Acer Liquid Z520, Smartphone Stylish Untuk Penikmat Konten Multimedia

Awal tahun ini produsen Acer mengumumkan sejumlah smartphone di Z-series Liquid nya. Dua diantaranya adalah Acer Liquid Z220 dan Acer Liquid Z520. Pihak Acer sendiri menyebut kedua smartphone ini The beautiful Twins, Si kembar cantik dengan performa yang berbeda. Memang Keduanya memiliki desain sama hanya berbeda dimensi saja. Acer Liquid Z220 memiliki dimensi 125,3 x 64 x 9,6 mm dengan bobot 120 gram sedangkan Liquid Z520 lebih besar dengan 143 x 73 x 9.9 mm serta bobot 154 gram, namun keduanya memang memiliki spesifikasi dan kemampuan yang berbeda.

Liquid Z520 merupakan Smartphone Stylish untuk Penikmat Konten Multimedia dan mencoba untuk menarik minat calon fotografer digital yang berada di anggaran yang terbatas.

Dengan layar 5 inci, smartphone ini didukung oleh prosessor Quadcore 1,3 GHz dengan RAM 1GB dan kapasitas penyimpanan 8GB, serta varian terbarunya RAM 2GB dan kapasita penyimpanan 16GB.

Kamera depan 2 megapixel dan kamera utama telah ditingkatkan hingga 8 megapixel Sepertinya agar dapat diterima oleh konsumen, Acer mencoba untuk menambahkan beberapa fitur mewah yang menarik, seperti perekaman kamera yang dipicu oleh perintah suara yang memungkinkan pengguna bisa merasakan sensasi “touch-less selfie experience”.

Ketika penulis mencoba fitur ini, ternyata cukup dengan memutar tombol mikrofon pada interface kamera dan dengan itu kita bisa mengucapkan pengaturan type kamera apa yang ingin kita gunakan. Misalnya, hanya dengan mengucapkan HDR mode akan beralih ke HDR dan hanya mengucapkan Panorama maka pengaturan kita akan berubah ke mode Panorama.

Z520 juga memiliki mode cahaya rendah di mana hasil foto akan terlihat lebih baik bahkan jika ada cahaya minim tersedia. Ia juga memiliki banyak fitur kamera lain di mana kita dapat memilih menangkap modus, modus scene (ala kamera digital) dan efek filter.

Dengan kapasitas Battery sebesar 2000 mAh dengan tipe baterai yang dapat dilepas, ponsel ini tampil cukup baik, jauh lebih baik daripada kinerja baterai dengan kapasitas yang sama pada Redmi 1S milik penulis yang lama. Penulis bisa menggunakannya selama 2 hari di perjalanan  untuk mengambil foto dan video dengan beberapa tugas media sosial. Ketika dalam penggunaan berat (WiFi, 3G, Bluetooth, dan GPS) pada saat bermain game, media sosial, menonton video dan mendengarkan musik ternyata ponsel ini bisa bertahan sampai 4 jam pemakaian langsung. Secara keseluruhan, dengan pengalaman pribadi penulis, Acer melakukan pekerjaan yang besar dan positif untuk mengoptimalkan konsumsi daya dari ponsel ini.

Secara desain, smartphone ini memang memiliki bodi yang sangat anggun. Selain kokoh, Z520 Liquid hadir dengan bentuk bodi yang pas dan sangat nyaman ketika digenggam. Ia juga hadir dengan tambahan lapisan garis berwarna abu-abu di bagian sisi bodinya yang menambah kesan bagus. Liquid Z520 juga memiliki penempatan tombol serta port yang cukup ideal. Baik tombol volume dan power terletak di samping sisi kanan dari ponsel ini, sehingga mudah untuk dijangkau. Sementara port USB dan port audio 3,5mm berada di sisi atas.

Smartphone ini juga menawarkan DTS Studio Sound untuk pengalaman audio yang lebih menakjubkan dengan bidang suara yang lebih ” wide” & detail yang jelas. Resolusi tinggi sistem audio DTS Studio Suara Liquid Z520 ini, 24-bit, Anda dapat menyesuaikan pengaturan audio pada menu Settings. Memiliki banyak menu pilihan, termasuk treble (Treble), Bass (Bass),EQ Musik dan Video EQ. Penulis cukup terkejut dengan apa yang penulis dengar, speaker terdengar cukup keras, bagus dan rinci bahkan tidak terdapat distorsi sedikitpun meskipun volume pada 100%.

Yang cukup mengesan bagi penulis adalah, bahkan dengan hanya menggunakan 854 x 480 resolusi 187 ppi ternyata performance Acer Liquid Z520 dengan viewing angles dan brightness yang cukup baik serta tampilan warna yang menawan membuatnya bisa bersaing dengan beberapa ponsel HD lainnya. Kualitas kamera ponsel ini cukup memuaskan dengan rincian warna yang benar-benar baik terutama jika dalam kondisi pencahayaan yang baik, fokus yang baik, gambar juga tajam, jelas dan memiliki keseimbangan yang baik untuk memastikan foto yang layak. kamera depan yang disematkanpun juga cukup baik meskipun hanya 2 MP.

Ponsel Ini ternyata juga memiliki reading mode yang berfungsi untuk menghilangkan cahaya biru (blue light) untuk menghindarkan mata Anda dari ketegangan selama membaca dalam periode yang cukup lama. Ini berfungsi dengan cukup baik bagi penulis ketika mencoba membaca artikel berita menggunakan ponsel ini sebelum tidur.

Seperti halnya Liquid Z220, Liquid Z520 juga memiliki tiga Quick Mode, Basic untuk pengguna smartphone pemula, Easy untuk pemilik lebih tua, dan standard untuk pengguna ponsel yang lebih berpengalaman.

Liquid Z520 dapat mengaktifkan Acer BYOC (abApps) yang dapat digunakan untuk membuat pengguna cloud dapat mengakses file melalui perangkat lain secara bersamaan, kapan saja dan di mana saja dengan ID Acer yang sama, akses musik dengan aplikasi abMusic, file kerja dan dokumen lainnya melalui abFiles abDocs. Fitur ini sangat membantu segala aktifitas penulis dalam mengolah data pekerjaan maupun data aktifitas lainnya karena bisa penulis manfaatkan untuk berinterkoneksi data dengan perangkat penulis lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Acer Liquid Z520, silahkan gabung #AcerLiquid di Facebook : Acer Indonesia dan Twitter : @acerID.

Comments (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *