Apple iOS 6 Naik Pemakaiannya Karena Google Maps for iOS6 ?

Apple iOS 6 Naik Pemakaiannya Karena Google Maps for iOS6 ?

Jika sebelumnya laporan dari MoPub mengatakan kalau pemakaian sistem operasi Apple iOS 6 mengalami kenaikan sejak diperkenalkannya Google Maps for iOS6, kali ini penelitian Chitika mengatakan kalau kenaikan pemakaian iOS 6 tidak ada hubungannya dengan aplikasi peta populer tersebut. Pendapat mana yang lebih benar ?

Apple iOS 6 Naik Pemakaiannya Karena Google Maps for iOS6 ?

Munculnya iOS 6 yang bersamaan dengan diluncurkannya iPhone 5 ini memang membawa perubahan besar dari sistem operasi buatan Apple sebelumnya. Banyak kelebihan dan sekaligus kekurangan yang mengikuti iOS 6 ini. Salah satu kelebihannya adalah dengan adanya Facebook Integration, VIP Inbox Mail, Peningkatan kemampuan Siri, Do Not Disturb, FaceTime, Passbook, Penambahan Fitur Browser Safari, Aksesibilitas, Find My iPhone, dan Find My friends. Sedangkan kekurangan yang dibawa oleh iOS 6 ini antara lain Youtube tidak tersedia secara default, Google Maps diganti Apple Maps, dan belum bisa Jailbreak.

Dari beberapa kekurangan tersebut hal paling fatal terjadi di iOS 6 yaitu Google Maps diganti Apple Maps. Aplikasi Google Maps secara default tidak terdapat di iOS 6. Hal inilah yang mungkin menjadi analisa dan laporan dari MoPub dikala itu yang mengatakan pemakaian sistem operasi Apple iOS 6 mengalami kenaikan sejak diperkenalkannya Google Maps for iOS6. MoPub bahkan mengatakan kalau angka pemakaian sistem operasi mobile terbaru Apple iOS 6 ini mengalami kenaikan sampai 29 persen.

Kontroversial Apple iOS 6 Naik Permakaiannya Karena Google Maps for iOS6

Pendapat MoPub dia atas, beberapa waktu lalu mendapat sanggahan dari riset firma penelitan pasar Chitika. Chitika kalau mulai 11 Desember sampai 17 Desember, pemakaian iOS 6 selama periode itu tidak mengalami perubahan alias tak terpengaruh oleh kehadiran Google Maps pada 13 Desember.

Jika bukan Google Maps, lalu apa yang berada di balik melonjaknya angka adopsi iOS 6?

Menurut Chitika, kemungkinan hal tersebut diakibatkan oleh tingginya angka penjualan iPhone 5 di China sejak tanggal peluncurannya pada 13 Desember. Ketika itu, 2 juta unit iPhone 5 yang datang dengan sistem operasi iOS 6 secara default ludes terjual hanya dalam waktu 3 hari. Terlebih lagi, dalam waktu berdekatan Apple juga merilis iPhone 5 di 33 negara lain.

Kebetulan, dalam kurun waktu itu pula Google merilis Google Maps untuk iOS 6, setelah sebelumnya sempat digantikan oleh aplikasi Maps buatan Apple sendiri yang ternyata mengecewakan.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa Chitika hanya mencatat data dari wilayah Kanada dan Amerika Serikat Saja, sementara MoPub mengambil statistik iOS 6 secara global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *