Cara Mematikan Auto Update Aplikasi pada Android

Cara Mematikan Auto Update Aplikasi pada Android
Banyaknya aplikasi yang ada pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Android tidak selamanya menyenangkan. Banyaknya aplikasi yang tersedia secara gratis membuat para pengguna berbondong-bondong untuk menginstall banyak aplikasi pada satu perangkat, padahal tidak semua aplikasi tersebut bermanfaat dan berguna untuk para pengguna. Dan juga tidak semua perangkat memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk menampung semua aplikasi yang terinstall yang akhirnya membuat performa perangkat menjadi menurun dan lemot.

Selain itu, kuota internet anda juga akan semakin cepat habis dan boros karena anda harus melakukan update setiap aplikasi yang  kebanyakan memiliki ukuran file yang besar. Meskipun tidak harus melakukan update tetapi ada beberapa aplikasi yang meskipun sudah terinstall akan secara otomatis mengupdate sendiri dan anda tidak dapat mengontrolnya.

Lalu bagaimana cara untuk mengentikan aplikasi yang melakukan update secara otomatis? Berikut kami sajikan ulasan cara mematikan auto update aplikasi pada Android.

Cara Mematikan Auto Update Aplikasi pada Android

Hal ini sebenarnya cukup mudah,  anda hanya perlu melakukan beberapa langkah kecil untuk melakukannya dan berikut adalah step by step mematikan auto update aplikasi Android agat tidak membebani quota internet anda :

Pastikan dulu sambungan internet anda aktif, setelah itu buka aplikasi Google Play Store pada perangkat anda. Kemudian, setelah masuk kehalaman utama (home page), sentuh/tekan softkey yang ada pada perangkat anda. Dan selanjutnya akan mencul beberapa pilihan yang dapat anda pilih seperti yang ada pada gambar di bawah ini.  Pilih settings seperti pada tanda panah tersebut.

Setelah itu akan muncul tampilan yang mirip dengan gambar di bawah ini (pada bagian kiri). Pilihlah Do not auto-update apps pada pilihan auto-update apps seperti yang ditunjukkan oleh panah dengan warna merah.

Dengan cara tersebut maka aplikasi yang sudah terinstall tidak akan melakukan update secara otomatis. Meksipun cara ini cukupefektif untuk menghemat quota internt pada Android, tetapi tidak begitu efektif untuk mencegah terjadinya penurunan performa  pada perangkat.

Anda bisa membatasi aplikasi-aplikasi pada perangkat agar performanya bisa tetap terjaga secara bersamaan. Dan anda bisa menghapus aplikasi yang tidka begitu anda butuhkan. Berikut itulah Cara Mematikan Auto Update Aplikasi pada Android semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.