Qualcomm Snapdragon Penguasa Prosesor Ponsel Kelas Atas

Saat ini teknologi ponsel mengalami perkembangan yang sungguh tidak terbayangkan dalam beberapa tahun yang lalu. Sesuai dengan namanya yaitu smartphone, kini ponsel tidak hanya bisa digunakan untuk bertelepon dan sms saja, tapi sudah sudah menjadi sebuah komputer genggam yang canggih.  Kebutuhan akan kecanggihan ponsel yang serba bisa ini, yang awalnya cuma alat untuk telpon dan sms sekarang telah bergeser menjadi semacam gaya hidup dan entertainment.

Ponsel jaman sekarang, minimal harus bisa digunakan untuk mengambil foto resolusi tinggi, memainkan musik, memutar film HD, memainkan game 3D.  Untuk koneksi data internet, minimal harus 3G. Dan yang paling adalah ruang penyimpanan yang besar ditunjang dengan slot eksternal memory dan yang pasti harus ditunjang dengan RAM ROM yang besar serta prosessor kinerja tinggi dengan konsumsi daya yang rendah.

Qualcomm Snapdragon Penguasa Prosesor Ponsel Kelas Atas

Para vendor smartphone dan tablet papan atas, berlomba-lomba menciptakan perangkat tercanggih dan terbaik dalam produk terbarunya. Mereka bekerja sama dengan para produsen “System on Chip” (SoC) untuk berkompetisi melahirkan smartphone dan tablet dengan fitur yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini.

Kompetisi yang ketat ini pada akhirnya akan kembali kepada “user experiences” yaitu opini dan pendapat para konsumen yang telah membeli dan mencoba produk mereka dan akan memicu para vendor untuk mengevaluasi kembali produk dan nantinya akan muncul varian yang lebih baik dari sebelumnya.

Mungkin banyak yang belum mengerti, kalau fitur-fitur canggih yang diusung oleh smartphone-smartphone terbaru saat ini bukanlah dibuat oleh Google, atau vendor smartphone itu sendiri. Faktanya, banyak fitur-fitur tersebut yang memang sudah disediakan oleh para pembuat SoC, seperti Qualcomm. misalnya fitur turbo charging yang tersedia di beberapa smartphone, itu adalah salah satu fitur yang memang sudah disediakan oleh Qualcomm. Komponen SoC ini penting karena di dalamnya terdapat chipset, clock speed, inti, dan GPU.

Chipset berperan sebagai pengatur komunikasi antara prosesor dan komponen eksternal smartphone. Sementara clock speed untuk menunjukkan frekuensi maksimal di mana perangkat inti dapat bekerja dalam hitungan detik. Kemudian inti bertugas untuk membaca dan mengeksekusi program. Lalu GPU berguna sebagai penentu bagus atau tidaknya grafis smartphone. Semakin cepat GPU berarti semakin baik rendering grafis.

Jika kita perhatikan, ponsel-ponsel kelas atas buatan Samsung, Motorola, Sony, HTC, LG, Lenovo, Oppo, Vertu, saat ini selalu menggunakan prosesor buatan Qualcomm yaitu Snapdragon. Hal ini menunjukkan bahwa para vendor ponsel papan atas dunia sangat mempercayakan Qualcomm Snapdragon sebagai otak dan jantung perangkat mereka.

Prosesor Snapdragon sendiri pertama diluncurkan tahun 2008 dengan seri QSD8250 dan QSD8650. Sampai saat terdapat beberapa model Series yang telah dirilis, yaitu Snapdragon 200, 400, 600, dan 800 series. Qualcomm memiliki beberapa arsitektur ARM yang dirancang khusus, Qualcomm melakukan kustomisasi dengan nama Krait yang juga memiliki beberapa variasi.

Qualcomm Snapdragon 801

Snapdragon 801 mulai diperkenalkan pada akhir Februari 2014 lalu selama Mobile World Congress 2014, Produsen besar seperti Samsung, Sony dan HTC langsung menggunakannya untuk flagship unggulannya. Chipset ini tidak lain adalah Snapdragon 800 yang ditawarkan dengan clock speed prosesor dan GPU yang lebih tinggi, fitur dukungan eMMC 5.0 yang lebih baru dan cepat, sudah mendukung pengoperasian dua slot kartu melalui fitur Dual SIM-Dual Active atau DS-DA serta mendukung kapasitas internal yang lebih lega.

Kapasitas operasional dan kinerja Snapdragon ditingkatkan dengan pendekatan komputasi heterogen chipset Qualcomm yang memanfaatkan integrasi yang kuat dari berbagai komponen, sehingga menghasilkan kecepatan yang luar biasa dan efisiensi daya yang optimal. Kostumisasi Krait CPU arsitektur memberikan kinerja yang lebih tinggi, konektivitas 4G LTE yang terintegrasi yang luar biasa cepatnya (hingga 10x lebih cepat dari 3G, bergantung pada jaringan dan operator), dan Adreno 330 GPU untuk grafis yang superior serta pengalaman baru bermain game dengan meningkatkan antarmuka 3D, warna dan tekstur .

Qualcomm Snapdragon ini juga memungkinkan untuk melakukan rekam video Ultra HD dengan suara surround dari ponsel atau tablet Anda dan putar di rumah, di perangkat seluler atau TV HD.

Snapdragon 801 memiliki tiga varian.

  1. Varian pertama dengan spesifikasi paling rendah memiliki kesamaan dengan Snapdragon 800 meliputi keseluruhan clock speed prosesor, GPU dan memory, disebut MSM8974AA, namun ada dua fitur baru yang hanya ada di seri chipset Snapdragon 801 yaitu seperti adanya opsi dukungan Dual SIM-Dual Active atau DS-DA, sekaligus mendukung standar eMMC 5.0 yang lebih baru dan cepat, serta mendukung kapasitas internal yang lebih lega. Untuk yang satu ini baru Sony Xperia Z2 Tablet (vesi WiFi) saja yang menerapkannya.
  2. Varian kedua, MSM8974AB yang meningkatkan kecepatan GPU menjadi 578 MHz dan Image Sensor Processor (ISP) menjadi 465 MHz, serta mendukung memory LPDDR3 ditemukan melalui Sony Xperia Z2 dan Xperia Z2 Tablet versi 4G LTE.
  3. Varian ketiga yang merupakan varian tertinggi ada MSM8974AC, yang kecepatannya seperti yang disebutkan Qualcomm dalam press release mereka, 2.5 GHz, namun sisa spesifikasinya sama seperti MSM8974AB. Yang satu itu, baru Samsung yang menerapkannya untuk Galaxy S5

Smartphone lain yang sudah menggunakan Snapdragon 801 tercatat ada Sony Xperia Z2, Lenovo Vibe Z2 dan HTC One (M8), LG G3, serta Oppo N3, produk terlaris Oppo yang sebelumnya dipegang oleh Oppo Find 7 series.

Ketika penulis mencoba slah satu ponsel yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 801, yaitu Oppo N3, ponsel ini sangat terlihat tidak mengalami masalah ketika memainkan game Asphalt 8 dan GTA : San Andreas dengan frame rate yang halus dan detail maksimal. Dalam hal ini Qualcomm mengklaim 801 sebanding dengan konsol PS3, bahkan Karl Whealton, seorang Staf Product Manager CPU Teknologi di Qualcomm menyebutkan bahwa dengan chipset ini kita bisa memainkan game PS3 secara Full HD pada ponsel.

Oppo N3 juga memiliki koneksi tercepat, kinerja terbaik, daya tahan baterai terbaik, dan terbaru dalam multimedia dan kamera fitur. Oppo N3 bisa digunakan untuk koneksi cepat 4G/LTE. Mendukung kamera ponsel yang paling kuat dengan teknologi khusus untuk memungkinkan lebih banyak megapixel, autofocus lebih cepat, dan terbaik dalam fotografi cahaya rendah. Oppo N3 dapat menampung 4K Video serta memberikan suara berkualitas bioskop untuk video dan musik. Semua keunggulan yang dimiliki oleh Oppo N3 ini semuanya berkat kecanggihan prosesor Qualcomm Snapdragon 801 juga.

Sesuai janji Qualcomm pada halaman website resminya, Prosesor Snapdragon akan memberikan pengalaman pengguna setingkat lebih tinggi dan melakukan lebih dari apa yang anda bayangkan. Merupakan sistem all-in-one yang komprehensif, didesain secara khusus yang memungkinkan pengalaman seluler terbaik di kelasnya dengan daya tahan baterai sepanjang hari serta memungkinkan konektivitas yang lebih canggih, grafik yang memukau, serta pemrosesan dan multitasking yang andal dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 3 = 6