Acer Liquid Z220, Si Android Lollipop yang Trendy

Acer telah cukup lama terkenal dengan produk perangkat mobile dengan harga yang sangat terjangkau di pasaran dan lagi-lagi hal ini dilakukannya lagi dengan meluncurkan Acer Liquid Z-Series yang baru selama Mobile World Congress 2015 Trade Show di Barcelona baru-baru ini, Liquid Z-series ini merupakan New Segmen Entry dan Midrange yang akan ditujukan untuk melayani pasar yang berbeda dari yang selama ini ada.

Salah satu type yang muncul pada ajang MWC 2015 tersebut adalah Acer Liquid Z220. Dengan kisaran harga di bawah Rp 1 juta membuat smartphone ini langsung kokoh meramaikan persaingan pasar smartphone di segmen entry level, menjadi pesaing tangguh bagi Lumia dari Microsoft serta smartphone sejenis lainnya.

Dengan membandrol harga yang terjangkau Acer Liquid Z220 ini memang dirancang untuk menarik pengguna dari semua level usia yang ingin memiliki perangkat tambahan dalam aktifitas kesehariannya untuk mengabadikan momen-momen yang seru.

Kesan pertama yang dilihat penulis pada Acer Liquid Z220 ini memang secara desain akan terlihat mirip dengan seri Acer Liquid Z205 yang merupakan seri pendahulunya. hanya saja untuk bagian jerohan dari Liquid Z220 ini terbilang lebih oke dari sebelumnya. Dengan dimensi 125,3 x 64 x 9,6 mm dengan bobot 120 gram bezelnya memang terlihat lebih tebal, selain itu juga smartphone ini memiliki tiga buah tombol kapasitive dibagian bawah layar. Seperti dijelaskan oleh pihak Acer, dengan memamerkan cover belakang dengan desain yang agak eksentrik dan bertekstur unik dengan pola tekstil terinspirasi oleh sutra Thailand serta bingkai tengah piramida perak, bagi penulis cukup memberikan sensasi yang berbeda pada saat disentuh dan user friendly alias nyaman dalam genggaman.

Dengan spesifikasi yang relatif low-end, smartphone ini memiliki layar WVGA 4-inci 800 x 480 piksel dengan teknologi TFT Kapasitif dengan kerapatan layar hingga ~233 piksel per inci. dipersenjatai didalamnya dengan prosesor Snapdragon Dual Core 400 1.2GHz dengan 8GB ROM serta 1GB RAM. Dengan adanya penambahan slot microSD hingga 32GB untuk penyimpanan data yang lebih banyak, penulis merasa sudah cukup membuatnya tidak akan menemui kendala yang berarti saat menjalankan berbagai aplikasi seru dalam waktu bersamaan, membuatnya memiliki performa terbaik di kelasnya.

Untuk kamera utama ditopang dengan 5 megapixel 89 degree wide view angle + autofocus. Penulis mencoba melakukan pengambilan foto pada ruangan dalam kondisi kurang cahaya dan ternyata keberadaan LED flash pada Acer Liquid Z220 ini cukup membantu menghasilkan foto yang terang.

Bright Shot mode memberikan Kontrol eksposur yang akan membiarkan pengguna menyesuaikan fokus dan kecerahan secara terpisah untuk menghasilkan foto yang sempurna. Respon start kamera juga dirasakan penulis sangat cepat meskipun kinerja terbatas dan fokus otomatis juga menampilkan dirinya dalam waktu yang sangat singkat untuk situasi layar baru.

Magic Selfie , dengan 2-megapiksel kamera depan bagi penulis sudah cukup baik untuk memenuhi kebutuhan video call ataupun berfoto selfie.

Meskipun tidak terlalu besar, namun dengan kapasitas battery 1300 mAh, ternyata smartphone ini mampu bertahan sampai 3 jam untuk Talk time dan Standby time sampai dengan 200 jam, sudah lebih dari cukup untuk menunjang aktifitas keseharian.

Penggunaan sistem operasi terbaru Android 5.0 Lollipop bagi penulis adalah salah satu faktor positif lainnya dari Acer Liquid Z220 ini, karena menjadikannya memiliki antar muka sistem operasi yang lebih dinamis dan responsif dibandingkan dengan sistem operasi Android terdahulu.

Dimasukkannya tiga Quick Mode settings milik Acer cukup memberinya memiliki sedikit nilai tambah, Dengan pilihan UI yang Diprofilkan dan disesuaikan untuk usia pengguna, standard mode – easy mode – basic mode maka kita bisa menyesuaikan menu sesuai dengan kebutuhan dan usia kita.

Kesimpulan yang bisa penulis ambil dari smartphone ini adalah Acer Liquid Z220 memiliki harga yang cukup murah dan bersaing dengan kualitas perangkat yang tidak mengecewakan, layar yang sangat moderat dan hardware yang cukup cepat untuk tugas-tugas ringan seperti browsing dan mengirim pesan. Namun yang paling menonjol pada Acer Z220 ini adalah telah dilengkapinya dengan Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop serta kemampuan masa pakai baterai yang cukup layak, menjadikannya salah satu smartphone entry level yang layak diperhitungkan untuk dipinang.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Acer Liquid Z220, silahkan gabung #AcerLiquid di Facebook : Acer Indonesia dan Twitter : @acerID.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.