BlackBerry Z10, Tinjauan di Spesifikasi Dan Harga

BlackBerry Z10, Tinjauan di Spesifikasi Dan Harga

BlackBerry Z10 merupakan smartphone dari BlackBerry yang pertama menggunakan sistem operasi BlackBerry terbaru, OS 10. BlackBerry Z10 ini merupakan BlackBerry 10 yang mengusung model layar sentuh penuh seluas 4,2 inci, dengan kerapatan pixel 356 pixel per inci (ppi). Ponsel ini menggunakan layar dengan teknologi terkini.

Perkenalan BlackBerry Z10 ini merupakan tonggak dimulainya managemen baru BlackBerry yang mana pada saat itu nama RIM berubah menjadi BlackBerry. BlackBerry Z10 ini diperkenalkan saat itu bersama dengan saudaranya yang mempunyai model keypad fisik QWERTY yang bernama BlackBerry Q10.

BlackBerry Z10, Tinjauan di Spesifikasi Dan Harga

BlackBerry Z10 terlihat sangat menarik dan mewah dengan mengusung layar full touchscreen kapasitif 4.2 inci yang menjadikannya lebih mudah untuk di pergunakan. Untuk menjalankan sistem operasi BlackBerry 10, Z10 ditanamkan prosesor Krait Dual-core yang berkecepatan 1.5 GHz serta RAM yang berkapasitas 2 GB yang mana akan membuat para penggunanya semakin nyaman dalam melakukan aktifitas yang di kerjakan dalam telepon genggam tersebut.

Untuk media penyimpanan berkas, BlackBerry Z10 juga menyediakan memory internal yang mempunyai kapasitas 16 GB. Dan jika media penyimpanan tersebut masih kurang, maka dapat menambahkan memori tambahan pada slot micro SD yang telah di sediakan.

Pada sisi kamera, BlackBerry Z10 memberikan 2 kamera yaitu sebuah kamera depan yang mempunyai resolusi 2 MP dan kamera belakang sebesar 8 MP yang di lengkapi dengan LED flash. Dengan adanya fitur kamera tersebut tentu saja akan membuat penggunanya semakin nyaman dalam melakukan aktifitas, dan dapat melakukan dokumentasi dengan kamera tersebut.

Spesifikasi BlackBerry Z10

Spesifikasi lengkap BlackBerry Z10 adalah :
General Jaringan GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
LTE 800 / 900 / 1800 / 2600
Layar Tipe Capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 768 x 1280 pixels, 4.2 inches
Dimensi Ukuran 130 x 65.6 x 9 mm
Berat 137.5 g
Memori Internal 16 GB storage, 2 GB RAM
External microSD, up to 64 GB
Kamera Primer 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
Sekunder 2 MP, [email protected]
Data GPRS Ya
EDGE Ya
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual band
Bluetooth v4.0 with A2DP, LE
USB microUSB v2.0
Fitur OS BlackBerry 10 OS
CPU Dual-core 1.5 GHz Krait
Messaging SMS, MMS, Email, Push Email, IM, BBM 6
Browser HTML5
GPS A-GPS support
Java MIDP 2.1
Fitur Lain – SNS integration
– HDMI port
– BlackBerry maps
– Organizer
– Document viewer
– Photo viewer
– MP3/WMA/WAV/eAAC+/FlAC player
– DivX/XviD/MP4/WMV/H.263/H.264 player
– Voice memo/dial
– Predictive text input
Baterai Tipe Li-Ion 1800 mAh battery
Standby Up to 312 h
Talk Time Up to 10 h

Harga BlackBerry Z10

Pada saat kemunculan BlackBerry Z10 ini, Telkomsel membundlingnya dengan memberikan potongan harga Rp 500 ribu menjadi Rp 6,5 juta untuk seribu pembeli pertama. Sementara operator lain tetap berpatokan dengan harga Rp 6,99 juta yang direkomendasikan BlackBerry.

Jika kita melihat uraian spesifikasi dan harga dari BlackBerry Z10 di atas, maka secara spesifikasi dan harga BlackBerry Z10 ini tertinggal jauh dengan smartphone brand terkenal lain seperti Windows Phone (Nokia Lumia seri 9xx, HTC Windows Phone), Android (Samsung Galaxy S x). Tapi jika dibanding dengan Android keluaran HTC terbaru seperti HTC Butterfly yang mempunyai spesifikasi prosesor dan RAM yang sama, maka harga BlackBerry Z10 ini lebih murah.

Apalagi jika kita membandingkan BlackBerry Z10 dengan smartphone produk Apple seperti iPhone 5 16GB yang mempunyai kecepatan prosesor yang lebih rendah, maka sangat terasa kalau BlackBerry Z10 ini lebih murah.

Tapi yang perlu digaris bawahi adalah BlackBerry selain menjual perangkat, mereka juga membandling dengan aplikasi-aplikasi yang terkoneksi dengan server mereka. Jika kita lebih cermat lagi, semenjak gagalnya layanan server Nokia yang bernama Nokia Ovi dahulu, sampai saat ini belum ada pihak vendor yang menyediakan server layanan. Para vendor smartphone saat ini hanya menyediakan server untuk aplikasi khusus mereka sendiri seperti update firmware dan aplikasi desktop manager.

Dan yang menarik lagi jika kita melihat semua produk Apple seperti iPhone, iPad dan iPod. Produk-produk Apple ini mempunyai penggemar yang fanatik dan tidak akan mau berpaling ke smartphone jenis lain. Kita ambil contoh iPhone 5 16GB yang mempunyai kecepatan prosesor yang lebih rendah dan harga lebih mahal dibanding BlackBerry Z10, walaupun secara spesifikasi dan harga dari perangkat Apple ini sendiri lebih mahal di harga dan lebih rendah di spesifikasi, penggemar dari smartphone keluaran Aplle ini seolah tidak akan surut.

Dari pembahasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap smartphone yang berbeda sistem operasi tidak bisa dibandingkan secara sejajar. Ada plus minus yang dihadirkan setiap perangkat smartphone di berbagai sistem operasi tersebut.

Tinjauan di Spesifikasi Dan Harga BlackBerry Z10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *