Cara Mencegah Malware Pada Android

Cara Mencegah Malware Pada Android

Virus atau malware adalah sebuah issue yang kerap kali dihubungklan dengan perangkat yang menggunakan sistem operasi Android. Kabarnya, gadget dengan sistem operasi Android ini sangat rentan terhadap virus ataupun malware. Apalagi untuk mereka yang menggunakan rooting pada perangkatnya. Lalu bagaimana Cara Mencegah Malware pada Android?

Tentang kebenaran mengenai Android yang sudah mengalami root akan lebih mudah terkena virus masih menjadi sebuah perselisihan dan perdebatan untuk beberapa pihak. Ada yang membenarkan namun ada juga yang membantahnya karena untuk mereka rooting yang dilakukan pada perangkat android memberikan banyak keuntungan. Issue seperti ini sudah lama sekali menjadi perdebatan, bukan hanya Android, semua sistem operasi pun bisa terkena virus, karena hal tersebutlah akhirnya tercipta Anti Vitus yang bisa memblokir dan melawan malware-malware yang berbahaya yang pastinya tidak anda inginkan.

Yang berperan besar untuk mencegah masuknya virus pada perangkat android adalah para penggunanya sendiri. Karena yang dapat melakukan kontrol penuh adalah penggunanya sendiri.

Berikut adalah tips Cara Mencegah Malware  pada Android :

Cara Mencegah Malware Pada Android

1. Gunakan Aplikasi Anti Virus

Anti virus memang diciptakan untuk memblokir dan melawan virus/malware. Anda harus menginstal aplikasi jika anda ingin memberikan keamanan yang lebih pada perangkat Android anda. Anda bisa mendapatkan anti virus pada Google Play dan pilih salah satu anti virus yang menurut anda tepat.

2. Pastikan untuk menginstal aplikasi dari situs terpercaya

Malware atau virus biasanya bisa masuk ke perangkat Android Anda MELALUI APLIKASI YANG anda install, anda harus lebih berhati-hati saat menginstall aplikasi. Anda bisa mengambil dari situs resmi toko Aplikasi Android, Google Play, karena aplikasi yang ada dalam toko online tersebut pastinya sudah dilakukan beberapa scan untuk meminimalisir hal yang tidak anda inginkan,seperti virus.

Untuk anda yang sering mengunduh aplikasi selain Google Play, maka perangkat anda akan lebih beresiko terkena virus karena pada tempat unduhan illegal tersebut tidak dilakukan scan dan perlindungan untuk aplikasi-aplikasinya.

3. Bacalah permission atau izin yang diminta aplikasi

Anda harus tetap berhati-hati saat menginstall aplikasi. Lebih pintar memilih aplikasi apa saja yang akan anda install. Anda harus tau apa saja fungsi dari aplikasi yang akan anda unduh. Jika ada yang janggal pada aplikasi yang akan anda unduh maka anda bisa membatalkan penginstalan untuk menghindari adanya malware dari aplikasi tersebut yang akan menjadikan ponsel Android anda menjadi tempat virus /malware.

Demikian tips dan cara mencegah malware pada Android. Semoga dapat membantu anda.

Untuk anda para pengguna Android yanf sudah melakukan rooting, sebaiknya tidak sembarangan memberikan ijin akses pada setiap aplikasi yang anda install, karena bisa saja aplikasi yang anda install membawa virus dan akan merugikan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *