Cara Menjaga Performa Android Anda

Cara menjaga performa Android Anda – Semua orang pastinya mengiodamkan gadget yang memiliki performa mumpuni dengan ketahanan baterai yang lama, tidak lemot. Saat ini smartphone yang paling banyak peminatnya adalah yang menggunakan sistem operasi android karena smartphone android bisa dijagkau semua kalangan, dari menengah kebawah hingga keatas.

Namun untuk para pengguna smartphone android di kelas menengah bawah akan sulit untuk mendapatkan performa yang mumpuni dan kekuatan baterai yang tahan lama. Anda akan merasa kecewa jika memilih barang yang salah, harga murah dengan performa yang seadanya.

Tetapi jangan khawatir, karena hal tersebut dapat diatasi jika anda bisa merawat pernagkat anda dengan benar dan baik. Dan dibawah ini adalah beberapa Cara Menjaga Performa Android Anda untuk mempertahankan performa android dengan performa seadanya :

Cara Menjaga Performa Android Anda

1. Kenali perangkat yang kamu miliki

Mengenali lebih dalam perangkat yang anda miliki adalah hal paling dasar daris emuanya. Jika anda tidak tau seluk-beluk dari perangkat anda maka anda tidak akan tau performa maksimum dari pernagkat anda mencapati berapa. Hal ini sangat penting untuk bisa mengontrol beberapa aplikasi yang dirasa terlalu membebani perangkat anda.

2. Gunakanlah sewajarnya

Selanjutnya anda harus tau batasan-batasan tertentu pada perangkat anda. Pengguna yang mengetahui batasan dari perangkatnya pasti tidak akan membebani perangkatnya yang akan menjadi tidak stabil saat bebannya terlalu berat. Cara ini akan menjadikan perangkat anda lebih tahan lama dan awet karena jika anda memaksa menggunakannya dibatas kemampuannya maka smartphone akan menjadi lebih cepat panas.

3. Hindari menginstall aplikasi yang tidak perlu

Terbatasnya spesifikasi dari perangkat bukan hanya dari prosesor atau ramnya saja nmaun juga dari memori internal yang ada didalamnya.anda harus piontar-pintar memilih aplikasi apa saja yang benar-benar anda butuhkan dan harus anda install.karena jika anda menginstall aplikasi terlalu banyak, maka ruang penyimpanan pun akan penuh hingga akhirnya menyebabkan smartphone anda lambat.

4. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Seperti dikatakan di atas, anda disarankan untuk menginstall aplikasi yang hanya dibutuhkan saja. Pernagkat yang masih baru sudah memiliki aplikasi bawaan dan semua aplikasi bawaan tersebut tidak anda gunakan bukan? Dna aplikasi-aplikasi tersebut bisa anda hapus.tapi tidak semua aplikasi bawaan yang tidak pelru (bloatware) dapat anda hapus sesuka anda.

Anda bisa menghapus aplikasi bawaan tersebut  jika smartphone anda telah di root.cara rooting perangkat android berbeda-beda tergantung dari merk smartphone yang anda gunakan. Anda bisa menemukan cara rooting sesuai jenis smartphone anda dengan mencarinya di internet. Setelah di lakukan root anda bisa menghapus aplikasi bawaan tersebut dengan aplikasi link2sd.

5. Hindari penggunaan widget yang berlebihan

Anda bisa menghindari penggunaan widget yang berlebihan agar pernagkat android anda tidak terlalu terbebani karena perangkat android juga memiliki keterbatasan. Pemasangan widget anak membuat ram terbebani sednagkan pada perangkat diperlukan ram yang memiliki ruang cukup banyak untuk menjalankan aplikasi dengan lancar. Anda bisa meminimalisir penggunaan widget agar pernagkat anda bisa tetap lancar.

6. Hindari live wallpaper

Live wallpaper adalah menggunakan wallpaper yang menjadikan tampilan perangkat android anda telrihat lebih kering. Taukah anda, menggunakan live wallpaper bisa membebani dan akan mengurangi performa sebuah perangkat. Selain itu juga akan membuat daya baterai smartphone anda menjadi lebih boros.

Demikian itulah Cara Menjaga Performa Android Anda yang bisa kami bagikan pada saat ini. Semoga membawa  manfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *