BlackBerry Q10 Ungguli Penjualan iPhone 5 dan Galaxy S4 !

BlackBerry Q10 Ungguli Penjualan iPhone 5 dan Galaxy S4

Teknik pemasaran yang dilakukan oleh BlackBerry ternyata membuahkan hasil. Perombakan sistem operasi yang ekstrem yaitu berubahnya kernel dari BBOS menjadi BB10, ditambah lagi dengan kesengajaan keterlambatan distribusi BlackBerry Q10 dibanding dengan saudaranya BlackBerry Z10, saat ini mulai kelihatan hasilnya.

BlackBerry Q10 Ungguli Penjualan iPhone 5 dan Galaxy S4

Seperti kita ketahui bersama, BlackBerry Q10 diperkenalkan bersamaan dengan dirilisnya BlackBerry OS 10. Perkenalan BlackBerry Q10 yang ber-keypad qwerty ini bersamaan dengan diperkenalkannya BlackBerry Z10 yang berfitur full touchscreen. Tapi dalam pemasarannya, BlackBerry Z10 meluncur lebih dulu. Sedangkan BlackBerry Z10 baru beberapa hari ini secara resmi rilis di beberapa negara dan akan resmi meluncur di Indonesia akhir bulan ini. Saat ini empat operator selular Indonesia juga sudah melakukan pre-order paket bandling BlackBerry Q10 ini dengan paket mereka.

Inilah teknik pemasaran yang dilakukan BlackBerry ! Mereka sudah merasa ketinggalan jauh dengan smartphone OS lainnya terutama smartphone Android dan iOS. Bahkan pada quartal ke 1 tahun ini, BlackBerry kalah dengan smartphone ber-sistem operasi Windows Phone dalam penjualannya.

Bagaimanapun juga, smartphone berbentuk qwerty identik dengan BlackBerry. Masih teringat dalam ingatanku saat pertama kali muncul hape China yang ber-keypad qwerty yang disebut hape dengan model BlackBerry. Sedangkan hape dengan bentuk layar sentuh penbuh atau full touchscreen, identik dengan Android dan iOS. Maka dalam pemasaran BlackBerry 10 ini pihak BlackBerry meluncurkan Z10 lebih dahulu. Ini merupakan strategi pemasaran sekali penjajakan pasar untuk BlackBerry 10.

BlackBerry Z10 mempunyai fitur full touchscreen seperti halnya smartphone Android dan iOS pada umumnya. BlackBerry ingin ‘uji coba’ sekaligus menorobos smartphone berlayar sentuh yang dikuasai Android, yang dalam hal ini produk Samsung. Setelah ‘uji coba pasaran’ tersebut berhasil, barulah andalan BlackBerry 10 yaitu BlackBerry Q10 menyusul dipasarkan.

Ini merupakan teknik yang cerdas selain teknik akan dirilisnya BBM pada Android dan iOS. Mau gak mau para mania Android dan iOS akan melirik BlackBerry 10 terbaru ini. Apalagi nantinya para pengguna Android dan iOS untuk dapat menggunakan BBM diharuskan mempunyai akun BlackBerry yang dengan kata lain harus memiliki perangkat BlackBerry lebih dulu.

BlackBerry Q10 Ungguli iPhone 5 dan Galaxy S4 di Perancis dan Inggris

Berita mengejutkan atau mungkin berita keberhasilan menyebutkan kalau penjualan BlackBerry Q10 di Inggris dan Perancis berhasil mengalahkan penjualan dari iPhone 5 dan Galaxy S4. Penjualan BlackBerry Q10 inipun juga mengalahkan saudaranya Z10.

Dari data yang dirilis oleh SFR, sebuah perusahaan jaringan seluler lokal Prancis, angka penjualan BlackBerry Q10 dinyatakan mampu melampaui iPhone 5 dan Samsung Galaxy S4. Di Inggris, sebuah toko ritel ternama di wilayah London bernama Selfridges menyatakan bahwa BlackBerry Q10 memiliki pesona luar biasa dalam hal penjualan. ‘Saudara muda’ dari Z10 tersebut telah habis terjual hanya dalam kurun waktu 90 menit saja di toko Selfridges. Pihak Selfridges menyatakan bahwa permintaan BlackBerry Q10 sangat tinggi, sampai-sampai toko tersebut kehabisan stok. Pihak Selfridges juga menyatakan ini penjualan terbaik yang pernah mereka alami sepanjang sejarah toko itu berdiri. Peminat Q10 jauh lebih masif ketimbang iPhone 5 dan Galaxy S4.

Lalu bagaimana hasil penjualan BlackBerry Q10 ini di Indonesia ? Dan perlu di ingat bahwa Indonesia adalah salah satu negara pemakai perangkat BlackBerry terbesar. Kurasa ada yang perlu dicermati di sini yaitu tentang harga. BlackBerry bisa dianggap nge-trend di Indonesia semenjak harga BlackBerry tersebut mulai turun alias bisa terbeli kalangan menengah ke bawah. BlackBerry Q10 ini merupakan smartphone kalangan atas alias berharga mahal. Bahkan dibanding saudaranya yaitu BlackBerry Z10 pun harganya terpaut jauh. maka jika untuk mengungguli penjualan iPhone 5 dan Galaxy S4 yang sama-sama merupakan smartphone kalangangan atas (berharga mahal), BlackBerry Q10 ini kemungkinan bisa mengungguli. Tapi untuk mengungguli menyamai smartphone Android (samsung) secara keseluruhan perlu adanya varian di kelas menengah ke bawah untuk BlackBerry 10 ini, seperti BlackBerry Q5 dan adik-adik mereka nantinya.

iPhone 5 dan Galaxy S4  diungguli BlackBerry Q10 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *