RIM Luncurkan Blackberry 10 dan Ganti Nama Jadi Blackberry

RIM Luncurkan Blackberry 10 dan Ganti Nama Jadi Blackberry

Perusahaan yang dulunya kita kenal dengan nama Research in Motion (RIM) ini pada Rabu (30/1) petang di Inggris atau pukul 22:00 WIB, telah meluncurkan sistem operasi terbarunya yaitu BlackBerry 10. Dikesempatan ini, perusahaan Research In Motion (RIM) juga mengganti namanya menjadi BlackBerry saja.

RIM Luncurkan Blackberry 10 dan Ganti Nama Jadi Blackberry

CEO BlackBerry Thorsten Heins, mengatakan, ponsel dengan sistem operasi BlackBerry 10 yang merupakan sistem operasi yang benar-benar baru ini akan memberi pengalaman berselancar internet yang cepat dan terintegrasi dengan media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn. BlackBerry 10 ini juga tidak memerlukan paket BIS seperti BlackBerry versi sebelumnya.

Jika BlackBerry 10 dianalogikan sebagai mobil, ia adalah mobil yang didesain mulai dari nol. Kerangkanya didesain baru, begitu juga dengan mesin dan segala sesuatu yang ada di dalamnya. Jadi, BlackBerry 10 bukan sekadar mobil dengan desain body baru yang dilapisi dengan cat baru.

Sistem Operasi BlackBerry 10

Berbeda dengan sistem operasi BlackBerry versi OS 7 dan di bawahnya, BlackBerry 10 dibangun di atas inti program (kernel) QNX. Kernel ini juga digunakan dalam industri otomotif, pembangkit nuklir hingga pesawat militer.

BlackBerry telah mengakuisisi QNX Software Systems yang dibeli dari Harman International Industries Inc sebesar 200 juta dollar AS pada 2010 lalu.

BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10

Pada kesempatan yang sama, BlackBerry juga memperkenalkan 2 ponsel yang berjalan dengan BlackBerry 10, yaitu BlackBerry Z10 yang mengusung model layar sentuh penuh dan BlackBerry Q10 dengan model keypad fisik QWERTY.

BlackBerry Z10 adalah BlackBerry 10 yang mengusung model layar sentuh penuh seluas 4,2 inci, dengan kerapatan pixel 356 pixel per inci (ppi). Ponsel ini menggunakan layar dengan teknologi terkini.

BlackBerry Q10 adalah BlackBerry 10 yang mengusung model papan ketik fisik format QWERTY. Penggunaan papan ketik QWERTY ini dikarenakan masih banyak pecinta ponsel dengan keyboard fisik di pasaran.

RIM dan BlackBerry

Research In Motion (RIM) didirikan pada 1984 oleh Mike Lazaridis. Pergantian nama perusahaan Research In Motion (RIM) menjadi BlackBerry, disertai dengan perubahan kode sahamnya di lantai bursa. Perusahaan itu akan dikenal dengan nama BBRY di bursa NASDAQ dan BB di Toronto Stock Exchange.

sumber : KompasTekno

RIM Luncurkan Blackberry 10 dan Ganti Nama Jadi Blackberry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *