Google TV, Apa, kapan, dimana, kenapa dan bagaimana

Google TV, Apa, kapan, dimana, kenapa dan bagaimana

What is Google TV?

Google TV menurut wikipedia :

Google TV adalah siaran TV digabungkan dengan acara TV real-time dengan internet di mana seseorang dapat menyaksikan acara TV yang disiarkan secara langsung dan juga konten dari situs video seperti YouTube. Untuk menyaksikan Google TV, seseorang harus menggunakan perangkat TV khusus yang dihubungkan ke Google Box. Hal ini memungkinkan pengguna mengakses web dan mengunduh berbagai aplikasi.

Google TV dibangun dengan platform berbasis sumber terbuka open source, yakni Android dan Chrome. Dengan demikian, fitur-fiturnya terbuka kemungkinan untuk dikembangkan ke depan, ditambah aplikasi, dan layanan berbasis web lainnya. Di dalamnya sudah dilengkapi browser Chrome untuk mengakses website termasuk layanan pencarian untuk mencari video, channel TV, dan konten interaktif yang lain.

Google berencana merilis Google TV SDK (software development kit) dan web API (application programming interface) untuk TV buat para pengembang segera begitu Google TV tersedia di pasaran. Aplikasi untuk Google TV akan dikumpulkan dalam Android Market. Meski demikian, saat ini para programmer Android dan Chrome sudah bisa mengoptimalkan aplikasinya untuk layanan TV dengan tools baru yang telah dirilis Google.

Apakah Google TV

Google TV adalah sebuah open platform untuk menonton televisi melalui internet. Google telah bermitra dengan Logitech, Intel, dan Sony untuk memberikan solusi inovatif yang akan menyediakan akses mudah ke situs internet, saluran TV, dan rekaman di sebuah DVR. Layar akan mengatur dan mempersonalisasikan konten favorit, dan picture-in-picture layout akan memungkinkan untuk multiple window untuk terbuka secara bersamaan.

Cari Televisi

Google TV memungkinkan Anda mulus mencari semua konten di TV Anda, web, dan aplikasi – kemudian mengaksesnya dengan satu klik. Anda juga dapat dengan mudah beralih di antara TV dan web tanpa mengubah saluran masukan Anda.

Akses Seluruh Web TV

Dengan Google Chrome dan Flash 10.1, Google TV memungkinkan Anda mengakses segala sesuatu di web. Menonton video web favorit Anda, melihat foto, bermain game Flash, memeriksa nilai fantasi, chatting dengan teman, dan melakukan segala sesuatu yang lain yang Anda terbiasa untuk melakukan online.

Dunia Baru Apps untuk TV

Google TV akan datang pra-loaded dengan aplikasi seperti Netflix, Twitter, Facebook, CNBC, Pandora, Napster, NBA Game Time, Amazon Video On Demand, dan Galeri. Mulai awal tahun depan, puluhan ribu aplikasi dari Android Market akan bekerja di Google TV juga.

What is Google TV?

Peluncuran Logitech Google TV

Sony dan Logitech telah menyatakan kesiapannya menyambut kehadiran Google TV di akhir tahun. Seakan ingin mendahului Sony, Logitech mengumumkan perangkat Google TV besutannya akan meluncur lebih awal dibandingkan produk milik Sony.

Logitech dijadwalkan meluncurkan perangkat TV Google-nya, Revue, pada 6 Oktober 2010. Para analis melihat ini adalah upaya Logitech mencuri start menyaingi Sony di jajaran produk pendukung Google TV.

Sony baru saja mengumumkan perangkat Google TV mereka akan diluncurkan pada 12 Oktober 2010. Ini artinya, Logitech akan mendahului Sony enam hari lebih awal.

Logitech menjanjikan produk Google TV mereka akan menghadirkan pengalaman baru yang menggabungkan TV, keseluruhan web dan berbagai aplikasi.

Menariknya, dalam undangan peluncuran produk tersebut Logitech mengindikasikan bahwa Revue yang mereka luncurkan nantinya akan bervariasi alias lebih dari satu versi. Tak sabar mengetahui seperti apa produk tersebut? Kita nantikan saja kelanjutannya [detikinet]

Logitech Revue Companion Box with Google TV and Keyboard Controller

Google TV Gandeng HBO, CNN, dan Amazon

Google TV menandatangani kontrak kerjasama dengan perusahan media dan juga internet untuk memasok konten layanan TV digitalnya tersebut.

Perusahaan yang telah sepakat menjalin kerjasama untuk tayangan Google TV itu di antaranya termasuk CNBC, NBC Universal, HBO Time Warner dan Amazon.

Lainnya, perusahaan cable networks Turner Broadcasting, dikatakan Google saat ini tengah bekerja mengoptimalkan beberapa websitenya agar dapat dilihat di Google TV, termasuk tayangan CNN dan Cartoon Network.

Sementara NBC Universal akan menghadirkan akses tayangan berita finansial CNBC dan HBO juga akan menyuguhkan berbagai tayangan yang tak kalah menariknya.

Bagaimana dengan Amazon? Layanan Video On Demand-nya menawarkan akses ke lebih dari 75 judul video yang bisa disewa atau dibeli. Ada pula Netflix yang menawarkan layanan menonton tayangan TV dan film terbatas secara instant.

“Kami juga bekerjasama dengan situs berita seperti The New York Times dan layanan mikrobloging Twitter,” tambah Google dalam keterangannya.

Untuk diketahui, kehadiran Google TV akan semakin lengkap dengan perangkat Google TV yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Sony dan Logitech dari jauh hari sudah menyatakan kesiapan mereka menyambut layanan ini [detikinet]

Logitech Revue Companion Box with Google TV and Keyboard Controller

Perangkat Google TV dari Logitech Revue

Logitech Revue akhirnya resmi meluncur. Perangkat Google TV yang menjanjikan beragam fitur menarik ini, dibanderol seharga USD 299 atau sekitar Rp 2,6 juta.

Google TV dirancang untuk menghadirkan konten yang diinginkan pengguna secara langsung ke layar TV. Ini termasuk apapun yang berasal dari media pada hard drive hingga ranah online dari sumber-sumber seperti YouTube misalnya.

Nah, Logitech Revue hadir untuk melengkapinya. Dijalankan dengan prosesor Intel Atom CE4100 1,2Ghz, fungsi perangkat ini dipromosikan akan semakin lengkap kekuatannya ketika dipadankan dengan Logitech TV Cam.

Fitur TV Cam Logitech dilengkapi lensa Carl Zeiss dan dirancang untuk melakukan video chatting dengan nyaman di ruang TV pengguna.

Perangkat pendukung ini memanfaatkan teknologi terbaru aplikasi Logitech Vid HD untuk messaging. Software ini juga tersedia untuk OS X dan PC. Dengan demikian, para pengguna Revue bisa melakukan video chat dengan siapapun yang tengah menggunakan komputer dilengkapi web cam.

Tak lupa, Logitech menanamkan teknologi Harmony Link pada remote control yang terhubung langsung dengan Revue. Saat pertama kali mengaturnya, cukup hanya dengan memasukkan nomor model TV, receiver dan lain sebagainya seperti yang diperintahkan. Setelah itu, Revue pun akan menerjemahkan perintah pada remote control dan menampilkan tayangan melalui layar. Tambahan lain, Logitech juga menyertakan keyboard nirkabel yang hadir melengkapi paket pembelian Revue. [detikinet]

Baca :

Comments(2)
  1. alp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.