Cara Membatalkan Izin SuperUser di Aplikasi Android

Cara membatalkan Izin SuperUser di Aplikasi Android
Root yang dilakukan pada Android memberikan hak”superuser” atau hak administrator yang memudahkan anda untuk mengakses dan mengedit sistem tanpa batasan tertentu dan membuat anda lebih bebas ketika mengutak-atik Android anda. Manfaatnya pun cukup banyak, seperti dapat menginstall dan menjalankan aplikasi yang membutuhkan akses root ataupun izin superuser, tapi anda juga harus waspada saat menginstall aplikasi yang membutuhkan aplikasi root.  Karena jika tidak, bisa jadi aplikasi tersebut akan membahayakan anda.

Aplikasi yang meminta root biasanya akan menyimpan malware yang akan menyerang perangkat Android anda. Lalu bagaimana cara membatalkan izin superuser di aplikasi Android agar perangkat Android anda tetap terhindar dari malware yang membahayakan?

Kemungkinan besar aplikasi yang membutuhkan akses root terdapat malware yang akan menyerangpernagkat anda.  Anda harus berhati-hati dan teliti untuk menjaga keamanan device anda.bebrapa pengguna Android pastinya pernag teledor dan menginstall aplikasi dan memberikan izin root pada aplikasi yang tidak terpercaya. Anda bisa mengatasi masalh tercebut dengan cara membatalkan izin root atau superuser pada aplikasi tersebut. Berikut cara membatalkan izin superuser di Aplikasi Android :

Cara membatalkan Izin SuperUser di Aplikasi Android

Cara ini dilakukan untuk mengantisipasi aplikasi yang mencurigakan agar tidak dapat membaca dan melakukan perintah tertentu pada device Android anda secara bebas dan menjadikan perangkat anda terkontaminasi oleh virus-virus yang dibawa oelh aplikasi yang meminta izin untuk akses root.

  1. Pertama anda harus membukan aplikasi superuser. Kemudian akan muncul daftar aplikasi yang meminta izin root.pilih aplikasi yang menurut anda mencurigakan dan cabut izin aksesnya atau batalkan. Pada gambar di bawah yang ada dalam lingkaran hijau bertuliskan :Allowed” yang berarti anda sudha memberikan izin aplikasi superuser untuk aplikasi tersebut. Nah, untuk membantalkannya, anda tinggal menyentuh toggle atau icon yang ditunjukkan oleh panah berwarna merah sampai statusnya menjadi “Denied”sama seperti yang ada pada lingkaran merah.
  2. Setelah itu anda bisa kembali ke menu awal superuser pada tab apps. Lihat lingkaran merah yang ada pada gambar dibawah. Pada lignkaran tersebut tertulis “Allow”. Allow adalah palikasi yang diizinkan untuk mengaksesnya. Dan untuk yang bertuliskan “Deny” merupakan aplikasi yang tidak diizinkan. Dan anda harus memastikan jika aplikasi yang tidak anda inginkan karena mencurigakan telah masuk pada kategori “Deny”

Bagaiaman? Cukup mudah bukan mempraktekkan sendiri Cara Membatalkan izin superuser di Aplikasi Android anda.  Anda bisa saja menghapus aplikasi-aplikasi mencurigakan tersebut , namun cara ini fitur ini bisa digunakan jika anda masih memerlukan fitur lain yang ada pada aplikasi tersebut dan dapat berjalan tanpa akses root.
Demikian tips dan cara membatalkan izin superuser di aplikasi Android. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *