telah menguasai pasar smartphone secara keseluruhan dengan 70 persen pangsa pasar yang diraihnya. Tetapi bagaimana dengan pangsa pasar smartphone secara keseluruhan untuk penjualannya ? Diketahui bahwa pihak Gartner telah membuat sebuah statistik perihal penjualan beberapa ponsel ternama sepanjang tahun 2012 yang lalu.

Samsung Kalahkan Nokia di Penjualan

Sebagaimana diketahui bahwa pada tahun 2012 yang lalu terdapat beberapa ponsel yang dapat terjual hingga mencapai 1,75 miliar unit dan ada pula yang turun hingga 1,7 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni pada tahun 2011. Dimana hal ini dapat diartikan bahwa untuk pertama kali semenjak tahun 2009 bahwa jumlah ponsel yang terjual menurun dan ponsel yang menurun adalah pada penjualan ponsel yang bukan ponsel smartphone dikarenakan meningkatnya smartphone yang dihadirkan atau dirilis oleh para vendor baik dari kalangan atas sampai dengan kalangan bawah.

Pada tahun 2012 kembali vendor Samsung menduduki peringkat teratas atau pertama dan tetap menggeser vendor Nokia yang pernah menduduki vendor teratas beberapa waktu silam yang lalu. Vendor Samsung yang menduduki posisi teratas dengan pangsa pasar yang didapat sebesar 22 persen dan untuk vendor Nokia turun ke posisis kedua dengan pangsa pasar yang didapat sebesar 19.1 persen. Sementara itu untuk nilai penjualan ponsel dari vendor Samsung yakni naik 22 persen dan vendor Nokia turun 21 persen.

Selain itu posisi ketiga diduduki oleh vendor Apple dengan pangsa pasar yang didapat sebesar 7,5 persen yang merupakan kesuksesan yang cukup baik dimana pihak Apple merilis sebuah perangkat terbaru mereka yakni iPhone hanya dalam waktu satu tahun sekali. Kemudian disusul dengan beberapa vendor lainnya seperti diantaranya adalah ZTE (3,9 persen), LG Electronics yang bertukar posisi dengan ZTE (3,3 persen), Huawei (2,7 persen), TCL Communication (2,1 persen), RIM (2 persen), Motorola (1,9 persen) dan HTC (1,8 persen).

Dan untuk vendor yang memiliki kenaikan terbesar dari jumlah penjualan tiap unit dari perangkat mereka adalah Apple (naik 46 persen), Samsung (naik 22 persen), ZTE (naik 17 persen), Huawei (naik 17 persen) dan TCL (naik 9 persen). Sedangkan untuk jumlah penjualan tiap unit yang menurun dan terburuk adalah dialami oleh RIM (turun 33 persen), LG (turun 32 persen), HTC (turun 26 persen), Nokia (turun 21 persen) dan Motorola (turun 15 persen).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.