Kamera Samsung Galaxy S4, Jago di Outdoor Jelek di Cahaya Minim

Kamera Samsung Galaxy S4, Jago di Outdoor Jelek di Cahaya Minim.

Galaxy S4, ponsel andalan terbaru Samsung itu, mempunyai resolusi paling besar.  Dibandingkan Samsung Galaxy Note 2 dan S3, S4 memiliki kualitas yang jauh lebih baik. Salah satu fitur yang diunggulkan Samsung adalah fitur aplikasi kamera bawaannya yang memiliki banyak fungsi. Namun pada artikel ini, kami hanya akan memaparkan foto-foto yang dihasilkan Samsung Galaxy S4.

Kamera Samsung Galaxy S4

Galaxy S4 mempunyai kamera utama dengan maksimal resolusi 13 MP, 4.128 x 3.096 pixels, dengan auto fokus, flash LED, serta kamera di bagian depan 2 MP. Perlu anda ketahui bahwa ternyata kamera yang cocok dengan layar 5 inci S4 adalah sebesar 9,6MP, dengan perbandingan 16:9, sedangkan resolusi 13MP tidak memenuhi layar dengan perbandingan 4:3. Pasti jarang sekali yang menggunakan atau bahkan memperhatikan resolusi kamera yang digunakan.

Salah satu fitur kamera Galaxy S4 adalah auto. Auto merupakan fitur standar yang dimiliki setiap kamera ponsel pintar, yang secara automatis mengatur keterangan gambar, warna dan ketajaman gambar. Auto termasuk fitur yang paling sering digunakan karena tidak mempunyai efek apa-apa, namun S4 mempunyai banyak fitur efek gambar dalam modus ini, dan dapat juga digunakan pada fitur foto lain selain auto.

Fitur auto menentukan kualitas foto yang dihasilkan Galaxy S4. Berikut hasil fotonya:

Foto di luar ruangan pada siang hari sangat memuaskan

Hasil foto Galaxy S4 di luar ruangan pada siang hari menurut kami sangat baik. S4 juga dapat mengambil gambar makro dan detail objek dengan baik. Hasil yang ada pada layar Super AMOLED S4 pun seperti tidak berbeda dengan hasil yang ada pada layar komputer. Jadi Anda tidak perlu takut jika hasil kamera Galaxy S4 tidak sama dengan kenyataannya. Gambar di atas diambil dengan resolusi 9,6 MP, sesuai dengan layar 5 inci S4. Berikut hasil foto dengan resolusi 13 MP:

Jika diperhatikan, kualitas foto dengan resolusi 13MP tidak jauh berbeda dengan 9,6 MP. Ukuran dari resolusi ini tidak memenuhi layar S4, sehingga terlihat lebih kotak daripada 9,6MP yang lebih persegi panjang. Dengan resolusi yang lebih tinggi, tentu saja angka zoom akan lebih tinggi dan detail objek lebih terlihat. Kami juga mencoba untuk mengambil gambar langit dan gedung dengan modus auto dan HDR, namun tidak melihat perbedaan yang berarti dari kedua hasil foto ini.

sebelah kiri dengan HDR, sebelah kanan dengan modus auto

Hasil foto pada malam hari mengecewakan

S4 dilengkapi dengan fitur malam atau night mode yang dapat memberikan cahaya lebih ketika kita mengambil gambar kurang cahaya atau pada malam hari. Hasil fotonya sangat mengecewakan, banyak sekali noise atau titik-titik yang mengganggu kualitas gambar.

sebelah kiri menggunakan modus auto, sebelah kanan menggunakan modus malam

Modus malam penolong kualitas foto dalam ruangan minim cahaya

Foto dalam ruangan, dengan cahaya yang redup, jika tidak menggunakan modus malam, akan menghasilkan foto yang banyak noise. Untungnya hal ini bisa diatasi dengan modus malam. Modus malam Galaxy S4 memiliki kualitas yang sangat baik. Ia membuat hasil foto menjadi jelas dan terang ketika dijepret dalam keadaan cahaya yang minim. Hasil foto di bawah diambil sekitar pukul 11.00 malam di dalam ruangan yang minim cahaya. Noise juga hilang saat kita menggunakan flash LED.

menggunakan modus auto, dipenuhi noise

menggunakan modus malam, seperti siang hari

menggunakan flash LED, tidak menjangkau bagian belakang, noise hilang

Kualitas dari suatu gambar hanya dapat dinilai secara subjektif, jadi Anda yang dapat menilai hasil foto dari kamera S4 ini. Menurut penilaian kami, kamera Galaxy S4 jagoan dalam mengambil gambar di luar ruangan pada siang hari, dalam ruangan minim cahaya, modus malamnya memiliki kualitas yang baik dalam memperbaiki dan menambahkan cahaya pada hasil foto. Namun flashnya tidak dapat menjangkau bagian latar dari suatu objek, dan foto di luar ruangan pada saat malam hari menghasilkan banyak noise.

Fitur HDR yang disediakan juga tidak terlihat perbedaan warnanya. Hasil foto hampir sama seperti modus auto. S4 memiliki banyak fitur-fitur kamera lain dari aplikasi kamera bawaanya, antara lain seperti : sport, panorama, eraser, animated photo, drama, sound shot, best face, best photo dan beauty face.

sumber : chip.co.id

Kamera Samsung Galaxy S4, Jago di Outdoor Jelek di Cahaya Minim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *