Mampukah BlackBerry Q10 Mengangkat Citra BlackBerry ?

Mampukah BlackBerry Q10 Mengangkat Citra BlackBerry

Teknik pemasaran yang dilakukan oleh BlackBerry ternyata membuahkan hasil. Perombakan sistem operasi yang ekstrem yaitu berubahnya kernel dari BBOS menjadi BB10, ditambah lagi dengan kesengajaan keterlambatan distribusi BlackBerry Q10 dibanding dengan saudaranya BlackBerry Z10, saat ini mulai kelihatan hasilnya.

Mampukah BlackBerry Q10 Mengangkat Citra BlackBerry

Kita tahu bahwa Indonesia adalah salah satu pangsa pasar terbesar dari RIM & BlackBerry. Kenapa? Karena masih banyak penduduk Indonesia tergantung dan menyukai penggunaan BlackBerry. Mereka masih menyukai bercakap-cakap dalam BlackBerry Messenger, update status, mengecek email atau bahkan berjualan online shop dengan BlackBerry. Singkat kata, dibandingkan negara lain, penduduk Indonesia masih lebih membutuhkan BlackBerry daripada smartphone lainnya, meskipun angkat penjualan smartphone lainnya juga menunjukkan peningkatan.

BlackBerry Z10 sendiri juga masih mendapat respon yang cukup bagus. Terbukti dari acara peluncuran BlackBerry Z10 dan juga penjualan pertamanya yang direspon dengan mengularnya antrian pelanggan. Hingga akhirnya BlackBerry mengumumkan kemunculan dari BlackBerry Q10 dan BlackBerry Q5. BlackBerry Q10 adalah BlackBerry Z10 yang dipangkas setengah layar dan diperlengkap dengan keyboard QWERTY, sementara BlackBerry Q5 adalah produk ekonomis dari BlackBerry OS10.

BlackBerry Q10 sendiri telah diperkirakan akan menjadi salah satu penghasilan utama dari RIM & BlackBerry, bahkan hingga beberapa bulan setelah peluncurannya nanti. Kenapa demikian? Karena masih banyak pangsa pasar smartphone yang tergantung dengan keyboard QWERTY. Jangan lupakan juga bahwa BlackBerry mampu memberikan salah satu keyboard terbaik untuk smartphone anda.

Kekurangan yang cukup signifikan sendiri dari BlackBerry OS10 adalah permasalahan aplikasi dan kompatibilitas. Untuk urusan yang ini, memang BlackBerry OS10 masih tertinggal cukup jauh di belakang iOS (Apple) dan Android. Hingga saat ini, BlackBerry OS10 masih baru dilengkapi dengan 100,000 aplikasi, tertinggal jauh dari lawannya hingga hampir 7 atau 8 kali lipat.

Secara keseluruhan, penjualan BlackBerry Z10 sendiri di negara-negara lain selain Indonesia bisa dibilang standar, tapi penjualan Q10 telah resmi diluncurkan di pasar Perancis dan Inggris, terbukti bahwa BlackBerry Q10 berhasil mengalahkan Galaxy S4 dan iPhone 5. Ditambah dengan rencana munculnya BBM pada Android dan iOS, nantinya kita dapat melihat kembali apakah BlackBerry Q10 memiliki power yang cukup kuat untuk menarik kembali orang-orang yang telah meninggalkan BlackBerry untuk kembali menggunakannya.

Mengangkat Citra BlackBerry melalui BlackBerry Q10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *