Aplikasi dan Games HP BREW

Berhubung banyaknya yang menanyakan masalah aplikasi atau game di HP BREW. BREW (Binary Runtime Environment for Wireless) merupakan application development platform dari QUALCOMM. Qualcomm adalah sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri pada teknologi CDMA. Bisnis utamanya adalah chipset yang dikhususkan untuk teknologi CDMA yang menguasai 80% chipset CDMA dunia.

Kelebihan dari BREW yaitu :

  • Aplikasi BREW membutuhkan memori sangat kecil. HP Low End bisa ditanami berbagai macam feature aplikasi dan games yang bagus.
  • Aplikasi BREW sangat cepat. Karena Brew Environment sudah ditanamkan ke dalam Chipset QUALCOMM.  Di sini layer aplikasi langsung berkomunikasi sama Chipset. Tidak seperti di Aplikasi Java (J2ME) yang masih membutuhkan perantara antar layer sehingga loadingnya agak lama.

Kelemahan dari BREW yaitu :

  • BREW tidak bisa multiplatform seperti Java yang aplikasi JAR-nya bisa digunakan di HP yang berbeda type dan berbeda merk.
  • QUALCOMM lebih kelihatan mementingkan bisnis. SDK kelihatan keluar setengah-tengah, padahal di Windows dibutuhkan GCC ARM compiler juga. Lalu bagaimana di Linux.?

Pada BREW, aplikasi atau games yang di download tidak disimpan pada memori ponsel, di sini aplikasi yang di install penggunanya akan tersimpan pada server milik operator. Dikarenakan dibutuhkan pendistribusi dan penyimpanan tersebut maka dibutuhkan BREW distribution system (BDS).

Di Indonesia, operator Mobile-8 lebih banyak memberikan layanan games lewat b-live yang bisa dinikmati pada beberapa ponsel bundling kartu Fren dan Hepi seperti ZTE C300, ZTE C330, Haier C2000 dan Motorola W362. Head Of Product Development PT Mobile-8 Telecom Tbk, Ronald Simanjuntak, mengatakan bahwa aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna ponsel di Indonesia adalah untuk ringtone dan games. Pihak Mobile-8 telah menghabiskan 300.000 dolar Amerika dari Capex Mobile-8 tahun 2007 sebanyak 125 juta dolar Amerika untuk membangun infrastruktur BREW ini.

File aplikasi Brew berekstensi .mod dan kadang disertai file berekstensi .bar untuk menyimpan resource (gambar, text, dll) dan juga disertafi file .sig untuk signature. Hal ini yang menyebabkan Brew tidak mungkin untuk dibajak. Jika kita meng-copy file-file aplikasi brew (*.mod, *.bar, dan *.sig) ke HP lain begitu saja. Maka otomatis, file tersebut akan dihapus oleh OS hp tersebut. Ini karena file .SIG tadi harus digenerate oleh pihak yang menjual aplikasi tadi. File .SIG tersebut adalah unik ke ESN dan IMEI HP kita. Jadi gak bisa dicopy begitu saja. Tapi untuk mendapatkan digital signature harus keluar uang sekitar USD 400 untuk paket verifikasi 100 aplikasi, USD 895 untuk 500 aplikasi, atau USD 1295 untuk 1000 aplikasi. Dan setiap paket yang dibeli akan berlaku selama satu tahun dan bisa dipakai dengan cara mencicil selama akun Anda masih berlaku.

Operator selular selain Mobile-8 apakah mempunyai BREW distribution system (BDS) ? Silahkan tanyakan saja pada customer service operator selular masing-masing…. Bagaimana dengan smart telecom yang mengeluarkan HP Haier C700 dan ZTE C261 ?

Comments(12)
  1. rakai pikatan...
  2. ariefew
  3. nurcholis
  4. ariefew
  5. yoi
  6. ariefew
  7. azka88
  8. azka88
  9. ariefew
  10. sindu10
  11. ariefew
  12. ida bagus ketut adiyoga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *