Arti Kode Link Download OS BlackBerry

Arti Kode Link Download OS BlackBerry

Pada artikel  Cara Upgrade OS BlackBerry Menggunakan Desktop Manager dan  Download BlackBerry Official OS Firmware, Desktop Manager dan Device Software disebutkan bahwa BlackBerry sama seperti pada komputer (Windows OS, MacOS, Linux) dan smartphone lainnya (Symbian, Android, iOS), RIM juga sering melakukan pembaharuan OS untuk berbagai jenis BlackBerry yang ada.

Pembaharuan atau upgrade OS BlackBerry yang dilakukan RIM dimaksudkan untuk memperbaiki sistem operasi serta meningkatkan kinerja device BlackBerry itu sendiri.

Arti Kode Link Download OS BlackBerry

RIM menyediakan OS khusus buat setiap device, beda device beda pula OS-nya. Jadi kita wajib memlilih dan men-download OS sesuai dengan jenis, model BlackBerry kita miliki.

OS resmi (Official OS) kadang disediakan dengan bundling operator supaya device bisa beroperasi lebih lancar dan juga tersedia menu khusus operator (jika ada).

RIM tidak menyediakan setiap upgrade OS untuk semua operator. Tapi kita dapat menggunakan OS terbaru untuk jenis BlackBerry yang sama dari operator lain hanya dengan menghapus satu file di dalam file download yaitu file vendor.xml

Arti Kode Link Download OS BlackBerry

Setiap OS BlackBerry download link, mempunyai kode yang mempunyai arti tipe BlackBerry, support bahasa, tipe OS, kode rilis, kode platform, app version dan nama operator.

Contoh format Link download OS Blackberry adalah sebagai berikut :

9360jAllLang_PBr7.1.0_rel1647_PL9.6.0.80_A7.1.0.523_XL_
Indonesia__Non_Vodafone_.exe

9300jAsia_PBr6.0.0_rel2921_PL6.6.0.241_A6.0.0.666_Telkomsel.exe

Arti dari link download atau kode OS BlackBerry tersebut adalah:

  • 9360 dan 9300, merupakan tipe BlackBerry yaitu Blackberry 9300 Kepler dan 9600 Apolo. OS ini tidak bisa digunakan untuk tipe BlackBerry lainnya.
  • jAllLang dan jAsia, merupakan kode bahasa yang terdapat di dalam OS BlackBerry. jAllLang, artiny support semua bahasa dan Japanese. jAsia, artinya memuat bahasa standar dan Japanese
  • PBr7.1.0 dan PBr6.0.0, merupakan tipe OS BlackBerry. PBr7.1.0, tipe OS nya adalah 7.1. PBr6.0.0, tipe OS nya adalah 6.0.0
  • rel1647 dan rel2921, merupakan kode rilis (rel = release) dari OS BlackBerry.
  • PL6.6.0.241 dan PL6.6.0.241, merupakan kode platform dari OS BlackBerry.
  • A7.1.0.523 dan A6.0.0.666, merupakan app version dari OS Blackberry. A7.1.0.523 adalah OS7.1.0 dengan versi 523. A6.0.0.666 adalah OS6.0.0 dengan versi 666.
  • XL_Indonesia__Non_Vodafone dan Telkomsel, merupakan nama operator yang mana OS tersebut ditujukan.  XL_Indonesia__Non_Vodafone, ditujukan untuk operator XL Indonesia dan bukan Vodafone (CDMA). Telkomsel, ditujukan untuk operator Telkomsel.

Untuk bagian operator pada link download OS BlackBerry, kita bisa melakukan upgrade dengan beda operator yang kita miliki dengan syarat file vendor.xml harus dihapus.

Pada bagian support bahasa di link download OS BlackBerry, sering kita temui beberapa macam kode bahasa seperti: AllLang, Asia, jAsia, East_Asia, dan lain-lain.

Arti dari support bahasa tersebut adalah :

  • M, artinya Multi Language (multi bahasa). Biasanya tidak support CJK (Chinese, Japanese, korean).  SFI dari M paling kecil daripada AllLang, Asia, dsb.
  • AllLang, artinya All Language (semua bahasa). Kadang ada CJK kadang juga tidak. Tapi biasanya kalau ada CJKnya, tetap tidak support Japanese.
  • jAllLang, artinya japanese All Language. Sama seperti AllLang tapi support Japanese.
  • Asia, artinya hanya memuat bahasa standar Asia. Kurang lengkap dibanding AllLang dan biasanya tidak support Japanese.
  • jAsia, artinya japanese Asia. Sama seperti Asia tapi support Japanese.
  • EastAsia, artinya Asia Timur. Hanya support bahasa di sekitaran Asia Timur. Tidak selengkap dibanding Asia tapi support Japanese.

Sekarang anda sudah mengetahu arti kode link download OS BlackBerry. Sebaiknya perhatikan dulu hal ini sebelum melakukan download dan upgrade BlackBerry.

Silahkan pelajari Arti Kode Link Download OS BlackBerry

Comments(4)
  1. Pusat OS Blackberry
  2. girisubagya
  3. aldi
  4. chandra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *